Comscore Tracker

Ini 9 Bukti bahwa Burung Gagak Jauh Lebih Pintar dari yang Kamu Kira 

Akankah mereka lebih pintar darimu? Cari jawabannya di sini!

"Entah apa... akkk.. yang merasuki... akkk... mu... hingga kau tega... akkk..."

Burung gagak terkenal dengan penampilannya yang misterius. Berbulu hitam legam, bermata tajam, dan memiliki suara yang parau. Tak heran banyak orang yang tak suka atau bahkan takut dengannya.

Bukan hanya itu, gagak sering diasosiasikan sebagai simbol keburukan di Negara Barat. Mulai dari simbol kematian, pembawa sial, hingga disebut sebagai antek-antek penyihir.

Namun terlepas dari itu semua, gagak ternyata merupakan hewan yang pintar. National Geographic sampai menyebutnya sebagai “Earth’s Smartest Bird” atau burung terpandai di Bumi. Bagaimana bisa? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Gagak terampil membuat peralatan

Ini 9 Bukti bahwa Burung Gagak Jauh Lebih Pintar dari yang Kamu Kira arstechnica.net

Burung yang satu ini memiliki kemampuan yang unik, yaitu pintar memanfaatkan benda-benda yang ada di sekitarnya. Dilansir dari The Science Explorer, gagak sering kali terlihat menyobek ranting dan dedaunan untuk membuat alat yang bisa membantu mereka.

Alat yang sering dibuatnya adalah pisau sederhana dari ranting yang ditajamkan. Untuk apa gagak memerlukannya? Ternyata mereka menggunakan pisau untuk meraih makanan yang sulit dicapai.

Tak hanya itu, mereka juga sering kali membuat alat yang lebih rumit. Misalnya tongkat, tuas, atau bahkan pengait. Menariknya, gagak melakukan hal-hal yang sulit itu tanpa dilatih sama sekali.

2. Merupakan pengamat yang baik

Ini 9 Bukti bahwa Burung Gagak Jauh Lebih Pintar dari yang Kamu Kira ytimg.com

Kamu tentu sering melihat gagak bertengger diam di atas pohon, kan? Tak hanya berdiam diri, mereka ternyata sedang mengamati apa yang terjadi di sekitarnya. Gagak pun mampu menganalisis situasi tersebut.

Contohnya, dilansir dari Thought.co, gagak sering terlihat menjatuhkan kacang di depan lampu lalu lintas. Kenapa mereka melakukannya? Ternyata tindakan tersebut bertujuan agar kacang bisa terbuka saat dilindas oleh mobil. Saat lampu berubah menjadi merah, mereka akan mengambil kacang tersebut, layaknya pejalan kaki yang menyeberang. 

3. Mereka bisa mengingat wajah manusia

Ini 9 Bukti bahwa Burung Gagak Jauh Lebih Pintar dari yang Kamu Kira twimg.com

Seberapa pintarkah kamu dalam membedakan wajah orang-orang yang baru dikenal? Pasti cukup sulit untuk melakukannya, kan? Nampaknya hal ini bukanlah masalah yang besar bagi gagak. 

John M. Marzluff, ahli biologi dari University of Washington menelitinya sebelas tahun yang lalu. Ia dan dua orang di timnya memakai topeng dan melabeli diri dengan peran masing-masing. Satu berperan sebagai orang jahat yang suka mengganggu gagak, sedangkan yang lainnya netral. 

Ketika si “orang jahat” melewati taman yang biasa mereka kunjungi, gagak pun menyerangnya. Tak hanya satu, melainkan puluhan. Mereka juga berteriak-teriak dengan nyaring. Eksperimen selanjutnya pun menunjukkan hasil yang sama. Akhirnya Marzluff menyimpulkan bahwa benar gagak mampu mengingat wajah manusia.

https://www.youtube.com/embed/bOkj7lJpeoc

4. Gagak adalah burung yang punya memori bagus

Ini 9 Bukti bahwa Burung Gagak Jauh Lebih Pintar dari yang Kamu Kira nathabblog.com

Kemampuan memori gagak nampaknya tak bisa diragukan lagi. Selain mampu mengingat wajah, burung tersebut juga bisa mengenali arah migrasi dengan baik. Dilansir dari Science Alert, gagak bisa tahu jalur mana saja yang pernah membuat kawannya mati. Kawanan gagak pun akan mencari arah lain untuk bermigrasi.

Baca Juga: 7 Hewan yang Berhasil Dikloning Ilmuwan, dari Domba hingga Serigala

5. Jangan pernah mencari masalah dengannya, gagak adalah pendendam

Ini 9 Bukti bahwa Burung Gagak Jauh Lebih Pintar dari yang Kamu Kira timesnownews.com

Kamu mungkin sudah mendapatkan gambaran mengenai hal ini di poin-poin sebelumnya. Apakah kamu tidak heran kenapa Marzluff dan kawan-kawannya mengenakan topeng saat menjalankan eksperimen? Inilah sebabnya. 

Benar, gagak adalah hewan yang pendendam karena mereka ingat kelakuan buruk apa saja yang dilakukan makhluk lain padanya. Apalagi jika yang melakukannya adalah manusia. Bukan hal yang sulit bagi mereka untuk balas dendam. 

Contoh lain dialami oleh komunitas petani di Chatham, Ontario, Kanada. Masyarakat di sana sering memburu gagak. Sejak saat itu, langit Chatham pun sering dihujani kotoran oleh hewan tersebut. Bukan hanya puluhan ekor yang balas dendam, melainkan sekitar 500 ekor!

Namun hal ini pun berlaku sebaliknya. Ketika menemukan orang yang berbuat baik kepadanya, gagak juga akan selalu ingat. Saat bertemu dengan orang tersebut, gagak tidak akan macam-macam. Bahkan mereka juga tak ragu menghampirinya untuk sekadar "menyapa".

6. Gagak akan meneruskan dendamnya ke anak cucu mereka

Ini 9 Bukti bahwa Burung Gagak Jauh Lebih Pintar dari yang Kamu Kira naturebob.com

Seakan serangan gagak tak cukup menakutkan, mereka ternyata punya kemampuan yang baik untuk mewariskan dendam. Menurut penjelasan Science Alert, gagak punya rasa kebersamaan yang baik, termasuk dalam membuat musuh bersama. 

Sekali kamu berbuat buruk pada satu burung gagak, kawanannya pun akan membencimu. Tidak hanya itu, bahkan anak cucu gagak itu pun akan mengetahuinya dan ikut mengutuk dirimu.

7. Gagak bisa memahami konsep fisika dasar

https://www.youtube.com/embed/ZerUbHmuY04

Coba tonton video di atas, deh! Eksperimen tersebut dilakukan oleh PLOS One pada tahun 2014. Salah satu eksperimen mengharuskan gagak bersiasat untuk bisa mengambil kacang dari tabung yang berisi air.

Karena paruhnya tak cukup, mereka pun memasukkan bebatuan ke dalam tabung. Ketika permukaan air naik, gagak berhasil mendapatkan makanannya. Mungkin hal ini terdengar sepele bagimu, tapi tak semua hewan bisa melakukannya, lho!

8. Bisa membuat rencana dengan baik

Ini 9 Bukti bahwa Burung Gagak Jauh Lebih Pintar dari yang Kamu Kira arstechnica.net

Bukan hanya manusia saja yang memiliki kemampuan membuat rencana, hewan pun juga. Misalnya, beruang yang biasanya mengumpulkan makanan untuk hibernasi di musim dingin. Namun gagak ternyata punya kemampuan yang lebih dari itu.

Ketika sedang mengumpulkan makanan, gagak akan mengamati apakah ada hewan lain yang ingin mencurinya. Jika iya, mereka akan berpura-pura menyembunyikan makanan tersebut di pohon. Padahal sebenarnya, harta karun itu ada di dalam bulunya. Itulah cara mereka mengelabui hewan lain.

9. Lalu, apakah gagak sepintar manusia?

Ini 9 Bukti bahwa Burung Gagak Jauh Lebih Pintar dari yang Kamu Kira pinimg.com

Melihat semua kepintaran gagak yang telah disebutkan mungkin membuatmu bertanya-tanya, apakah mereka bisa sepintar manusia? Ternyata para ahli biologi telah mendapatkan jawabannya. 

Dilansir dari The Science Explorer, intelektualitas gagak hampir sama dengan anak kecil berusia tujuh tahun. Sebenarnya apa yang membuat gagak begitu pintar?

IFL Science mengatakan bahwa rahasia dari kepintaran mereka terletak pada aktivitas otak yang berbeda dari hewan lainnya. Bagian korteks mereka sangat aktif, itu adalah tempat di mana pemikiran kritis dan keputusan dibuat.

Ternyata gagak memiliki kemampuan otak yang menakjubkan, ya! Lain kali ketika bertemu dengan mereka, berbuatlah baik, jangan mengganggunya. Dengan begitu, mereka tak akan menaruh dendam kepadamu!

Baca Juga: 5 Fakta Unik Burung Gagak, Si Pembawa Sial yang Ternyata Cerdas!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You