Comscore Tracker

7 Istri Nabi Muhammad SAW yang Paling Dikenal dan Berpengaruh

Mereka adalah orang-orang pilihan yang setia dampingi Rasul

Khadijah dan Aisyah. Kedua nama tersebut selalu terlintas di pikiran umat Islam ketika membicarakan istri Nabi Muhammad SAW. Tak bisa dimungkiri, keduanya memang sosok berpengaruh dan kisahnya begitu populer. Akan tetapi, Rasulullah sebenarnya pernah menikah dengan 13 orang perempuan semasa hidupnya. 

Di antara semua istri beliau, hanya satu orang saja yang dinikahi dalam usia muda dan masih gadis. Yang lainnya merupakan janda. Berbeda dengan laki-laki kebanyakan, Rasulullah tidak mendasarkan pernikahannya karena nafsu semata. Pernikahan tersebut dilakukan untuk membebaskan perempuan dari perbudakan, kemiskinan, dan demi berdakwah.

Kali ini, kita akan membahas tujuh istri Nabi Muhammad yang paling dikenal di kalangan umat Islam. Yuk, simak kisahnya berikut ini!

1. Khadijah binti Khuwailid

7 Istri Nabi Muhammad SAW yang Paling Dikenal dan Berpengaruhilustrasi perempuan berhijab (unsplash.com/mostafa_meraji)

Khadijah bisa dibilang merupakan cinta pertama Nabi Muhammad SAW. Ia merupakan perempuan dengan karier dan finansial bagus yang berasal dari bangsa Quraisy. Sebelum menikah dengan Rasulullah, ia sudah pernah menikah dua kali. 

Awalnya, ia dan Nabi Muhammad SAW merupakan partner bisnis namun keduanya kemudian jatuh cinta dan menikah. Khadijah merupakan sosok yang selalu mendukung suaminya. Ia tak ragu berkorban energi, waktu, dan harta demi dakwah Rasulullah. Khadijah adalah sosok yang mendukung Rasulullah di saat orang lain mencacinya. Itulah kenapa ia begitu spesial. 

Selama berumah tangga dengan Khadijah, Rasulullah tak memiliki istri lain. Sang nabi menghabiskan waktu kurang lebih 25 tahun bersamanya dan memiliki enam orang anak. Saat Khadijah meninggal dunia, Nabi Muhammad sangat sedih. Beliau berjanji akan selalu mencintai, merindukan, dan mengingat Khadijah selamanya. 

2. Saudah binti Zam'ah

7 Istri Nabi Muhammad SAW yang Paling Dikenal dan Berpengaruhilustrasi perempuan berhijab (pexels.com/Jank Ferlic)

Istri kedua Nabi Muhammad SAW adalah Saudah. Beliau menikah pada tahun ke-10 menjadi Rasul atau beberapa bulan setelah Khadijah meninggal dunia. Lalu seperti apa sosok perempuan tersebut?

Saudah merupakan janda dengan satu anak, suaminya mati dalam Perang Jalula setelah menyatakan beriman kepada Allah SWT. Perempuan ini kemudian pindah ke Abyssinia. Dari situ, ia menghadapi berbagai cobaan. Mulai dari finansialnya yang buruk, cacian, hingga penindasan karena menolak keluar dari Islam. 

Setelah menikah dengan Nabi Muhammad SAW, ia dengan ikhlas merawat semua anak beliau dengan Khadijah dan anaknya sendiri. Di antara semua istri Rasulullah, Saudah terkenal akan kepribadiannya yang ceria, lucu, suka menolong, setia, dan sangat sabar. 

3. Aisyah binti Abu Bakar As-Shiddiq

7 Istri Nabi Muhammad SAW yang Paling Dikenal dan Berpengaruhilustrasi perempuan bercadar (freepik.com/rawpixel.com)

Aisyah merupakan istri ketiga sekaligus satu-satunya istri Rasulullah yang dinikahi dalam kondisi masih gadis. Nabi Muhammad SAW menikah dengannya tiga tahun setelah berumah tangga dengan Saudah. 

Dikenal sangat cerdas, Aisyah bukan hanya istri tetapi juga teman baik bagi Rasulullah. Ia mampu menghafal Al-Qur'an dalam waktu singkat dan sering berdiskusi dengan sang nabi. Diriwayatkan dalam hadis, ternyata Rasulullah menikahi Aisyah setelah mendapatkan pertanda dari Allah SWT melalui mimpi. 

Setelah Rasulullah wafat, Aisyah memegang peran yang begitu besar dalam meriwayatkan perkataan, perbuatan, dan rekomendasi beliau dalam bentuk hadis. Dilansir About Islam, setidaknya ia berhasil mencatat 2.000 hadis yang sahih atau kuat. Setelahnya, Aisyah melanjutkan dakwah Nabi Muhammad SAW dengan mengajar perempuan dan anak-anak. 

Baca Juga: Dijamin dalam Al-Qur'an, 10 Hewan Pasti Masuk Surga dalam Islam

4. Hafshah binti Umar bin Khattab

7 Istri Nabi Muhammad SAW yang Paling Dikenal dan Berpengaruhilustrasi perempuan muslim berdoa (freepik.com/rawpixel.com)

Berikutnya ada Hafshah yang merupakan anak dari Umar bin Khattab, sahabat dekat Rasulullah. Walaupun janda, ia adalah istri paling muda setelah Aisyah. Saat itu, ia berusia 18 tahun. Suami terdahulunya meninggal dunia setelah membela Islam di Perang Badar.

Seperti sang ayah, Hafshah tumbuh sebagai perempuan yang kuat dan cerdas. Ia pandai membaca, menulis, dan menghafalkan Al-Qur'an. Ketiga kemampuan itu sangat jarang dimiliki perempuan di zaman tersebut.

Setelah Nabi Muhammad SAW wafat, Hafshah banyak terlibat dalam dokumentasi Al-Qur'an untuk menjadi mushaf (dijilid dalam bentuk buku). Ia kemudian bertugas untuk memelihara kitab suci tersebut. 

5. Zainab binti Khuzaimah

7 Istri Nabi Muhammad SAW yang Paling Dikenal dan Berpengaruhilustrasi perempuan berhijab (pexels.com/cottonbro)

Dilansir About Islam, Zainab adalah istri pertama Nabi Muhammad SAW yang tidak berasal dari bangsa Quraisy. Ia dinikahi setelah suaminya mati syahid dalam Perang Uhud. Akan tetapi setahun setelah itu, Zainab meninggal dunia sehingga tidak banyak kisah yang terekam tentangnya. 

Perempuan ini dikenal sebagai sosok yang keibuan dan suka membantu orang-orang yang membutuhkan. Itulah kenapa ia mendapatkan gelar "Ummul Masakin", yang artinya 'ibu dari orang-orang miskin'. 

6. Ummu Salamah (Hind binti Abi Umayya)

7 Istri Nabi Muhammad SAW yang Paling Dikenal dan Berpengaruhilustrasi perempuan muslim berdoa (freepik.com/mkitina4)

Sama seperti Zainab, Ummu Salamah menikah dengan Rasulullah setelah suaminya meninggal di Perang Uhud. Ia dikenal sebagai sosok perempuan intelektual yang menyuarakan pendapatnya, terutama mengenai perempuan. Ia sering bertanya kepada Rasulullah tentang kesetaraan gender dalam Al-Qur'an, pembagian peran, dan lain-lain.

Nabi pun tak pernah lelah menjawab pertanyaan tersebut. Beliau mengatakan bahwa laki-laki dan perempuan memiliki martabat yang sama. Selama mereka beriman dan menaati perintah Allah SWT, mereka akan mendapatkan rahmat-Nya. Ini menunjukkan bahwa pergerakan tentang hak perempuan sudah ada dari zaman Rasulullah dan Islam pun memiliki jawabannya. 

Sepeninggalan Nabi Muhammad SAW, Ummu Salamah juga terlibat dalam perekaman hadis. Ia tercatat berhasil meriwayatkan 300 hadis, terutama yang berkaitan dengan perempuan. 

7. Zainab binti Jahsy

7 Istri Nabi Muhammad SAW yang Paling Dikenal dan Berpengaruhilustrasi perempuan muslim salat (freepik.com/rawpixel.com)

Berikutnya ada Zainab binti Jahsy yang spesial di antara istri-istri lainnya. Diriwayatkan dalam hadis, Rasulullah menikah dengan Zainab atas perintah langsung dari Allah SWT melalui surat Al-Ahzab. Padahal sebelum itu, ia dijodohkan oleh Rasulullah dengan Zaid, mantan suami yang menceraikannya. 

Zainab merupakan perempuan tangguh yang sangat rajin beribadah. Setiap malam, ia menunaikan salat hingga kakinya terlalu lelah. Bukan hanya itu, menurut kesaksian Aisyah, Zainab merupakan sosok yang jujur, rela berkorban untuk orang-orang di sekitarnya, dermawan, dan dekat dengan Sang Pencipta. 

Dari Khadijah hingga Zainab, begitulah kisah tujuh istri Nabi Muhammad SAW yang paling dikenal oleh umat Islam. Dengan menjadi pendamping sang Rasul membuktikan bahwa mereka adalah sosok-sosok pilihan.

Perempuan yang disebutkan di atas sangat unggul dalam ibadah, memiliki kepribadian yang baik, cerdas, dan juga tangguh. Kita yang hidup di masa yang lebih baik ini bisa belajar banyak dari Ummul Mukminin (gelar untuk istri Rasulullah) tersebut. Nantikan kisah enam istri Nabi Muhammad SAW lainnya di IDN Times, ya!

Baca Juga: 9 Fakta Muezza, Kucing Kesayangan Nabi Muhammad SAW

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya