Comscore Tracker

5 Fakta Unik Kuda Knabstrupper, Punya Corak Hitam di Tubuhnya!

Beda dengan jenis kuda biasanya!

Sebagian orang pasti asing dengan jenis kuda yang satu ini. Berbeda dengan jenis kuda yang sering kita jumpai, kuda yang berasal dari Denmark ini dikenal dengan nama knabstruppers dan memiliki pola bulu berbintik hitam di tubuhnya. Sekilas, kuda knabstruppers tampak seperti macan tutul.

Kuda jenis ini juga dikenal dengan kuda lembut dan memiliki kecepatan yang tidak diragukan lagi. Selain Denmark, kuda knabstruppers juga berkembang biak di Itali, Inggris, Norwegia, Swedia, Belanda, Amerika Serikat, Australia, dan Selandia Baru. Penasaran dengan fakta menarik dari kuda jenis ini? Dilansir laman The Fact Site, simak ulasannya!

1. Satu gen dengan jenis kuda appaloosa

5 Fakta Unik Kuda Knabstrupper, Punya Corak Hitam di Tubuhnya!horsetalk.co.nz

Kuda knabstrupper memiliki tinggi berkisar 157-163 cm. Jika diperhatikan dengan saksama, banyak orang yang mengira bahwa kuda knabstrupper adalah kuda appaloosa, padahal knabstrupper terlahir di Denmark dan appaloosa berasal dari Amerika. 

Namun, kuda knabstrupper memiliki gen warna yang sama dengan kuda appaloosa. Itu sebabnya, keduanya memiliki mekanisme gen yang membuat pola corak pada tubuhnya. Jangan sampai salah terka, ya! 

2. Ada tiga jenis kuda knabstrupper

5 Fakta Unik Kuda Knabstrupper, Punya Corak Hitam di Tubuhnya!tumblr.com/ ainawgsd

Kuda knabstrupper memiliki tiga jenis dengan ciri khasnya tersendiri. Pertama, ada knabstrupper, jenis kuda olahraga yang memiliki tubuh kekar dan kuat, terutama dalam hal melompat.

Kedua, ada kuda knabstrupper jenis baroque, sedikit berbeda dengan jenis kuda olahraga. Biasanya, jenis baroque digunakan sebagai kuda perang dan kereta untuk manusia. Terakhir, ada kuda knabstrupper jenis poni. Secara fisik, kuda jenis ini tampak seperti kuda poni pada umumnya dan sering dijadikan hewan peliharaan. 

Baca Juga: 7 Hewan yang Sering Dikira Sama dengan Hewan Lain

3. Dinyatakan hampir punah di awal abad ke-20

5 Fakta Unik Kuda Knabstrupper, Punya Corak Hitam di Tubuhnya!manegeruiterbond.nl

Pada awal abad ke-20, kuda knabstrupper dinyatakan hampir punah. Hal ini karena perkawinan dengan sedarahnya. Hingga pada awal abad ke-20, datanglah petani yang berasal dari Denmark membawanya pulang ke daerahnya. Ia membawa jenis kuda jantan appaloosa untuk menambah keturunan mereka di Denmark.

4. Termasuk ras kuda yang lebih sehat

5 Fakta Unik Kuda Knabstrupper, Punya Corak Hitam di Tubuhnya!haustiermagazin.com

Kuda knabstrupper dianggap menjadi salah satu kuda yang lebih sehat dari jenis kuda lainnya. Karena itulah, harapan hidup kuda ini diperkirakan hampir 27,5 tahun. Tak hanya itu, kuda knabstrupper dikenal dengan kuda yang tidak memiliki riwayat penyakit secara spesifik, punya kekuatan, dan stamina yang kuat. 

5. Menjadi sasaran tembak dalam medan perang

5 Fakta Unik Kuda Knabstrupper, Punya Corak Hitam di Tubuhnya!sportaloosa.com

Tak heran, karena kekuatannya, kuda knabstrupper dijadikan alat kendaraan berperang pada zaman dahulu, terutama pada Perang Schleswig. Para tentara Denmark menggunakan kuda knabstrupper selama perang.

Namun, nasib berkata lain. Kuda tersebut malah menjadi sasaran utama tembakan lawan. Hal ini tidak lain dipengaruhi oleh warna bulunya yang menarik dan mudah ditandai lawan. 

Gimana, Guys? Jadi makin tahu fakta kuda knabstrupper, kan? Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: Susah Dibedakan, 8 Hewan Ini Jago Berpura-pura Menjadi Hewan Lain!

Ismi Marfuah Photo Verified Writer Ismi Marfuah

Mahasiswa Matematika Unnes 2016 || Menulis adalah hobi, dikerjakan waktu senggang~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You