Comscore Tracker

7 Karakteristik Unik Tubuh Manusia Ini Diwarisi dari Ikan

Karakter tubuh manusia tidak cuma berasal dari mamalia

Kamu tentu pernah mendengar tentang Teori Evolusi yang menyebutkan bahwa nenek moyang manusia adalah kera. Charles Darwin bisa mengatakan hal itu karena menemukan sejumlah karakteristik manusia yang mirip dengan primata tersebut. Contohnya anatomi tengkorak hingga kemiripan DNA.

Namun pernahkah kamu mendengar bahwa manusia memiliki banyak kesamaan dengan ikan? Walaupun hidup di dunia yang berbeda, memang ada organ dan karakter yang mirip antara ikan dan manusia, lho. Apa saja? Berikut penjelasannya!

1. Kemiripan bentuk embrio

7 Karakteristik Unik Tubuh Manusia Ini Diwarisi dari Ikanvimeocdn.com

Fase embrio ikan dan manusia memiliki banyak kemiripan. Ini karena struktur tubuh ikan adalah dasar dari pembentukan struktur tubuh manusia.

Keduanya sama-sama memiliki kepala, tubuh, dan ekor yang lambat laun menghilang pada manusia. Sebenarnya tidak hanya manusia yang memiliki embrio mirip ikan, ini juga terjadi pada mamalia lainnya. 

2. Manusia bisa memiliki suara

7 Karakteristik Unik Tubuh Manusia Ini Diwarisi dari Ikanapnarm.net.au

Banyak hewan yang memiliki kemampuan untuk bersuara. Riset menunjukkan bahwa ada kesamaan antara suara manusia dengan mamalia di zaman dahulu kala. Namun di tahun 2008, terdapat penelitian yang menganalisis kemiripan antara ikan dengan manusia.

Hasil menunjukkan bahwa insang yang ada pada ikan memiliki anatomi yang sama dengan tulang di embrio manusia. Bedanya, insang di ikan menjadi alat pernapasan sedangkan pada manusia menjadi pita suara.

3. Tulang yang ada di dalam telinga manusia berasal dari ikan

7 Karakteristik Unik Tubuh Manusia Ini Diwarisi dari Ikanslidesharecdn.com

Tulang mirip insang yang ada di embrio tidak hanya berubah menjadi pita suara. Ia juga menjadi bagian dari telinga tengah. Ini dimulai dari perubahan pada ikan purba Eusthenopteron.

Tulang rahang di bagian insangnya mengganggu pernapasan, beberapa juta tahun kemudian tulang tersebut berubah fungsi menjadi alat pendengarannya. Itulah yang akhirnya menjadi tulang pada telinga manusia. 

Baca Juga: Kisah Hidup Charles Darwin, Bapak Teori Evolusi yang Mendunia

4. Proses pernapasan yang mirip

7 Karakteristik Unik Tubuh Manusia Ini Diwarisi dari Ikanallinahealth.org

Proses pernapasan pada manusia banyak dikontrol oleh batang otak. Ia akan mengirimkan sinyal ke otot paru-paru untuk berkontraksi dan memasukkan udara dari hidung. Batang otak juga memiliki peran yang sama pada ikan. Ia akan mengirimkan sinyal yang membuat otot sekitar insang bergerak. 

5. Penyakit hernia pada manusia

7 Karakteristik Unik Tubuh Manusia Ini Diwarisi dari Ikanmedicalnewstoday.com

Kelenjar kelamin ikan terletak dekat dengan jantungnya. Saat manusia masih menjadi embrio, kelenjar tersebut terletak di tempat yang sama. Namun seiring dengan perkembangan ia mengalami pergeseran. Untuk wanita kelenjar menjadi ovarium sedangkan pada pria, ia menjadi testis.

Proses pergeseran pada pria bisa melemahkan dinding perut sehingga mereka lebih rentan terkena hernia. Ikan, sebaliknya, tidak memiliki masalah tersebut karena kelenjar kelaminnya tidak bergeser.

6. Kemiripan jari manusia dengan insang

7 Karakteristik Unik Tubuh Manusia Ini Diwarisi dari Ikaninhabitat.com

Ikan memang tidak memiliki jemari, tetapi mereka memiliki gen yang memungkinkan tumbuhnya organ tersebut. Dilansir dari Mental Floss, peneliti J. Andrew Gillis percaya bahwa lengkungan insang pada ikan purba adalah asal dari jari-jari pada manusia. Sifat genetik keduanya memiliki banyak kesamaan. 

7. Kesamaan struktur wajah

7 Karakteristik Unik Tubuh Manusia Ini Diwarisi dari Ikanteachmeanatomy.info

Apakah kamu tahu nama lengkungan yang terletak di atas bibir dan tepat di bawah hidungmu? Itu adalah philtrum. Ia berada di sana karena saat masih embrio, wajah manusia terlihat seperti ikan.

Pada awalnya mata manusia terletak di bagian samping kepala sedangkan lubang hidung dan bibir terletak di bagian atas, mirip seperti ikan. Namun setelah beberapa bulan, struktur tersebut berubah. Mata masuk ke bagian tengah, sedangkan bibir dan hidung bergeser ke bawah. Pergeseran tersebut menyebabkan philtrum muncul.

Kemiripan tersebut disimpulkan melalui pengamatan yang dilakukan para ahli. Apakah kamu memercayainya?

Baca Juga: Mengerikan, 8 Dampak dari Perburuan Sirip Hiu yang Perlu Kamu Tahu

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya