Comscore Tracker

7 Hewan dengan Telur Paling Aneh di Dunia, Ada yang Berbentuk Spiral!

Ada alasan di balik bentuknya yang aneh

Apa yang terlintas di pikiranmu ketika membicarakan soal telur? Bentuk telur yang biasa kita lihat adalah lonjong, tertutup cangkang keras, dan biasanya berwarna kuning hingga cokelat. 

Pada umumnya karakteristik tersebut dimiliki oleh telur unggas yang sering kita lihat. Contohnya, ayam, bebek, angsa, hingga burung. Namun tahukah kamu bahwa tidak semuanya seperti itu?

Di luar sana, ada banyak telur lain yang bentuknya bahkan tidak terbayangkan oleh kita sebelumnya. Ada yang tidak bercangkang, ada yang berbentuk spiral, dan masih banyak keanehan lainnya. Telur apa sajakah yang dimaksud? Simak berikut ini!

1. Telur katak

7 Hewan dengan Telur Paling Aneh di Dunia, Ada yang Berbentuk Spiral!californiaherps.com

Hewan amfibi yang satu ini memiliki telur cukup unik. Kamu bisa lihat dari gambar di atas. Telur tersebut tidak memiliki cangkang. Hanya terlihat seperti plasenta bening yang menampakkan isi di dalamnya.

Ternyata karakteristik tersebut dapat membantu telur mengapung dengan baik di perairan. Dengan begitu, katak bisa mengawasinya dari serangan predator. 

2. Telur kuda laut

7 Hewan dengan Telur Paling Aneh di Dunia, Ada yang Berbentuk Spiral!ytimg.com

Kuda laut sebenarnya memiliki telur dengan penampilan yang umum. Namun cara mereka mengeraminya lah yang unik. Alih-alih dilakukan oleh sang ibu, telur kuda laut harus dierami oleh para ayah. 

Setelah si betina mengeluarkannya dari dalam tubuh, telur tersebut dimasukkan ke dalam perut kuda laut jantan. Dalam sekali berkembang biak, ada sekitar 2.000 telur yang dihasilkan. Setelah 25 hari, mereka akan menetas di dalam perut dan keluar dengan sendirinya. 

3. Telur hiu hantu

7 Hewan dengan Telur Paling Aneh di Dunia, Ada yang Berbentuk Spiral!pinimg.com

Bukan hanya penampilannya saja yang aneh, hiu hantu ternyata juga memiliki telur yang tidak biasa. Cangkangnya berwarna hitam, pipih dengan bagian cembung di tengah, dan mirip seperti fosil. Namun ternyata hal itu berfungsi untuk melindungi telur dari predator yang mungkin akan memangsanya.

Baca Juga: 10 Hewan dengan Penampilan Paling Aneh, Ada yang Seperti Pena Pt.1

4. Telur cumi-cumi

7 Hewan dengan Telur Paling Aneh di Dunia, Ada yang Berbentuk Spiral!allthatsinteresting.com

Dilansir dari Science Alert, cumi-cumi bisa membuat telur dengan ukuran sangat besar dan transparan menggunakan lendir yang dimilikinya. Di dalam “balon raksasa” tersebut, terdapat setidaknya 43.800 calon cumi-cumi. Kamu harus hati-hati, ya, jika menyelam ke dasar laut. Jangan sampai menabraknya karena telur tersebut benar-benar transparan.

5. Telur belalang

7 Hewan dengan Telur Paling Aneh di Dunia, Ada yang Berbentuk Spiral!thoughtco.com

Alih-alih berbentuk bulat dan keras, telur belalang justru terlihat seperti kantong. Namun jangan salah, ternyata itu hanya tampak luarnya saja. Kantong berukuran cukup besar itu ternyata berfungsi sebagai pelindung telur-telur yang ada di dalamnya. Dilansir dari Gardening Know How, dalam sekali berkembang biak, mereka bisa menghasilkan kurang lebih 300 telur, lho!

6. Telur hiu tanduk

7 Hewan dengan Telur Paling Aneh di Dunia, Ada yang Berbentuk Spiral!pinimg.com

Hiu tanduk adalah makhluk yang lebih sering berada di dasar laut. Seperti hiu hantu, mereka berkembang biak dengan cara bertelur. Mirip dengan penampilannya, hiu tanduk memiliki telur yang sangat unik, yaitu berbentuk spiral dengan warna kehitaman. 

“Telur ini dapat terjepit di antara bebatuan dengan sangat baik. Sehingga ketika ada gelombang dan ombat, mereka tidak akan berpindah tempat. Selain itu, ini juga membuatnya sulit dimangsa oleh predator,” kata seorang profesor biologi kelautan, Christopher Lowe, kepada Science Friday.

7. Telur gurita

7 Hewan dengan Telur Paling Aneh di Dunia, Ada yang Berbentuk Spiral!pbase.com

Telur paling aneh terakhir dimiliki oleh gurita. Dilansir dari National Geographic, ibu gurita biasanya menempelkan telur di batu yang berbentuk vertikal.

Bentuk telurnya pun tidak umum, yaitu terlihat seperti tetesan air. Sang ibu akan menutupi mereka dengan tubuhnya selama kurang lebih 53 bulan. Ini bertujuan untuk mencukupi suplai oksigen dan melindungi sang buah hati dari serangan predator.

Itu tadi sejumlah hewan yang memiliki telur paling aneh sekaligus unik. Di antara semua yang telah disebutkan, mana yang pernah kamu lihat secara langsung?

Baca Juga: 10 Hewan dengan Penampilan Paling Aneh, Ada yang Seperti Manusia Pt. 2

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You