Comscore Tracker

5 Fakta Awan Noctilucent, Fenomena Alam di Langit Biru Saat Senja

Fenomena alam yang dinanti-nanti

Pernah mendengar awan noctilucent? Awan noctilucent dikatakan juga awan yang bersinar. Ya, pasalnya awan ini bersinar biru indah pada saat senja dengan bentuk yang compang-camping. Awan noctilucent ini terbentuk dari kristal es yang memiliki diameter 100 nanometer. Apa fakta lainnya dari awan noctulecent ini?

1. Awan paling tinggi & terjauh dari bumi

5 Fakta Awan Noctilucent, Fenomena Alam di Langit Biru Saat Senjabbc.com

Awan Noctilucent ini berbeda dengan awan yang biasa kamu lihat di langit biru. Pasalnya awan noctilucent berada di ketinggian sekitar 75 km-85 km dari bumi. Awan noctilucent ini berada pada atmosfer mesosphere, yang mana notabene mesosphere merupakan lapisan atmosfer bumi yang ketiga, sedangkan awan biasanya terdapat di lapisan atmosfer pertama atau yang terdekat dengan bumi.

2. Mulai diteliti setelah meletus gunung Krakatau

5 Fakta Awan Noctilucent, Fenomena Alam di Langit Biru Saat Senjamedium.com

Meletusnya gunung Krakatau menjadi peristiwa memilukan khususnya bagi Indonesia. Fakta lain dari awan noctilucent mulai diteliti setelah 2 tahun berlalu peristiwa meletusnya gunung krakatau, lebih tepatnya diteliti pada 1985. Awan noctilucent sendiri belum diketahui pasti terbentuk dari partikel-partikel apa saja, namun menurut sebagian pendapat awan tersebut kemungkinan terbentuk dari kristal es, uap air, debu meteor dan gunung berapi.

Baca Juga: Catat Tanggalnya, Ini 7 Fenomena Langit Juli 2019 yang Bisa Kamu Lihat

3. Hanya terlihat saat musim panas

5 Fakta Awan Noctilucent, Fenomena Alam di Langit Biru Saat Senjasevere-weather.eu

Fakta lain dari Awan noctilucent hanya muncul pada saat musim panas yaitu antara pertengahan Mei-Agustus di bagian bumi utara dan pertengahan November-Januari di belahan bumi selatan. Namun perlu kamu ketahui, awan noctilucent lebih sering nampak di belahan bumi utara.

4. Memiliki warna yang bervariasi

5 Fakta Awan Noctilucent, Fenomena Alam di Langit Biru Saat Senjaapod.nasa.gov

Awan noctilucent tak hanya muncul dengan warna biru tua, terkadang hadir dalam keadaan tidak berwarna, merah hingga hijau. Awan noctilucent kerap muncul dengan keadaan tidak jelas dan gak karuan namun tetap indah ketika dipandang.

5. Fenomena alam yang ditunggu-tunggu

5 Fakta Awan Noctilucent, Fenomena Alam di Langit Biru Saat Senjanasa.gov

Awan noctilucent yang sebenarnya terjadi akibat perubahan iklim ini menjadi fenomena yang paling ditunggu-tunggu. Utamanya oleh yang melihatnya seperti AS di Negara bagian  Oregon, Minnesota, Michigan, dan Nevada dan di daerah Kutub. Hal menarik lainnya dikatakan awan noctilucent karena hanya muncul setelah matahari terbenam.

Itulah fakta-fakta seputar awan noctilucent. Awan yang indah dipandang dan menggelitik untuk diteliti.

Baca Juga: 7 Fakta Tentang Aurora Borealis, Cahaya Cantik di Langit Utara

Ineu Nursetiawati Photo Verified Writer Ineu Nursetiawati

☺️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya