Comscore Tracker

5 Binatang Purba Terbang yang Pernah Jadi Penghuni Bumi

Ada yang bergigi tajam seperti jarum

Jika selama ini kamu tahu T-Rex sebagai dinosaurus berukuran besar pemakan daging yang hidup di darat dan Nautilus sebagai binatang air purba yang masih bertahan hidup hingga masa kini, maka tahukah kamu tentang hewan purba terbang yang pernah menjadi penghuni bumi?

Memiliki sayap seperti burung, beberapa binatang purba terbang berikut memiliki ciri khas masing-masing yang membedakan antar hewan purba terbang satu dengan yang lain.

Apa saja binatang purba terbang tersebut? Yuk, simak ulasan berikut.

1. Pterodactylus

5 Binatang Purba Terbang yang Pernah Jadi Penghuni Bumidinopedia.fandom.com

Berasal dari family Pterodactylidae, binatang purba yang jadi penghuni bumi sekitar 201 juta tahun yang lalu ini sudah mampu terbang sejak dari bayi.

Jumlah gigi Pterodactylus diperkirakan mencapai tiga kali lipat gigi manusia saat mereka dewasa, tepatnya mencapai 90 gigi. Puluhan gigi tersebut rupanya berfungsi untuk berburu ikan yang jadi makanannya.

2. Rhamphorhynchus

5 Binatang Purba Terbang yang Pernah Jadi Penghuni Bumijurassicpark.fandom.com

Hidup sekitar 163 juta tahun yang lalu, Rhamphorhynchus merupakan hewan reptilia terbang yang memiliki ekor panjang. Pada bagian ujung ekor, terdapat semacam bagian ekor yang berguna sebagai kemudi saat mereka terbang.

Berbeda dengan Pterodactylus, gigi-gigi pada Rhamphorhynchus berbentuk seperti jarum. Namun, fungsinya sama yaitu untuk menangkap ikan. Bentuk rahang atasnya yang mengarah maju ke depan membuat Rhamphorhyncus lebih gampang dalam mendapatkan makanan.

Baca Juga: Selain T-Rex, Ada 6 Dinosaurus Pemakan Daging Terbesar di Muka Bumi

3. Ornithocheirus

5 Binatang Purba Terbang yang Pernah Jadi Penghuni Bumisites.google.com

Ornithocheirus yang bermakna "tangan burung" merupakan reptilia terbang yang dinamai oleh Harry Govier Seeley pada tahun 1869. Seeley beranggapan bahwa tangan bersayap yang dimiliki oleh Ornithocheirus merupakan cikal bakal tangan burung.

Namun, pendapat tersebut ditentang oleh Richard Owen, seorang ahli paleontologi Inggris. Menurutnya, Ornithocheirus atau reptilia terbang yang hidup sekitar 135 juta tahun yang lalu ini bukanlah nenek moyang burung.

4. Peteinosaurus

5 Binatang Purba Terbang yang Pernah Jadi Penghuni Bumidinosaurpictures.org

Berukuran lebih kecil dari burung gagak, Peteinosaurus merupakan reptilia terbang yang juga memiliki ekor yang panjang. Hidup pada zaman Alaunian atau sekitar 215 juta tahun yang lalu, Peteinosaurus punya keahlian yang gak dimiliki reptilia terbang lainnya. Mereka mampu meluncur, membumbung tinggi, hingga berbelok dengan cepat saat sedang terbang di udara.

5. Thalassodromeus

5 Binatang Purba Terbang yang Pernah Jadi Penghuni Bumimarkwitton-com.blogspot.com

Hidup sekitar 100 juta tahun yang lalu, Thalassodromeus memiliki tubuh dengan panjang sekitar 1,8 meter. Pada bagian kepala Thalassodromeus, terdapat semacam tulang yang mencuat tinggi bak mahkota. Uniknya, mahkota ini berfungsi sebagai pengatur suhu badannya. Saat tubuh Thalassodromeus panas atau dingin, mahkota tersebut akan bekerja layaknya remote AC.

Nah, itu tadi beberapa binatang purba terbang yang pernah menjadi penghuni bumi dengan bentuknya yang sedikit menyeramkan. Semoga bisa semakin menambah wawasanmu, ya!

Baca Juga: 10 Kebun Binatang Terbesar di Amerika Berdasarkan Jumlah Hewan

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya