Comscore Tracker

6 Anggota Tubuh yang Terbuat dari Keratin, Menakjubkan!

Hewan dan manusia, semua punya keratin di tubuh mereka

Dalam tubuh makhluk hidup, kita mempelajari berbagai proses menakjubkan yang dapat dilakukan tubuh untuk menjaga agar organ kita tetap berfungsi secara optimal. Salah satunya ialah keberadaan keratin. Keratin sendiri merupakan protein dasar yang dihasilkan oleh tubuh secara alami, di balik namanya yang hanya diikuti kata protein, ternyata ada beberapa anggota tubuh yang hanya bisa dibentuk oleh keratin ini lho! Apa saja?

1. Kuku

6 Anggota Tubuh yang Terbuat dari Keratin, Menakjubkan!unsplash.com/@designecologist

Anggota tubuh pertama yang diketahui terbentuk dari keratin ialah kuku. Sebagaimana kita tahu bahwa kuku merupakan bagian yang tumbuh di ujung jari, bentuknya rata dengan tekstur agak keras. Melalui laman situs onhealth.com dan kidsheatlh.com, kuku terbentuk oleh keratin yang mengeras, protein tersebut membuat sel-sel baru tumbuh sehingga mereka akan mendorong sel-sel lama keluar, dan berubah menjadi padat.

2. Cula badak

6 Anggota Tubuh yang Terbuat dari Keratin, Menakjubkan!unsplash.com/@rhino007

Cula merupakan salah satu keunikan yang dimiliki hewan bernama badak. Cula atau yang sering disebut tanduk badak ini tumbuh di antara hidung dengan bentuk yang mencuat ke atas. Jumlah cula pada setiap badak bisa berbeda, hal ini tergantung pada spesies mana badak tersebut dilahirkan. Contohnya adalah badak Sumatra yang memiliki dua cula, dan badak Jawa hanya mempunyai satu cula.

Serupa dengan kuku, melalui situs pds.org yang secara khusus membahas tentang fakta badak dalam halaman nature, disebutkan bahwa salah satu komponen pembentuk cula, ialah berasal dari keratin.

3. Rambut

6 Anggota Tubuh yang Terbuat dari Keratin, Menakjubkan!unsplash.com/@arnelhasanovic

Menjadi bagian anggota tubuh yang terletak di luar, membuat rambut memiliki peran penting dalam penampilan manusia. Namun dalam kasus ini, rambut juga sama dengan kuku, di mana keduanya sama-sama dibentuk oleh protein bernama keratin. Bahkan pada industri kecantikan, produksi keratin dibuat sebagai salah satu campuran produk untuk mengatasi rambut rusak atau sebagai perlindungan.

Seperti dituliskan dalam website study.com yang mengupas tentang keratin dalam halaman keratin protein the epidermis dan nutrafol.com, keratin mempunyai peran penting untuk membuat sel-sel tetap bersatu. Fungsi lain dari keratin ialah menjaga agar rambut tidak patah saat ditekuk, dilipat, dan disisir. Keratin juga memastikan agar rambut tidak larut dalam air.

Baca Juga: Susah Dibedakan, 8 Hewan Ini Jago Berpura-pura Menjadi Hewan Lain!

4. Tempurung kura-kura

6 Anggota Tubuh yang Terbuat dari Keratin, Menakjubkan!unsplash.com/@lucambro

Tidak hanya dikenal memiliki usia yang panjang, kura-kura juga mempunyai ciri khas yang unik, di mana hal tersebut terletak pada tempurung yang menyelimuti tubuhnya. Tempurung yang sering kali disebut "rumah", digunakan sebagai salah satu perlindungan kura-kura maupun penyu, terhadap bahaya di luar sana.

Dilansir melalui ocean.si.edu pada pembahasan mengenai ocean life, ada berbagai macam komponen yang membentuk rumah kura-kura tersebut, di antaranya ialah keratin. Namun berbeda seperti cula yang hampir seluruhnya terbentuk oleh protein tersebut, tempurung kura-kura yang dibentuk oleh keratin hanyalah bagian sisik luarnya saja.

5. Paruh burung

6 Anggota Tubuh yang Terbuat dari Keratin, Menakjubkan!unsplash.com/@zmachacek

Paruh merupakan bentuk lain dari mulut beberapa jenis hewan. Umumnya binatang yang memiliki paruh adalah burung. Bentuknya yang khas membuat beberapa spesies burung bisa mengandalkan paruh mereka untuk melumpuhkan mangsanya.

Nah, paruh hampir sama dengan cula dan tempurung kura-kura, mereka terbentuk oleh keratin. Fakta itu juga dikemukakan via petcentral dan jacobsschool.ucsd.edu. dikatakan bahwa sebagian paruh burung dibentuk oleh keratin, sementara sisanya terbentuk dari susunan tulang.

6. Sisik ular

6 Anggota Tubuh yang Terbuat dari Keratin, Menakjubkan!unsplash.com/@waldemarbrandt67w

Kali ini anggota tubuh yang juga dibentuk oleh protein bernama keratin muncul dari keluarga reptil, yakni ular. Tepatnya ialah bagian sisik yang menjadi salah satu anggota tubuh ular yang paling menonjol. Melalui karya ilmiah yang dikeluarkan pemerintah Inggris di India berjudul The Fauna of British India, Including Ceylon and Burma, terdapat perbedaan signifikan antara sisik ular dengan sisik pada ikan. Dalam kasus ular, sisik yang terbentuk melalui epidermis atau bagian luar kulit dapat memproduksi keratin. Sementara yang terjadi pada sisik ikan adalah sisik terbentuk melalui dermis atau bagian kulit bagian dalam yang terletak antara epidermis dan hipodermis atau subkutan.

Nah itu dia beberapa anggota tubuh yang ternyata dibuat dari salah satu ciptaan menakjubkan bernama keratin, ada banyak sekali anggota tubuh lain yang turut dibuat oleh keratin. Sebagian sudah sangat familiar bahkan asing di telinga kita.

Baca Juga: Terkenal Pandai dan Cekatan, 6 Hewan ini Ternyata Buta Warna Tertentu!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

sempat ingin jadi astronaut

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya