Mengenal 7 Cuaca Paling Aneh dan Ekstrem yang Terjadi di Luar Angkasa

Ini akan membuatmu bersyukur bisa tinggal di bumi

Salah satu faktor penentu sebuah planet layak untuk ditinggali adalah berdasarkan bagaimana cuaca yang terjadi di sana. Tidak bisa terlalu panas, terlalu dingin, ataupun terlalu ekstrem. Sulit untuk mencari planet yang memenuhi kriteria tersebut mengingat cuaca di luar angkasa sangatlah berbeda dari apa yang biasa kita alami.

Jika biasanya kita mengeluh karena hujan atau matahari bersinar terlalu panas, sebenarnya ini tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan yang terjadi di luar planet ini. Ada terjangan badai, hujan kaca, dan lain sebagainya. Berikut ini peristiwa-peristiwa cuaca yang biasa terjadi di luar bumi dilansir dari berbagai sumber!

1. Venus memiliki salju yang terbuat dari lempengan logam

Mengenal 7 Cuaca Paling Aneh dan Ekstrem yang Terjadi di Luar Angkasasmithsonianmag.com

Venus adalah planet yang berjarak sangat dekat dengan matahari. Tidak heran jika suhunya mencapai 482 derajat celcius. Walaupun panas, ternyata Venus memiliki salju di puncak pegunungan. Namun bukan seperti yang kita bayangkan, salju di Venus terbuat dari logam galena dan bismuthinite

Dilansir dari Smithsonian, ini terjadi karena siklus mineral pirit reflektif. Suhu yang panas mengakibatkan mineral menguap menjadi kabut logam. Kemudian pada permukaan yang tinggi, kabut akan mengembun dan menjadi lempengan salju logam.

2. Io, satelit Jupiter menembakkan lava ke udara

Mengenal 7 Cuaca Paling Aneh dan Ekstrem yang Terjadi di Luar Angkasafsmedia.imgix.net

Sebelum penjelajahan dengan Voyager 1, peneliti mengira bahwa satelit Jupiter ini dingin dan mati. Namun ternyata dugaan mereka salah. Io ternyata panas dan memiliki banyak gunung berapi yang aktif.

Dilansir dari Time, saking aktifnya gunung berapi di sana, peneliti pernah menemukan kejadian “lava fountain”. Saat hal itu terjadi, permukaan tanah Io akan terbuka dan menembakkan lava bersuhu 1650 derajat celcius ke udara.

3. Perubahan suhu yang ekstrem di planet Mars

Mengenal 7 Cuaca Paling Aneh dan Ekstrem yang Terjadi di Luar Angkasathenypost.com

Mars adalah salah satu planet yang diprediksi bisa ditinggali oleh manusia. Namun apakah yakin kamu sanggup untuk menghadapi suhu ekstrem di sana? Tercatat bahwa planet berwarna merah tersebut memiliki suhu sekitar 21 derajat celcius di siang hari, cukup normal kan?

Namun tunggu saja, di malam hari kamu akan dihadapkan dengan suhu -38 derajat celcius. Perubahan suhu drastis yang terjadi setiap hari itu membuat manusia sulit untuk tinggal di sana.

Baca Juga: Ini 10 Fakta Bintik Merah Raksasa Planet Jupiter, Akhirnya Terungkap!

4. Enceladus, satelit Saturnus memiliki gunung es yang mengeluarkan salju

Mengenal 7 Cuaca Paling Aneh dan Ekstrem yang Terjadi di Luar Angkasacosmos-magazine.imgix.net

Enceladus adalah satelit Saturnus yang memiliki suhu -165 derajat celcius. Saking dinginnya, di sana ada banyak crycovolcano, atau gunung vulkanik yang terbuat dari es. Mereka cukup aktif mengeluarkan erupsi berupa air, es, dan debu. Semua material tersebut menyelimuti permukaan Enceladus dan terpental membentuk cincin Saturnus.

5. Planet HD 189773B dihujani oleh pecahan kaca

Mengenal 7 Cuaca Paling Aneh dan Ekstrem yang Terjadi di Luar Angkasaytimg.com

HD 189773B adalah planet di luar tata surya yang memiliki suhu lebih dari 1.000 derajat celcius. Ia memiliki warna biru, seperti bumi. Namun ternyata warna tersebut bukan karena ia diselimuti oleh samudra. Dilansir dari NOVA, para ilmuwan menemukan bahwa permukaannya selalu dihujani oleh pecahan kaca dengan kecepatan angin 7.000 kilometer per jam. Pantulan kaca tersebutlah yang menyebabkan planet ini tampak biru dari luar.

6. Hujan batu permata ditemukan di Uranus dan Neptunus

Mengenal 7 Cuaca Paling Aneh dan Ekstrem yang Terjadi di Luar Angkasanasa.gov

Dilansir dari The Washington Post, Uranus dan Neptunus memiliki cuaca yang sangat aneh, yaitu hujan batu permata. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Ternyata ketika petir menyambar, gas metana berubah menjadi karbon. Setelah itu, ia akan mengkristal menjadi batu permata karena suhu udara di sana yang sangat rendah.

7. Hot flow anomaly di Venus

Mengenal 7 Cuaca Paling Aneh dan Ekstrem yang Terjadi di Luar Angkasascienceabc.com

Dilansir dari NASA, hot flow anomaly (HFA) adalah kondisi yang menyebabkan pembalikan sementara pada angin matahari yang biasanya bergerak melewati planet. Ketika ia terjadi HFA dapat mengakibatkan ledakan besar di luar angkasa.

Sebenarnya anomali ini juga terjadi di bumi, tetapi jauh di atas permukaan karena adanya magnetosfer. Namun karena Venus tidak memiliki lapisan atmosfer tersebut, HFA pun terjadi dekat dengan permukaan planet.

Untungnya semua cuaca ekstrem di atas tidak terjadi di bumi ya. Bagaimana pun juga, bumi adalah tempat paling nyaman untuk ditinggali oleh manusia.