Comscore Tracker

10 Hewan Mitos Asia yang Jarang Diketahui, Ada yang dari Indonesia!

Mulai dari naga, garuda, hingga babi ngepet

Kraken, Cyclops, Unicorn, hingga Phoenix. Hewan-hewan mitos populer di dunia tersebut mayoritas berasal dari mitologi Eropa, seperti Yunani, Romawi, atau bahkan Skotlandia. Ini karena masyarakat setempat memiliki cerita rakyat yang melibatkan berbagai hewan khayalan. 

Namun jangan salah, benua yang kita tinggali, yaitu Asia juga memiliki berbagai hewan mitos yang tak kalah menarik. Beberapa di antaranya bahkan berasal dari Indonesia, lho. Ingin tahu apa saja? Yuk, cek berikut ini!

1. Naga

10 Hewan Mitos Asia yang Jarang Diketahui, Ada yang dari Indonesia!ltkcdn.net

Siapa yang tak kenal naga? Ia merupakan salah satu hewan mitos paling populer sepanjang sejarah. Masyarakat Tiongkok telah memercayai naga sebagai hewan agung setidaknya sejak tahun 5.000 SM. 

Seperti penampilannya, naga digambarkan mirip seperti ular dengan tubuh yang besar dan panjang. Ia bisa terbang, memiliki kaki, dan menyemburkan api sebagai napasnya. Walau tampak mengerikan, naga dianggap sebagai simbol keberanian dan kepahlawanan, lho. 

2. Yeti

10 Hewan Mitos Asia yang Jarang Diketahui, Ada yang dari Indonesia!jagranjosh.com

Besar dan berotot, tubuh diselimuti oleh rambut putih keabuan, dengan berat mencapai 180 kilogram. Ialah Yeti. Kisah mengenai makhluk ini beredar di legenda kuno masyarakat Himalaya, Nepal dan Tiongkok. 

Walaupun sering dijuluki sebagai "manusia salju", Yeti sebenarnya tampak seperti primata yang besar. Sudah banyak orang yang berusaha untuk mencari makhluk tersebut. Namun hingga saat ini, keberadaannya belum bisa dibuktikan. 

3. Garuda

10 Hewan Mitos Asia yang Jarang Diketahui, Ada yang dari Indonesia!yogalife.net

Semua orang pasti mengenal garuda. Hewan ini adalah lambang negara Indonesia yang membawa simbol Pancasila di dadanya. Namun tak banyak yang tahu bahwa hewan tersebut adalah bagian dari mitologi Hindi. 

Menurut kepercayaan, garuda adalah kendaraan Dewa Wisnu. Hewan ini berkepala seperti elang namun dengan badan manusia. Tubuhnya yang berwarna emas bersinar terang seperti api. Ukurannya pun sangat besar hingga bisa menghalangi Matahari. 

4. Bahamut

10 Hewan Mitos Asia yang Jarang Diketahui, Ada yang dari Indonesia!wikimedia.org

Merupakan ikan super besar yang tinggal di dasar lautan, Bahamut berasal dari mitologi Arab. Menurut kisah yang beredar, makhluk ini bertugas untuk menopang tujuh struktur pendukung Bumi. 

Wujud Bahamut masih menjadi perdebatan hingga saat ini. Ada yang mengatakan bahwa kepalanya tampak seperti kuda nil atau gajah. Sementara versi lain menyebutkan bahwa makhluk tersebut tampak seperti reptil laut dengan gigi yang tajam 

5. Kappa

10 Hewan Mitos Asia yang Jarang Diketahui, Ada yang dari Indonesia!thestoriedimaginarium.com

Beralih dari Arab, kita sekarang menuju ke Jepang. Negara tersebut memiliki hewan mitos yang sangat populer, yaitu Kappa, yang berarti "anak sungai". Dijuluki demikian karena Kappa tampak seperti perpaduan antara kura-kura dan anak kecil. 

Kappa sebenarnya merupakan makhluk penyendiri. Walaupun begitu ia tak ragu untuk menyerang manusia yang masuk ke sungainya dan mengambil organ gaib bernama shirikodama dari anus sang korban. 

Baca Juga: 7 Hewan Mitos Terpopuler di Dunia, Hoaks Zaman Kuno yang Menjadi Abadi

6. Gumiho

10 Hewan Mitos Asia yang Jarang Diketahui, Ada yang dari Indonesia!pinimg.com

Para penggemar drama Korea pasti tak asing lagi dengan makhluk yang satu ini. Gumiho merupakan rubah berekor sembilan yang tampak anggun dengan bulu putihnya. 

Menurut legenda, Gumiho telah hidup selama ribuan tahun lamanya. Mereka bisa mengubah dirinya menjadi sosok perempuan. Di saat itu terjadi, Gumiho akan mengelabui manusia dan memangsa darah serta hatinya. 

7. Airavata

10 Hewan Mitos Asia yang Jarang Diketahui, Ada yang dari Indonesia!wikimedia.org

Airavata merupakan hewan mitos yang berasal dari India. Ia adalah gajah berwarna putih yang memiliki empat gading dan tujuh belalai. Menurut cerita, Airavata adalah kendaraan dari Dewa Indra. 

Makhluk ini memiliki kemampuan mendatangkan hujan. Caranya adalah dengan mengisap air dari dunia bawah dan menyemprotkannya ke angkasa. Ketika itu terjadi, awan akan terbentuk dan hujan pun turun. 

8. Haechi

10 Hewan Mitos Asia yang Jarang Diketahui, Ada yang dari Indonesia!jungilwoodelights.com

Merupakan simbol kota Seoul, Korea Selatan, Haechi adalah hewan mitos yang dipercayai masyarakat setempat. Ia adalah gabungan antara anjing penjaga dan singa dengan tanduk di tengah kepalanya. Ia juga memiliki dua taring yang keluar dari mulutnya.

Sosok Haechi dapat dilihat di bangunan-bangunan kuno Korea Selatan. Hewan penjaga tersebut diabadikan dalam bentuk patung. Menurut kepercayaan, mereka mampu melindungi manusia dari bencana alam, kerusakan, dan penderitaan. 

9. Singha

10 Hewan Mitos Asia yang Jarang Diketahui, Ada yang dari Indonesia!luxury-thailand-travel.com

Berasal dari Thailand, Singha adalah makhluk mitos yang menyerupai singa. Menurut cerita rakyat setempat, makhluk ini adalah penjaga bangunan-bangunan sakral, seperti kuil, pura, dan lain sebagainya. 

Dilansir Sirinyas Thailand, Singha selalu hadir sepasang. Sang betina bersama anaknya menjaga sisi kiri bangunan sedangkan si jantan berada di sisi kanan. 

10. Babi ngepet

10 Hewan Mitos Asia yang Jarang Diketahui, Ada yang dari Indonesia!futurecdn.net

Kamu tentu sudah tahu makhluk yang satu ini. Menurut cerita, babi ngepet adalah alat untuk menjadi kaya raya dalam waktu singkat, alias pesugihan. Namun ada harga yang harus dibayarkan untuk mencapainya.

Orang yang bersangkutan harus mau berubah menjadi babi ngepet. Dengan wujud tersebut, ia bisa mencuri uang, perhiasan, dan berbagai harta dari rumah orang lain. 

Itulah sejumlah hewan mitos yang berasal dari Asia. Apakah kamu sudah mengenal semuanya? Jika ada tambahan, silakan tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 10 Hewan Mitos Mengerikan yang Hidup di Laut, Legenda Kuno yang Abadi

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya