Comscore Tracker

7 Jet Tempur Ini Termasuk Pesawat dengan Kecepatan Tertinggi di Dunia

Berapa coba kecepatannya?

Semakin berkembangnya jaman maka teknologi yang dikembangkan semakin berkembang. Bahkan pesawat jet tempur kini sudah mengalami banyak kemajuan dan perkembangan.  Kecepatan dan kelincahan sebuah pesawat tempur akan menentukan seberapa besar dominasinya di udara.

Dengan kemajuan teknologi pula, pesawat tempur yang menjadi pertahanan disetiap angkatan udara modern, sekarang telah mengalami perubahan besar baik dalam hal, fitur dan kinerja pesawat itu sendiri. Dari sekian banyak pesawat tempur yang pernah dibuat, ada beberapa pesawat yang dikatakan pesawat tempur tercepat di dunia.

Nah, ini pesawat jet tempur yang dikatagorikan dengan kecepatan yang super. 

1. SAAB JAS 39 GRIPEN

7 Jet Tempur Ini Termasuk Pesawat dengan Kecepatan Tertinggi di Duniaairpower.gv.at

Gripen merupakan salahsatu pesawat tempur supersonik yang berasal dari Swedia. Dimana dalam produksinya dibuat oleh  SAAB. Pesawat termasuk jenis pesawat tempur multiperan generasi ke empat. Pesawat ini dapat gunakan untuk misi intersepsi, serangan darat dan pengintaian.

Juga mampu membawa barang persenjataan maut yang dibuat Amerika maupun buatan Eropa. Produsen pesawat lebih memilih desain canard untuk memungkinkan pesawat terbang lebih jauh, lebih  cepat dan dapat mengangkat lebih banyak beban. Kombinasi sayap delta dan canard gripen mampu memberikan performa baik dalam hal karakter terbang maupun lepas landas dan mendarat. Kecepatan maksimal pesawat ini adalah mach 2 atau 2470 km/jam.

2. GRUMMEN F 14 TOMCAT

7 Jet Tempur Ini Termasuk Pesawat dengan Kecepatan Tertinggi di Dunia3dexport.com

F-14 Tomcat  merupakan salahsatu pesawat tempur supersonik yang bermesin dan berkursi ganda. F 14 adalah pesawat tempur utama angkatan laut Amerika Serikat dari tahun 1972 sampai 2006. Tepatnya 22 September 2006 pesawat ini resmi dipensiunkan dan digantikan dengan F 18 Super-Honet.

Pesawat militer tercepat ini mampu mencapai kecepatan 2,34 mach atau 2245 km/jam. Selain itu pesawat F 14 Tomcat jugs mampu menghancurkan pesawat musuh pada malam hari. Kelebihan yang lain dimana pesawat dapat terbang dalam segala kondisi baik malam hari atau keadaan cuaca yanh tidak terlalu baik.

Terlebih pesawat ini mampu menembak 6 target dalam waktu yang bersamaan. Juga sangat bagus untuk mendeteksi keberadaan pesawat musuh dari jarak 100 mil.

3. F 22 Raptor

7 Jet Tempur Ini Termasuk Pesawat dengan Kecepatan Tertinggi di Dunialockheedmartin.com

F 22 Raptor merupakan salahsatu pesawat tempur siluman buatan Amerika Serikat. Pesawat ini memiliki masa pengembangan yang sangat panjang pada versi prototipnya yang diberi nama YF 22 dan pada akhirnya diberi nama F 22A.

Penggantian nama ini ketika resmi dipakai pada Desember 2005. Pesawat ini memiliki material penyerap radar bentuk F 22 juga dirancang khusus. Selain itu F22 juga dirancang untuk mengeluarkan emisi inframerah yang lebih sulit untuk dilacak oleh peluru kendali pencari panas. F 22 memiliki radar dengan jangka waktu lebih jauh dari pesawat yang lainnya.

F 22 juga memiliki teknologi canggih pada bagian ekornya, dimana dapat mengeluarkan energi mesin yang dapat diarahkan secara mekanis dengan lebih fleksibel. Ini membuat kemampuan manofor dari F 22 ini sangat tinggi. F22 juga didukung oleh 2 mesin pratt dan withney yang mampu membuat pesawat ini melesat dengan kecepatan 2575 km/jam. 

Baca Juga: 7 Langkah Atasi Jet Lag Usai Libur Panjang, Kerja Makin Produktif Deh!

4. Dassault Rafale

7 Jet Tempur Ini Termasuk Pesawat dengan Kecepatan Tertinggi di Duniadassault-aviation.com

Desault Refalle merupakan salahsatu pesawat tempur serbaguna generasi ke empat. Diman memiliki mesin dua dan bersayap delta berasal dari  perancis yang dibuat oleh dessault Aviation. Pesawat produksi pertama Rafale B1 ini terbang untuk pertama kalinya pada 4 Desember 1998.

Dan telah dikirim ke angkatan udara milik Perancis. Rafale dilengkapi dengan sistem pertahanan elektronik yang terintegrasi yang disebut spektra yang menyediakan teknologi siluman virtual berbasis perangkat lunak. Sensor terpenting yanh dimiliki pesawat ini memiliki kemampuan deteksi hingga 200 km serta di klaim sangat handal mendeteksi lawan.

Dan perawatannya jauh lebih mudah dibandingkan dengan jenis sebelumnya. Juga dilengkapi dual unit SNECMA M 88 membuat pesawat ini melesat hingga sejauh 1,8 match atau 1912 km/jam.

5. Sukhoi SU 57

7 Jet Tempur Ini Termasuk Pesawat dengan Kecepatan Tertinggi di Dunianationalinterest.org

Sukhoi SU 57 merupakan salahsatu Jet tempur generasi terbaru dari Rusia. Dimana bisa dikatakan saingan dari F 22 Reptor dan F 35 lightning II milik Amerika. Jet tempur dengan masa operasi 30 tahun ini diterbangkan perdana pada tanggal 29 Januari 2010.

Selain mesin udara ke udara dan udara ke darat serta senapan 30 milimeter. Pesawat jet ini juga dilengkapi dengan sejumlah bom yang tersembunyi agar tidak terdeteksi oleh radar musuh. Pada penerbangan perdananya, Sukhoi SU 57 memakai mesin 117S yang mampu memberikan daya dorong 142 Kilonewton.

Mesin ini juga mampu menghasilkan gaya dorong lebih besar dan kecepatan maksimalnya dari jet ini adalah 2450 km/jam. 

6. Sukhoi SU 35

7 Jet Tempur Ini Termasuk Pesawat dengan Kecepatan Tertinggi di Dunianationalinterest.org

Sukhoi SU 35 merupakan salahsatu pesawat tempur asal Rusia yang dikembangkan untuk menandingi pesawat F 15 Eagle dan F 16 Fighting Facton. SU 35 juga memiliki badan yang lebih lebar dengan masa kerja 6 ribu jam dan masa operasi sekitar 30 tahun. Sistem deteksinya mampu melacak dan memilih hingga 4 targat pada jarak hingga 400 km.

SU 35 memiliki rader palacak udara ke udara dan udara ke darat tipe baru. Beban persenjataan maksimalnya adalah 8.000 kg yang ditempatkan pada 12 kantong. Disainnya sangat identik dengan SU 27 tapi yang berbeda pesawat ini memakai canad seperti SU 33 dengan masin yang bertenaga yang mampu mencapai kecepatan hingga 2930 km/jam

7. F 15 Eagle

7 Jet Tempur Ini Termasuk Pesawat dengan Kecepatan Tertinggi di Dunianationalinterest.org

Pesawat tempur suprioritas udara F15 Eagle ini telah lama menjadi raja pertempuran udara. Dimana memiliki kemampuan multiperan yang luar biasa. F 15 juga telah terlibat dalam banyak pertarungan udara, dimana telah tercatat merontokkan 100 pesawat tempur tanpa kehilangan satu pesawat.

Ini adalah prestasi yang sangat luar biasa bagi pesawat yang sudah bertugas dan telibat perang hampir sepanjang 40 tahun. F15 menggunakan sistem yang canggih dimana mampu memberikan eagle sepasang mata yang sangat tajam dan mampu mencari target hingga 160 km jauhnya.

Kecepatan maksimalnya 2,5 mach atau 3000 km/jam dengan radius tempur hingga 2000 km. Pesawat ini juga bisa bermanufestur ekstrim hingga 9 G dalam pertempuran udara.

Pesawat ini akan mengalami perkembanagn seiring dengan perkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan. 

Baca Juga: Jet Tempur AS Jatuh di Lepas Pantai Okinawa, 2 Kru Selamat 

Ismi Marfuah Photo Verified Writer Ismi Marfuah

Mahasiswa Matematika Unnes 2016 || Menulis adalah hobi, dikerjakan waktu senggang~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You