Comscore Tracker

Ayo, Tonton Besok! 5 Fakta Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019

Bisa dilihat dari Indonesia, lho!

Tahukah kamu bahwa sepanjang 2019 sudah terjadi dua kali gerhana matahari? Fenomena ini muncul pada 6 Januari 2019 yang merupakan gerhana matahari sebagian dan pada 2 Juli 2019 yang merupakan gerhana total. Kedua gerhana matahari tersebut tak bisa dilihat dari Indonesia.

Nah, rupanya masih ada satu gerhana matahari lagi yang diprediksi bakal terjadi yaitu gerhana matahari cincin pada 26 Desember 2019. Kabar baiknya, Indonesia bisa mengamati dengan jelas peristiwa gerhana tersebut, lho. Sebelum mengamati, simak dulu beberapa fakta tentang gerhana matahari cincin mendatang, yuk!

1. Gerhana matahari cincin terjadi saat bulan berada di titik terjauh dari bumi

Ayo, Tonton Besok! 5 Fakta Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019m.espacepourlavie.ca

Buat kamu yang belum tahu, gerhana matahari cincin terjadi saat matahari, bulan, dan bumi berada dalam satu garis lurus sehingga bulan terlihat melintasi matahari jika dilihat dari bumi.

Namun, karena posisi bulan sedang berada di titik terjauhnya dari bumi sehingga matahari tidak tertutup secara total, melainkan sisi-sisi terluar matahari masih bisa teramati. Bagian itulah yang membentuk mirip cincin.

2. Hanya melintasi beberapa provinsi di Indonesia

Ayo, Tonton Besok! 5 Fakta Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019eclipseportal.com

Menurut prediksi peta gerhana yang dilansir laman Eclipse Portal, gerhana matahari cincin 26 Desember 2019 mendatang dimulai saat matahari terbit di Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Qatar, dan Oman, kemudian berakhir di Samudra Pasifik ketika matahari terbenam.

Ketika melintasi negara Indonesia, hanya beberapa provinsi saja yang bisa mengamati dengan jelas fenomena tersebut karena berada di jalur gerhana matahari cincin.

Jika kamu berencana menyaksikan peristiwa gerhana matahari cincin ini, pastikan untuk mengunjungi beberapa wilayah berikut, yaitu Pulau Simeulue, Pulau Nias, Aceh Singkil, Sumatra Utara, Riau, Batam, Bintan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Baca Juga: Jelang Gerhana Matahari Cincin, Komunitas Ini Buat 50 Ribu Kacamata

3. Fenomena gerhana matahari cincin di Indonesia terjadi saat matahari menjelang tepat di atas kepala

Ayo, Tonton Besok! 5 Fakta Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019eclipseportal.com

Gerhana matahari cincin yang teramati dari Indonesia berlangsung pada waktu yang berbeda-beda tergantung letak masing-masing wilayah. Namun, merujuk pada laman Time and Date, gerhana matahari cincin diprediksi akan terjadi antara pukul 10.34-12.17 WIB.

4. Wilayah yang tidak kebagian gerhana matahari cincin

Ayo, Tonton Besok! 5 Fakta Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019bhphotovideo.com

Wilayah yang tidak dilintasi gerhana matahari cincin hanya dapat mengamati fenomena gerhana matahari sebagian yang intensitasnya tergantung pada jarak dengan jalur gerhana.

Buat kamu yang berada di pulau Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi, namun bukan di wilayah jalur gerhana, hanya bisa mengamati sekitar 80 persen wajah matahari yang tertutup bulan.

Sementara, bagi kamu yang tinggal di pulau Jawa, Bali, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, hingga Papua, setidaknya hanya bisa merasakan 60-80 persen saja.

5. Tips menyaksikan gerhana matahari

Ayo, Tonton Besok! 5 Fakta Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019independent.co.uk

Entah akan melihat gerhana matahari cincin atau sebagian, hal yang wajib kamu patuhi ialah mengamatinya dengan menggunakan alat pelindung mata seperti filter matahari. Pemilihan filter sebaiknya yang mampu meredupkan sinar matahari hingga 100 ribu kali.

Hal ini karena sinar matahari sangat silau, meski sedang terjadi gerhana. Jika nekat melihatnya tanpa filter yang baik, kamu bakal berisiko terkena kebutaan permanen. Jadi, harap perhatikan dengan baik, ya.

Nah, itulah tadi beberapa fakta menarik seputar fenomena gerhana matahari cincin 26 Desember 2019 mendatang.

Bagi kamu yang tinggal di luar jalur gerhana, masih ada waktu untuk beli tiket pesawat menuju wilayah yang dilalui gerhana matahari cincin. Hitung-hitung, bisa sekalian liburan jelang pergantian tahun. Jangan sampai terlewat, ya!

Baca Juga: 5 Tip Aman Lihat Gerhana Matahari Cincin yang Muncul 12 Tahun Sekali

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya