Comscore Tracker

Bagaimana Astronaut Membersihkan Diri di Luar Angkasa? Ini 9 Faktanya!

Mereka juga mandi kok...

Seberapa sering kamu menonton film bertemakan luar angkasa dan astronaut? Gambaran yang diberikan sering kali tidak sesuai dengan kenyataannya. Perjalanan luar angkasa terlihat menyenangkan dan damai. Jelas saja karena mereka tidak memperlihatkan semua yang terjadi.

Astronaut sebenarnya mengalami berbagai macam kesulitan untuk tinggal di dunia tanpa gravitasi tersebut. Salah satunya adalah pada aspek kebersihan diri. Kadang-kadang mereka harus merelakan diri tidak mandi dan tidak mengganti baju selama berhari-hari. Terlebih lagi penjelajahan tidak cukup memakan waktu seminggu atau dua minggu.

Kira-kira seperti apa cara astronaut menjaga kebersihan diri mereka di luar angkasa? Simak penjelasan berikut ini!

1. Meminimalisasi penggunaan air

Bagaimana Astronaut Membersihkan Diri di Luar Angkasa? Ini 9 Faktanya!csa.gc.ca

Astronaut harus rela mengurangi penggunaan air untuk membersihkan diri di luar angkasa. Sebab air akan melayang-layang dan membuat usaha mereka untuk mandi sia-sia. Maka dari itu, biasanya mereka membawa sampo kering yang tidak perlu dibilas untuk membersihkan rambut. 

Jika dibutuhkan, air akan dituangkan secukupnya ke tangan dan langsung diusapkan ke bagian tubuh tertentu. Setelah itu mereka harus langsung mengeringkannya secara langsung agar air tidak merusak peralatan elektronik di dalam pesawat.

2. Astronaut tetap membersihkan gigi

Bagaimana Astronaut Membersihkan Diri di Luar Angkasa? Ini 9 Faktanya!ytimg.com

Membersihkan gigi di luar angkasa adalah hal yang penting untuk dilakukan. Namun bukan karena alasan biasa. Menurut European Space Agency (ESA), astronaut selalu membersihkan gigi karena kekuatan akselerasi dan getaran selama penerbangan bisa membuat gigi sakit, terutama jika ada yang berlubang atau ditambal.

Lalu bagaimana cara melakukannya? Ternyata tidak ada yang spesial, mereka tetap menggunakan sikat gigi dan pasta gigi biasa. Namun karena harus mengurangi penggunaan air, mereka biasanya harus menelan pasta gigi atau mengeluarkannya ke handuk.

3. Buang air kecil membutuhkan waktu yang lama

Bagaimana Astronaut Membersihkan Diri di Luar Angkasa? Ini 9 Faktanya!businessinsider.com

Rata-rata astronaut membutuhkan waktu lebih banyak untuk buang air kecil. Mereka bahkan harus mendapatkan pelatihan khusus untuk melakukan hal ini. Bagaimana tidak, memang sulit untuk bisa menggunakan toilet di luar angkasa.

Pertama, mereka harus mengikat kakinya di kloset agar tidak melayang. Jika ingin buang air kecil, astronaut memerlukan corong seperti pispot yang melekat pada selang di dinding dan bekerja seperti vacuum cleaner

4. Buang air besar ternyata lebih sulit lagi

Bagaimana Astronaut Membersihkan Diri di Luar Angkasa? Ini 9 Faktanya!npr.org

Jika harus buang air besar, mereka harus meletakkan kantung khusus di dalam kloset untuk menampungnya. Mereka harus menambahkan bahan pembasmi kuman ke dalamnya agar tidak meledak karena tekanan. Setelah itu kantung ditutup dan disimpan di bawah toilet sampai bisa dibuang dengan aman. Dilansir dari Space.com, semua tahap tersebut membutuhkan waktu paling tidak 45 menit.

Baca Juga: Ternyata Hidup Sebagai Astronaut Itu Gak Mudah, Ini Fakta di Baliknya!

5. Astronaut menggunakan sabun khusus yang tidak perlu dibilas

Bagaimana Astronaut Membersihkan Diri di Luar Angkasa? Ini 9 Faktanya!dailymail.co.uk

Astronaut juga mandi dengan sabun kok tapi mereka tidak memerlukan air untuk membilasnya. Dilansir dari laman NASA, sabun tersebut dirancang khusus seperti yang ada di rumah sakit. Biasanya orang yang sakit parah tidak bisa ke kamar mandi sehingga mereka menggunakan sabun tanpa air tersebut. Setelah mandi, mereka harus memastikan busa tidak melayang ke mana-mana.

6. Mereka membawa peralatan kebersihan sendiri

Bagaimana Astronaut Membersihkan Diri di Luar Angkasa? Ini 9 Faktanya!airandspace.si.edu

Seperti orang pada umumnya, astronaut membawa berbagai peralatan kebersihannya sendiri. Di antaranya adalah deodoran, sabun, sisir, pasta gigi, sikat gigi, alat pencukur, kantong plastik, dan lain-lain. Biasanya mereka membawa lebih dari satu item untuk masing-masing peralatan mengingat di sana tidak ada toko yang bisa memenuhi kebutuhan mereka. 

7. Astronaut perempuan juga menggunakan makeup lho!

Bagaimana Astronaut Membersihkan Diri di Luar Angkasa? Ini 9 Faktanya!hookandloop.com

Peralatan kebersihan untuk astronaut perempuan biasanya lebih banyak. Mereka memerlukan tampon dan juga makeup. Mungkin kamu bertanya-tanya untuk apa pakai makeup toh di sana tidak ada yang melihat.

Namun NASA mengatakan bahwa ini adalah kebutuhan dasar dari perempuan sehingga mereka pun mendesain makeup kit khusus untuk di luar angkasa. Peralatan yang dimasukkan mencakup eye shadow, blush on, maskara, eyeliner, dan lip product.

8. Baju harus dipakai selama mungkin

Bagaimana Astronaut Membersihkan Diri di Luar Angkasa? Ini 9 Faktanya!wikimedia.org

Kamu tidak bisa mencuci baju di luar angkasa karena terlalu banyak air yang dibutuhkan. Lalu bagaimana astronaut menjaga agar bajunya tetap bersih? Sebenarnya mereka harus memakai baju selama mungkin, sampai baunya tidak tertahankan lagi. Biasanya satu set baju dapat dipakai hingga seminggu. 

Ketika dinilai sudah kotor, mereka akan membuang baju tersebut ke bagian pesawat yang bernama “vessel”. Nantinya ketika mereka memasuki bumi, bagian tersebut terlepas dan terbakar di atmosfer.

9. Mereka masih bisa mencukur

Bagaimana Astronaut Membersihkan Diri di Luar Angkasa? Ini 9 Faktanya!staticflickr.com

Ternyata mencukur di luar angkasa itu lebih mudah dilakukan daripada mandi dan buang air lho. Namun astronaut membutuhkan razor, krim cukur, tisu atau handuk, dan juga alat vakum.

Pada dasarnya cara mencukur tidak berbeda dari biasanya. Namun mereka langsung menampung rambut di tisu atau handuk. Sebagian menggunakan alat vakum agar sisa rambut tidak beterbangan ke mana-mana.

Ternyata sulit juga ya jadi astronaut dan bertahan hidup di luar angkasa. Banyak skill yang harus dipelajari, termasuk cara-cara untuk membersihkan diri. 

Baca Juga: Menjadi Astronaut Hingga Ilmuwan, Inilah 5 Tokoh Wanita Hebat di NASA 

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You