Comscore Tracker

5 Fakta Mengejutkan Tentang Keringat yang Jarang Diketahui

Berkeringat itu sehat?

Semua orang pada umumnya menganggap keringat sebagai sesuatu yang kotor. Keringat sering kali meninggalkan noda pada pakaian dan dianggap sebagai sumber bau badan. Akan tetapi, tidak semuanya benar. 

Tidak banyak yang tahu, keringat ternyata baik untuk tubuh. Nah, berikut adalah 5 fakta mengejutkan tentang keringat yang jarang diketahui. Simak ulasannya, ya!

1. Keringat menjaga suhu inti tubuh

5 Fakta Mengejutkan Tentang Keringat yang Jarang Diketahuiunsplash.com/Shashank Shekhar

Menurut ahli fisiologi olahraga dan kesehatan, Michael Bergeron, Ph.D, tugas utama keringat adalah membantu mengatur suhu tubuh. Saat berada di cuaca panas atau melakukan kegiatan olahraga, keringat membantu meminimalkan peningkatan suhu inti tubuh, sehingga tetap terjaga. 

2. Tidak semua keringat bau

5 Fakta Mengejutkan Tentang Keringat yang Jarang Diketahuipexels.com/Tim Savage

Seperti dilansir dari laman bhg.com, ternyata ada berbagai jenis keringat. Keringat yang dihasilkan dari pendinginan setelah berolahraga biasanya berasal dari kelenjar ekrin, yang sebagian besar bebas bau. Sedangkan keringat yang disebabkan oleh stres berasal dari kelenjar apokrin dan akan bercampur dengan bakteri di kulit, sehingga menghasilkan bau seperti bau badan.

3. Pria berkeringat 40% lebih banyak dari wanita

5 Fakta Mengejutkan Tentang Keringat yang Jarang Diketahuipexels.com/RUN 4 FFWPU

Dalam sebuah studi tentang pola keringat, para peneliti menemukan bahwa pria berkeringat 40% lebih banyak dari wanita. Walaupun faktanya wanita memiliki lebih banyak kelenjar keringat daripada pria. Akan tetapi, tubuh wanita dapat menguapkan keringat dengan lebih efisien pada kulit mereka sehingga keringat yang dihasilkan lebih sedikit dari pria.

Baca Juga: 5 Cara Mengontrol Keringat Agar Bebas dari Bau Badan

4. Berkeringat itu sehat

5 Fakta Mengejutkan Tentang Keringat yang Jarang Diketahuiunsplash.com/Josh Herrington

Kebanyakan orang tidak suka berkeringat, akan tetapi keringat ternyata sangat dibutuhkan ketika suhu tubuh melebihi ambang normal 37° C seperti saat terpapar cuaca panas, olahraga intens ataupun terserang demam. Keringat akan melepaskan uap dan mengurangi risiko tersengat uap panas. 

5. Manusia dapat menghasilkan sampai 10 liter keringat per hari

5 Fakta Mengejutkan Tentang Keringat yang Jarang Diketahuiunsplash.com/Hans Reniers

Normalnya setiap orang hanya akan menghasilkan 500 ml hingga 1 liter keringat per hari. Ketika cuaca panas, produksi keringat bisa sampai 4 liter per hari. Namun, ketika melakukan aktivitas fisik, tubuh manusia bisa memproduksi keringat hingga 10 liter per hari. Jumlah yang tidak terbayangkan, bukan?

Nah, itulah dia 5 fakta mengejutkan tentang keringat yang jarang diketahui. Kira-kira berapa banyak keringat yang dihasilkan tubuhmu per hari? 

Baca Juga: Keringat Berlebih di Cuaca Gak Panas? Kenali 5 Penyebabnya Ini

Vhiena Lee Photo Community Writer Vhiena Lee

Menulis adalah kebahagiaan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You