Comscore Tracker

10 Hewan dengan Penampilan Paling Aneh, Ada yang Seperti Pena Pt.1

Sebagian besar pasti belum pernah kamu temui, coba buktikan!

Bumi ini dihuni jutaan spesies hewan yang sangat beragam. Mulai dari yang kecil hingga besar. Mula dari yang hidup di darat hingga di laut. Serta mulai dari yang terlihat normal hingga yang aneh. 

Sebenarnya hewan-hewan tertentu terlihat aneh karena kita biasa menyaksikan spesies yang penampilannya sangat berbeda dari mereka. Misalnya, kita sangat sering melihat ikan bermulut kecil, semut dengan tubuh keras dan licin, serta ular yang bersisik.

Kamu tentu belum pernah kan melihat ular yang berduri? Atau ikan dengan tanduk? Mulai dari mamalia, serangga, hingga ikan, inilah sepuluh hewan dengan penampilan yang tidak biasa!

1. Narwhal

10 Hewan dengan Penampilan Paling Aneh, Ada yang Seperti Pena Pt.1rackcdn.com

Salah satu spesies paus ini memiliki tanduk yang mencuat dari mulutnya. Penampilan tersebut sangat tidak biasa di antara para ikan.

10 Hewan dengan Penampilan Paling Aneh, Ada yang Seperti Pena Pt.1wixstatic.com

Dilansir dari How Stuff Works, tanduk narwhal bekerja seperti sensor untuk mendeteksi tekanan air, suhu, dan tingkat keasinan. Para ilmuwan percaya bahwa mereka tidak menggunakannya untuk bertarung karena terdapat banyak pusat saraf di permukaan tanduk.

2. Semut panda

10 Hewan dengan Penampilan Paling Aneh, Ada yang Seperti Pena Pt.1boredpanda.com

Namanya saja sebenarnya sudah mendeskripsikan bagaimana penampilan semut ini. Benar, alih-alih memiliki permukaan tubuh yang licin, semut panda memiliki bulu halus yang berwarna hitam dan putih. Namun jangan tertipu dengan penampilan imut tersebut. Serangga ini nyatanya memiliki sengatan yang cukup menyakitkan.

3. Spider crab

10 Hewan dengan Penampilan Paling Aneh, Ada yang Seperti Pena Pt.1ytimg.com

Spider crab, hewan endemik Jepang ini merupakan arthropoda terbesar yang ada di dunia. Dengan panjang kaki lebih dari satu meter, jika direntangkan mereka bisa berukuran lebih dari 3,8 meter, dilansir dari Bored Panda. Walaupun terlihat seperti monster, spider crab ternyata cukup jinak. Mereka biasa hidup di dasar lautan.

4. Viper pohon bersisik (spiny bush viper)

10 Hewan dengan Penampilan Paling Aneh, Ada yang Seperti Pena Pt.1tumblr.com

Jika kamu ingin tahu seperti apa penampilan naga, viper pohon bersisik adalah salah satu hewan yang memiliki kemiripan dengannya. Tak seperti ular pada umumnya, mereka memiliki sisik seperti duri di sekujur tubuh. Namun peneliti belum tahu apa fungsi dari karakter tersebut.

Selain menyeramkan, spesies ular ini ternyata memiliki bisa yang mematikan pula.  Untungnya, viper pohon bersisik tinggal di hutan terdalam Afrika yang sangat jauh dari permukiman manusia. Ini juga alasan kenapa para ilmuwan belum bisa menelitinya lebih jauh. 

5. Antelop saiga

10 Hewan dengan Penampilan Paling Aneh, Ada yang Seperti Pena Pt.1ytimg.com

Sekali lihat, orang akan dibuat bingung oleh hewan yang satu ini. Apakah ia sapi, kancil, ataukah anteater? Antelop saiga memiliki moncong yang terlihat seperti hewan pemakan semut.

