Comscore Tracker

7 Dinosaurus yang Lebih Mengerikan daripada T-Rex, Tak Kalah Ganas

Ada yang kanibal, lho!

Ketika ditanya dinosaurus apa yang paling mengerikan, mayoritas orang akan menjawab Tyrannosaurus Rex atau T-Rex. Tak heran, makhluk tersebut memang menjadi momok tersendiri di masanya, yaitu Periode Kapur atau Cretaceous.

Dengan ukuran tubuh setinggi 6 meter, T-Rex dikenal sebagai salah satu predator di puncak rantai makanan. Mereka mampu bergerak dengan sangat cepat, memiliki rahang yang kuat, penglihatan yang bagus, dan pemburu daging yang tak kenal ampun. 

Pamor T-Rex yang begitu kuat sehingga kita memandangnya sebagai pembunuh paling mengerikan di masa prasejarah. Padahal sebenarnya masih banyak dinosaurus lain yang tak kalah ganas darinya. Ingin tahu siapa saja mereka? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Giganotosaurus

7 Dinosaurus yang Lebih Mengerikan daripada T-Rex, Tak Kalah Ganasilustrasi Giganotosarurus (wikia.nocookie.net)

Tandingan T-Rex yang pertama adalah Giganotosaurus. Keduanya hidup di masa yang sama, yaitu pada Periode Kapur atau Cretaceous. Dinosaurus ini termasuk dalam salah satu makhluk pemakan daging terbesar di dunia, lho. 

Walaupun berukuran 12,5 meter dengan bobot 10 ton, Giganotosaurus mampu bergerak dengan cepat saat mengejar mangsa. Kecepatannya mencapai 50 km/jam, dua kali lipat lebih lincah daripada T-Rex. 

Dilansir ThoughtCo, rahangnya yang besar dan kuat juga dipenuhi oleh deretan gigi tajam. Mereka bisa memakan apa pun yang dilihatnya. Itulah kenapa Giganotosaurus menempati posisi tertinggi di rantai makanan pada zaman tersebut.

2. Allosaurus

7 Dinosaurus yang Lebih Mengerikan daripada T-Rex, Tak Kalah Ganasilustrasi Allosaurus (livescience.com)

Dinosaurus berikutnya yang tak kalah ganas dari T-Rex adalah Allosaurus. Sayangnya, kita tak tahu siapa yang akan menang dalam sebuah pertarungan karena kedua makhluk ini hidup di zaman yang berbeda. Allosaurus merupakan predator dari Periode Jurassic, ratusan juta tahun lebih dulu daripada T-Rex.

Allosaurus memiliki ukuran tubuh yang mirip dengan T-Rex dengan berat sekitar 2 ton. Mereka juga mampu bergerak dengan cepat, yaitu sekitar 21 km/jam. Lebih mengerikan lagi, Allosaurus diperkirakan suka bergerak dalam kelompok. Sementara T-Rex adalah penyendiri. Itulah yang membuatnya jauh lebih mengintimidasi.

3. Utahraptor

7 Dinosaurus yang Lebih Mengerikan daripada T-Rex, Tak Kalah Ganasilustrsai Utahraptor (thoughtco.com)

Kamu pasti tak asing lagi dengan dinosaurus yang satu ini. Sering muncul di film Hollywood, Utahraptor sering dijuluki T-Rex mini. Anatomi tubuhnya sangat mirip dengan dinosaurus tersebut namun dengan ukuran yang lebih kecil, yaitu sekitar 7 meter dengan berat 900 kilogram. 

Menurut bukti yang dikumpulkan arkeolog, Utahraptor berburu dalam kelompok dan mampu bergerak sangat cepat. Mereka juga sangat agresif. Siapa pun yang bertemu dengan grup tersebut pasti diserang. Itulah yang membuat Utahraptor begitu menakutkan.

Baca Juga: 10 Hewan Zaman Prasejarah Ini Masih Hidup sampai Sekarang

4. Carnotaurus

7 Dinosaurus yang Lebih Mengerikan daripada T-Rex, Tak Kalah Ganasilustrasi Cranotaurus (wikia.nocookie.net)

Melihat penampilannya saja, Carnotaurus tampak sangat mengerikan. Tubuhnya dipenuhi duri yang keras dan terdapat sepasang tanduk besar di kepalanya. Itulah kenapa dinosaurus ini dijuluki sebagai "meat-eating bull" atau 'banteng pemakan daging'.

Anatomi tubuh Carnotaurus juga mirip dengan T-Rex, mereka memiliki tangan yang kecil di bagian depan tubuhnya. Walaupun begitu, makhluk ini dikenal sebagai salah satu dinosaurus paling gesit di dunia. 

Seperti T-Rex, Carnotaurus diduga merupakan makhluk yang penyendiri. Namun itu tak menjadi masalah karena dinosaurus lain pasti takut dan terintimidasi dengan keberadaan mereka. 

5. Therizinosaurus

7 Dinosaurus yang Lebih Mengerikan daripada T-Rex, Tak Kalah Ganasilustrasi Theriizinosaurus (thoughtco.com)

Therizinosaurus memiliki penampilan yang liar dibandingkan dinosaurus lain di daftar ini. Mereka tampak seperti Edward Scissorhands karena cakarnya yang begitu tajam dan mencuat. Makhluk ini bahkan dinobatkan sebagai dinosaurus dengan cakar terpanjang di dunia. 

Dilansir List Verse, ternyata cakar tersebut berguna bagi mereka untuk mengumpulkan vegetasi. Fakta itu membuat arkeolog bingung mengenai pola makan Therizinosaurus. Masih tak jelas apakah mereka tergolong herbivor atau karnivor. 

Terlepas dari apa yang dimakannya, Therizinosaurus bukanlah makhluk yang bersahabat. Mereka mampu bergerak sangat lincah dan tak ragu menyerang musuh dengan cakarnya.

6. Majungasaurus

7 Dinosaurus yang Lebih Mengerikan daripada T-Rex, Tak Kalah Ganasilustrasi Majungasaurus (dinosaurpictures.org)

Berikutnya ada Majungasaurus yang hidup di akhir Periode Kapur. Mereka diperkirakan berkeliaran sekitar 70 juta tahun lalu di Madagaskar. Tubuhnya sangat mirip dengan T-Rex, yaitu memiliki tangan yang kecil di bagian depan. 

Hal yang membuat Majungasaurus begitu mengerikan adalah sifatnya yang kanibal. Ini membuktikan bahwa mereka sangat kuat karena mampu mengalahkan sesamanya yang juga bertubuh besar dan keras. 

Walaupun begitu, para ahli belum yakin apakah Majungasaurus benar-benar menyerang sesamanya untuk dimakan. Bisa jadi, mereka hanya memangsa tubuh kawannya yang sudah terluka atau mati. Terlepas dari itu, dinosaurus ini tak kalah mengerikan daripada T-Rex.

7. Spinosaurus

7 Dinosaurus yang Lebih Mengerikan daripada T-Rex, Tak Kalah Ganasilustrasi Spinosaurus (bbc.co.uk)

Berasal dari daratan Afrika, Spinosaurus merupakan dinosaurus pemakan daging terbesar di dunia. Tubuhnya mencapai panjang 14 meter dengan berat lebih dari 10 ton. Bisa dibilang, merekalah makhluk paling mengerikan yang menjadi momok bagi dinosaurus lainnya di Periode Kapur. 

Ada beberapa alasan kenapa Spinosaurus begitu menakutkan. Pertama, daratan dan perairan tidak menjadi masalah baginya. Spinosaurus merupakan dinosaurus pertama di dunia yang terbukti mampu berenang. Jadi, baik makhluk darat maupun laut menjadi mangsanya. 

Salah satu mangsa favoritnya adalah hiu-hiu prasejarah yang berukurn besar. Mereka juga tak ragu melawan Sarcosuchus, buaya prasejarah yang berukuran 12 meter. 

Mereka juga bisa berlari dengan cepat seperti T-Rex. Mereka memiliki tulang seperti punuk di bagian punggungnya yang sangat keras. Dinosaurus yang menabraknya kemungkinan mengalami cedera berat. Ini membuktikan bahwa Spinosaurus benar-benar ganas dan tak terkalahkan. 

Itulah sejumlah spesies dinosaurus yang ternyata sangat ganas di masanya. Selama ini, nama mereka tak begitu dikenal predikat predator paling mengerikan hanya dipegang oleh T-Rex. Di antara semua spesies di atas, mana yang menurutmu paling seram?

Baca Juga: Merinding, 8 Reptil Laut Mengerikan di Zaman Dinosaurus!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya