Comscore Tracker

Lucu Banget, 7 Spesies Hewan Ini Bisa Tertawa dan Punya Selera Humor

Bukan cuma kamu yang bisa tertawa

"Ikan apa yang suka berhenti hayo? Ikan pause!"

Walaupun lelucon di atas tidak lucu, kamu perlu tahu bahwa manusia bukanlah satu-satunya makhluk hidup yang memiliki selera humor. Penelitian membuktikan bahwa hewan juga bisa mengekspresikan diri melalui tertawa. 

Sebabnya beragam. Bisa karena mereka menemukan hal yang lucu saat bermain atau berkomunikasi dengan sesamanya. Bisa juga saat diberi rangsangan tertentu. 

Lalu hewan apa saja yang bisa tertawa? Bagaimana mengenali suara tawa mereka? Simak penjelasannya berikut ini. 

1. Tikus

Lucu Banget, 7 Spesies Hewan Ini Bisa Tertawa dan Punya Selera Humorscientificamerican.com

Hewan yang banyak dibenci ini ternyata bisa tertawa lho. Jaak Panksepp, seorang psikolog dan ahli saraf di Washington State University menemukan bahwa mereka bisa membuat suara ketika sedang bermain atau digelitik. Penelitian yang dilakukan di tahun 2000 tersebut menemukan bahwa mekanisme tertawa pada tikus sama dengan manusia.

Panksepp mengatakan bahwa sebagian tikus yang ia uji di lab sangat suka digelitik sehingga mereka akan mengikuti tangan manusia. Namun suara yang dibuat bersifat ultrasonik sehingga tidak bisa kita dengar. 

2. Lumba-lumba

Lucu Banget, 7 Spesies Hewan Ini Bisa Tertawa dan Punya Selera Humorstaticflickr.com

Mamalia laut yang satu ini dikenal sebagai hewan yang pintar. Mereka memang memiliki tingkat intelektualitas di atas hewan pada umumnya. Kepintaran tersebut ternyata membuat mereka bisa merasakan berbagai jenis emosi, termasuk kebahagiaan.

Menurut jurnal yang ditulis oleh Blomqvist, Mello, dan Amundin, peneliti dari Swedia, lumba-lumba akan tertawa ketika bermain dengan kawanannya. Mereka mengeluarkan suara ultrasonik yang mirip seperti cekikikan. Peneliti menilai bahwa suara tersebut mengisyaratkan bahwa hewan laut itu bersenang-senang.

3. Simpanse

Lucu Banget, 7 Spesies Hewan Ini Bisa Tertawa dan Punya Selera Humordailymail.co.uk

Simpanse adalah hewan yang memiliki hubungan dekat dengan manusia. Mereka bahkan memiliki 98 persen DNA yang sama dengan kita. Ini adalah salah satu faktor kenapa hewan tersebut bisa tertawa.

Dilansir dari National Geographic, simpanse akan tertawa ketika digelitik dan melihat sesuatu yang mereka anggap lucu. Ketika ini terjadi, mereka akan mengeluarkan suara seperti tertawa dan menunjukkan wajah senang, yaitu mulutnya terbuka memperlihatkan giginya.

Baca Juga: 7 Hewan yang Bisa Berpura-pura Mati, Jago Akting dan Unik Banget!

4. Anjing

Lucu Banget, 7 Spesies Hewan Ini Bisa Tertawa dan Punya Selera Humorbarkpost.com

Anjing adalah hewan yang rentan terkena stres. Mereka memiliki cara sendiri untuk meredakan kondisi tersebut. Salah satunya adalah dengan tertawa. International Conference on Environmental Enrichment 2005 melakukan studi untuk mengidentifikasi suara apa yang mereka buat ketika tertawa.

Ada tiga jenis suara yang diteliti, yaitu gonggongan, geraman, dan suara terengah-engah. Mereka mencatat bahwa ketiganya akan dikeluarkan pada kondisi yang berbeda. Ternyata tertawa pada anjing berupa suara terengah-engah. Kamu tentu pernah mendengarnya kan? Ini dilakukan saat sedang bermain dan ketika mereka ingin menenangkan diri.

5. Gajah

Lucu Banget, 7 Spesies Hewan Ini Bisa Tertawa dan Punya Selera Humorwallpaperbro.com

Gajah adalah hewan yang sangat suka bermain. Bahkan ketika mereka sudah beranjak dewasa, kebiasaan tersebut tidak akan hilang. Mereka bisa bermain dengan batu, batang pohon, atau dengan sesamanya.

Ternyata ketika sedang melakukan aktivitas tersebut, mereka mengeluarkan suara tertawa lho. Dilansir dari International Fund for Animal Welfare (IFAW), suara tersebut terdengar seperti bunyi terompet. Ini juga dapat diartikan sebagai ajakan untuk bersosialisasi.

6. Burung gagak

Lucu Banget, 7 Spesies Hewan Ini Bisa Tertawa dan Punya Selera Humorboredpanda.com

Burung gagak termasuk salah satu burung yang paling pintar di alam. Karena faktor tersebut, mereka dinilai memiliki selera humor yang tinggi. Ini terbukti dengan keusilan yang sering mereka lakukan.

Scientific American mengatakan bahwa seekor gagak pernah mengunci majikannya di dalam sangkar yang besar. Mereka juga sering menarik ekor hewan lain, termasuk predator seperti kucing dan elang.

7. Gorilla

Lucu Banget, 7 Spesies Hewan Ini Bisa Tertawa dan Punya Selera Humornationalgeographic.com

Seperti primata lainnya, gorilla juga mudah merasakan geli. Suara tertawa yang dikeluarkan terdengar seperti suara terengah-engah, menurut Slate. Namun selain itu, gorilla juga memiliki karakter lain yang unik. 

Koko, seekor gorilla di penangkaran California dinilai bisa mengatakan lelucon. Ia melakukannya dengan bahasa isyarat yang hanya bisa dimengerti oleh pawang dan ahli yang menanganinya. Menurut sumber yang sama, ketika si pawang membuat isyarat “gorilla nakal”, Koko membalasnya dengan isyarat “gorilla lucu”.

Ternyata hewan pun tahu bagaimana cara tertawa walaupun kita tidak menyadarinya. Nah kamu harus waspada nih, jangan-jangan hewan di sekitarmu menertawaimu dari belakang!

Baca Juga: Keluar Air Mata, Hewan Kurban Menangis saat Disembelih? Ini 7 Faktanya

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You