Namun ternyata, dilansir dari The Dodo, bentuk mulut tersebut berfungsi sebagai alat penyaring udara. Hewan yang biasa dijumpai di Asia Tengah ini sudah ada sejak zaman es, lho!

Baca Juga: 7 Serangan Hewan Ini Bisa Memengaruhi Kondisi Psikologis, Hati-hati!

6. Dugong

10 Hewan dengan Penampilan Paling Aneh, Ada yang Seperti Pena Pt.1activewild.com

Kamu pasti sering mendengar nama hewan yang satu ini, kan? Dugong adalah mamalia laut dengan penampilan unik.

Mulutnya tertekuk ke bawah dan dapat berubah layaknya vacuum cleaner ketika sedang mencari makanan, yaitu tumbuhan laut. Dilansir dari National Geographic, ternyata dugong memiliki hubungan darah yang cukup dengan dengan gajah, lho!

7. Kadal berduri (thorny devil)

10 Hewan dengan Penampilan Paling Aneh, Ada yang Seperti Pena Pt.1factanimal.com

Jenis kadal yang satu ini sangat mirip dengan kaktus. Seluruh permukaan tubuhnya ditumbuhi duri tajam yang siap melindunginya ketika musuh mendekat. Mereka dapat ditemukan di wilayah gurun Australia. Thorny devil dikenal dapat berkamuflase dengan mengubah warna tubuh sesuai dengan musim.

8. Sea pen

10 Hewan dengan Penampilan Paling Aneh, Ada yang Seperti Pena Pt.1ocean.si.edu

Makhluk laut yang satu ini sangat mirip dengan pena, tepatnya pena bulu yang banyak digunakan di zaman dahulu. Dilansir dari Britannica, sea pen dapat tumbuh hingga dua meter. Warna mereka pun beragam, mulai dari kuning, oranye, merah, hingga cokelat.

Sekilas kamu akan mengiranya sebagai koral, tetapi sea pen sebenarnya merupakan hewan invertebrata yang pasif. Mereka menggunakan tentakelnya untuk menyaring organisme kecil di air. 

9. Aye-aye

10 Hewan dengan Penampilan Paling Aneh, Ada yang Seperti Pena Pt.1immediate.co.uk

Mata yang besar, berwarna kuning, serta wajah yang menyeramkan adalah ciri-ciri dari hewan yang satu ini. Ia bernama aye-aye, nokturnal terbesar yang berasal dari Madagaskar, Afrika Timur. Aye-aye lebih sering menghabiskan waktunya di atas pohon untuk mencari makanan, yaitu larva serangga. 

Masyarakat setempat menganggap hewan ini pembawa kesialan, sehingga mereka sering membunuhnya. Itulah kenapa saat ini, aye-aye berstatus terancam punah.

10. Lamprey

10 Hewan dengan Penampilan Paling Aneh, Ada yang Seperti Pena Pt.1pressdemocrat.com

Sering dijuluki sebagai vampir laut, lamprey adalah ikan parasit yang hidup dengan menghisap darah dan daging ikan apa pun. Mulutnya yang berbentuk silinder dipenuhi oleh gigi tajam yang akan ditancapkan ke inangnya. 

Walaupun memiliki tubuh seperti belut, sebenarnya lamprey adalah kerabat dekat dari hiu. Jangan coba-coba memegang mereka kalau tak mau terluka, karena mereka dikenal cukup agresif. Momok makhluk laut ini berasal dari Samudera Atlantik, tetapi kini banyak pula dijumpai di The Great Lakes, Amerika Utara.

10 Hewan dengan Penampilan Paling Aneh, Ada yang Seperti Pena Pt.1emory.edu

Gimana, apakah penampilan mereka cukup mencengangkan untukmu? Selain yang telah disebutkan di atas, masih banyak hewan lain yang tak kalah aneh lho. Nantikan ulasannya di bagian kedua, ya!

Baca Juga: 10 Cara Tidur Hewan yang Paling Unik, Ada yang Mengambang di Air!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya