Comscore Tracker

Terlalu Unik, Ini 12 Ras Kucing Paling Langka di Dunia

Sebagian besar tidak bisa kamu temukan di Indonesia

Kucing memang bisa dijumpai di mana saja, terutama di negara kita ini. Mereka hidup dengan bebas di sekitar rumahmu, di jalanan, atau bahkan di dekat pembuangan sampah. Tentu saja, mereka adalah kucing liar atau biasa disebut kucing kampung.

Namun di dunia ini, ada kucing dengan ras tertentu yang ternyata tergolong langka, lho. Pada umumnya, jumlah mereka hanya sedikit karena proses pengembangbiakannya yang cukup sulit. Jangan salah ya, bukan karena mereka kehilangan habitat atau diburu manusia.

Lantas, ras kucing apa sajakah yang tergolong langka? Simak berikut ini!

1. Burmilla

Terlalu Unik, Ini 12 Ras Kucing Paling Langka di Duniahtgetrid.com

Seperti namanya, kucing yang satu ini merupakan persilangan dari Burma dan Chinchilla Persia. Ras kucing ini dihasilkan dengan tidak sengaja oleh warga Inggris bernama Baroness Miranda von Kirchberg pada tahun 1981.

Bulunya yang mengilap dan mata yang tajam adalah daya tariknya. Sayang sekali, kucing ini hanya bisa ditemukan di Inggris.

2. Peterbald

Terlalu Unik, Ini 12 Ras Kucing Paling Langka di Duniabasepaws.com

Dilihat sekilas, ras kucing yang satu ini mirip dengan Sphynx. Bedanya, Peterbald masih memiliki bulu sangat pendek yang membentuk corak tertentu.

Mereka pertama kali dibiakkan di Rusia. Orang-orang menyukai Peterbald karena keunikannya dan sifatnya yang ramah serta suka bermain. 

3. Korat

Terlalu Unik, Ini 12 Ras Kucing Paling Langka di Duniacatbreed.org

Selanjutnya, ada Korat, kucing yang memiliki jejak sejarah di Kerajaan Siam, Thailand. Korat memiliki karakteristik yang khas, yaitu bulu berwarna abu-abu gelap kebiruan. Namun saat ini, Korat jarang terlihat sehingga siapa pun yang menemukannya dianggap beruntung. Itulah kenapa kucing ini diakui sebagai lambang keberuntungan di Thailand.

4. Ragamuffin

Terlalu Unik, Ini 12 Ras Kucing Paling Langka di Duniaanimalmovie.net

Dibiakkan pada tahun 2003, Ragamuffin tergolong kucing yang banyak disukai masyarakat. Bulunya yang tebal dan halus serta matanya yang besar adalah daya tarik yang membuatnya terlihat cantik.

Kucing ini juga sangat manis dan penurut. Sayangnya, tidak banyak yang tahu formula persilangan ras yang bisa menghasilkan Ragamuffin. 

5. LaPerm

Terlalu Unik, Ini 12 Ras Kucing Paling Langka di Duniapetsfeed.co

Sekali lihat, kamu akan mengakui bahwa LaPerm adalah salah satu kucing terunik yang pernah kamu jumpai. Pasalnya, bulunya sangatlah keriting, seperti habis melakukan perm di salon. Ternyata kucing yang satu ini merupakan persilangan dari kucing domestik dengan tabby, tetapi sang induk harus memiliki gen keriting di DNA-nya. 

Baca Juga: Ini 7 Penyakit Manusia yang Juga Bisa Diderita oleh Kucing Peliharaan

6. Sokoke

Terlalu Unik, Ini 12 Ras Kucing Paling Langka di Duniapinimg.com

Sokoke adalah kucing eksotis yang beasal dari Kenya, Afrika. Garis-garis cokelat gelap yang berpadu dengan warna kuning membuat kucing ini mirip dengan serval (kucing hutan).

Dulunya Sokoke termasuk kucing liar yang sering berkeliaran di Kenya. Namun sekarang sudah jarang terlihat karena banyak yang ingin memeliharanya.

7. Minskin

Terlalu Unik, Ini 12 Ras Kucing Paling Langka di Duniacatvills.com

Minskin adalah ras yang dihasilkan melalui persilangan antara Sphynx dan Munchkin. Itulah kenapa kamu bisa melihat kedua karakteristik di dirinya.

Mereka hampir tidak memiliki bulu seperti Sphynx. Kakinya pun pendek seperti Munchkin. Tidak banyak yang bisa menyilangkan kedua ras tersebut sehingga Minskin sangatlah langka. 

8. Turkish Van

Terlalu Unik, Ini 12 Ras Kucing Paling Langka di Duniapinimg.com

Elegan dan anggun adalah dua kata yang cocok untuk menggambarkan Turkish Van. Walaupun begitu, mereka suka dengan air, lho. Jadi jangan heran jika Turkish Van terlihat senang ketika hujan turun.

Ras yang berasal dari Turki ini merupakan ras asli. Pemerintah Turki melindunginya dengan ketat sehingga tidak ada yang berani mengembangbiakkannya di luar negara tersebut.

9. Serengeti

Terlalu Unik, Ini 12 Ras Kucing Paling Langka di Duniapetguide.com

Pertama muncul pada tahun 90-an, kucing yang satu ini merupakan hasil persilangan antara Bengal dan Oriental Shorthair. Mereka terlihat kuat dan kokoh tetapi memiliki wajah yang imut.

Harga Bengal yang sangat tinggi membuat orang-orang pun ragu untuk menyilangkannya. Itulah kenapa Serengeti pun tergolong langka.

10. Kurilian Bobtail

Terlalu Unik, Ini 12 Ras Kucing Paling Langka di Duniacatster.com

Seperti namanya, kucing yang satu ini memiliki ekor pendek, mirip seperti pom-pom. Mereka berasal dari Pulau Kuril, Rusia dan termasuk ras asli.

Walaupun terlihat imut, Kurilian Bobtail sangat jago dalam berburu, lho! Ras yang satu ini diduga masih memiliki hubungan darah dengan Japanese Bobtail

11. Chartreux

Terlalu Unik, Ini 12 Ras Kucing Paling Langka di Duniapetsfeed.co

Chartreux dinilai memiliki asal-usul yang rumit dan terkait dengan ras kucing zaman dahulu. Diduga, kucing ini berasal dari Persia tetapi kemudian dibawa ke Kerajaan Prancis.

Mereka juga sering dipelihara oleh biksu yang ada di negara tersebut. Namun sayangnya, saat ini populasi mereka kian berkurang.

12. American Wirehair

Terlalu Unik, Ini 12 Ras Kucing Paling Langka di Duniathefelinefancier.com

Kucing yang satu ini mendiami dan hanya bisa ditemukan di Amerika Serikat. Diduga, American Wirehair adalah kucing domestik yang bermutasi alami sehingga helaian bulunya menipis dan terlihat jabrik. Kumisnya pun ikut mengerut. Menurut Cat Frontiers Association, inilah ras kucing paling langka di dunia, jumlah mereka pun kian menurun di daerah asalnya. 

Di antara semua jenis kucing yang disebutkan, mana yang paling ingin kamu adopsi? Sayangnya sebagian besar kucing tersebut tidak bisa ditemukan di Indonesia. Kamu harus ke negara asal mereka untuk bisa bertemu dengannya. 

Baca Juga: Kucing 101: Suka Kasih Sayang, Ini 12 Ras Kucing Paling Ramah di Dunia

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya