Comscore Tracker

Mainstream, Inilah 10 Gen Dominan yang Paling Umum Dimiliki Manusia

Sifat genetik tak bisa dihindari karena selalu diturunkan

Hampir semua orang tahu bahwa karakter fisik yang kita miliki sangat ditentukan oleh faktor genetik dari orangtua. Ketika gen dari ayah dan ibu bertemu, mereka akan bersatu dan menghasilkan gen yang baru. Itulah yang akan menentukan bentuk tubuh, warna mata, rambut, dan lain-lain.

Ada dua macam gen yang dimiliki manusia, yaitu gen dominan dan resesif. Gen dominan biasanya lebih sering muncul dan besar kemungkinan akan diwariskan ke keturunan selanjutnya.

Pada umumnya gen dominan ini banyak dimiliki oleh populasi manusia di dunia. Kira-kira gen apa sajakah itu? Simak daftar lengkapnya berikut ini.

1. Menggunakan tangan kanan

Mainstream, Inilah 10 Gen Dominan yang Paling Umum Dimiliki Manusiafirstcrycdn.com

Sebanyak 70 hingga 90 persen orang di dunia menggunakan tangan kanan untuk melakukan aktivitasnya. Sisanya adalah mereka yang kidal atau bisa menggunakan kedua tangan. Ini menyebabkan banyaknya peralatan yang didesain untuk tangan kanan. Contohnya gunting, gitar, dan mouse PC.

2. Rambut berwarna gelap

Mainstream, Inilah 10 Gen Dominan yang Paling Umum Dimiliki Manusiaimgur.com

Mayoritas penghuni bumi ternyata memiliki rambut gelap, yaitu hitam atau cokelat tua. Kedua warna tersebut secara genetik dominan dibandingkan dengan warna-warna terang. Hampir seluruh populasi Asia berambut gelap. Tidak hanya itu, di Amerika Serikat yang didominasi orang kulit putih ternyata rambut gelap dimiliki oleh lebih dari setengah populasinya. 

3. Mata berwarna cokelat

Mainstream, Inilah 10 Gen Dominan yang Paling Umum Dimiliki Manusiaakamaized.net

Tahukah kamu bahwa ada satu warna iris mata yang mendominasi populasi dunia? Ternyata 79 persen orang memiliki mata berwarna cokelat. Ini meliputi warna cokelat muda hingga tua. Warna kedua yang mendominasi adalah warna biru, yaitu sebesar delapan hingga 10 persen populasi dunia.

4. Ibu jari kiri berada di atas ibu jari kanan ketika tangan disatukan

Mainstream, Inilah 10 Gen Dominan yang Paling Umum Dimiliki Manusiagenetics.utah.edu

Coba satukan kedua tanganmu, masukkan setiap jari di antara masing-masingnya. Ibu jari mana yang berada di atas? Jika yang kiri, maka kamu memiliki gen dominan yang dimiliki lebih dari setengah populasi global. Sifat genetik ini tidak memiliki fungsi apa-apa. Ilmuwan mengatakan bahwa ini adalah kecelakaan genetika yang acak. 

5. Wajah oval

Mainstream, Inilah 10 Gen Dominan yang Paling Umum Dimiliki Manusiaallure.com

Ada berbagai macam bentuk wajah manusia. Mulai dari oval, kotak, bulat, segitiga, hingga bentuk hati. Di antara semuanya, yang mendominasi populasi dunia adalah wajah berbentuk oval. Sedangkan yang paling jarang adalah wajah berbentuk kotak.

Baca Juga: Para Peneliti Temukan Kode Genetik Monogami pada Vertebrata

6. Jari kelingking yang bengkok

Mainstream, Inilah 10 Gen Dominan yang Paling Umum Dimiliki Manusiaastroupay.com

Apakah jari kelingkingmu bengkok atau tegak? Jika bengkok, kamu berarti memiliki gen dominan yang banyak dimiliki orang lain di dunia. Tidak perlu merasa aneh, justru kelingking yang tegak itu termasuk gen resesif (lemah) lho. 

7. Bulu mata yang panjang

Mainstream, Inilah 10 Gen Dominan yang Paling Umum Dimiliki Manusiasimplemost.com

Banyak orang yang menginginkan bulu mata yang panjang. Ternyata banyak lho orang yang memiliki fitur wajah ini. Studi menunjukkan bahwa bulu mata yang panjang banyak ditemukan pada ras Kaukasia dan Jepang.

8. Bibir penuh

Mainstream, Inilah 10 Gen Dominan yang Paling Umum Dimiliki Manusiawildaboutbeauty.com

Seperti halnya bulu mata yang panjang, banyak orang juga menginginkan bibir yang penuh. Tanpa kita sadari sifat genetik ini ternyata dimiliki oleh mayoritas populasi dunia. Ras yang berasal dari iklim panas atau tropis adalah kelompok yang banyak memilikinya. 

9. Garis rambut berbentuk V

Mainstream, Inilah 10 Gen Dominan yang Paling Umum Dimiliki Manusiamenhairstylist.com

Garis rambut berbentuk V atau yang sering disebut sebagai puncak janda adalah sifat genetik yang jarang diperhatikan. Walaupun begitu ternyata 81 persen populasi global mewarisinya. Kamu juga salah satunya tidak?

10. Freckles

Mainstream, Inilah 10 Gen Dominan yang Paling Umum Dimiliki Manusiatrendsandlife.com

Freckles adalah bintik-bintik yang timbul di sekitar hidung hingga pipi akibat adanya pigmen kulit bernama melanin. Sifat ini dikontrol oleh gen MC1R sehingga orangtua yang memilikinya pasti menurunkan kepada anak-anaknya. Pada umumnya freckles dimiliki oleh orang yang berkulit putih dan berambut merah.

Untuk mengetahui gen dominan apa yang ada di keluargamu, coba bandingkan masing-masing karakter fisik setiap anggota. Kamu akan melihat ciri mana yang paling sering muncul. Itulah gen dominan yang dimiliki oleh garis keturunanmu. 

Baca Juga: 8 Mutasi Genetik Ini Malah Bisa Memberikanmu Kekuatan Super, Asik Kan?

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya