10 Hewan Zaman Prasejarah Ini Masih Hidup sampai Sekarang

Sudah berkeliaran di Bumi sejak zaman dinosaurus, lho!

Tahukah kamu bahwa hewan yang hidup saat ini hanyalah 1 persen dari semua spesies yang pernah tinggal di Bumi? Data dari National Geographic tersebut mengimplikasikan bahwa sekitar 99 persen organisme telah punah walaupun para ilmuwan terus menemukan spesies baru setiap tahunnya.

Menariknya, di antara angka 1 persen itu, terdapat sejumlah spesies yang ternyata sudah ada sejak zaman prasejarah, yaitu jutaan tahun yang lalu. Mereka berhasil menaklukkan setidaknya lima fase kepunahan yang terjadi di Bumi. Sementara seleksi alam terus berlangsung, spesies hewan ini berhasil beradaptasi walau jumlahnya kini tak sebanyak di zaman dulu.

Ingin tahu spesies hewan apa saja yang begitu hebat sehingga mampu bertahan hidup hingga saat ini? Yuk, simak berikut ini!

1. Tapir

10 Hewan Zaman Prasejarah Ini Masih Hidup sampai Sekarangedgeofexistence.org

Dilansir MSN, hewan endemik yang mendiami Pulau Sumatra ini diperkirakan sudah hidup sejak zaman Oligosen, yaitu lebih dari 20 juta tahun yang lalu. Ini karena para arkeolog berhasil menemukan fosil tapir dari zaman tersebut dan wujudnya tak jauh berbeda dengan yang sekarang.

Sayang sekali, empat dari lima jenis tapir di dunia telah dinyatakan terancam punah. Di antaranya adalah tapir yang berasal dari Asia Tenggara dan Amerika Tengah. Masing-masing populasinya hanya mencapai ribuan ekor saja.

2. Komodo

10 Hewan Zaman Prasejarah Ini Masih Hidup sampai Sekarangguim.co.uk

Hanya bisa dijumpai di Indonesia, Komodo juga termasuk hewan yang telah hidup sejak masa prasejarah. Akan tetapi, hewan yang memiliki racun di lidahnya itu dulunya berasal dari daratan Australia.

Dilansir Far and Wide, para ilmuwan memperkirakan bahwa makhluk yang satu ini telah ada sejak 4 juta tahun yang lalu. Mereka bisa "berpindah" dari Australia ke Pulau Komodo berkat pergerakan benua.

3. Echidna

10 Hewan Zaman Prasejarah Ini Masih Hidup sampai Sekaranglivescience.com

Echidna merupakan hewan yang sekilas tampak seperti gabungan antara landak, luwak dan trenggiling. Namun sebenarnya mereka disebut sebagai monotreme, spesies mamalia yang berkembang biak dengan cara bertelur.

Para arkeolog telah menemukan fosil echidna dan memperkirakan hewan tersebut telah ada sejak 17 juta tahun yang lalu. Mereka pun tidak mengalami banyak evolusi karena wujudnya masih sangat mirip dengan nenek moyangnya.

Sayang sekali, echidna kini termasuk hewan yang sangat terancam punah menurut data dari IUCN. Hal ini dikarenakan echidna adalah hewan yang penyendiri, sering diburu, dan punya banyak predator.

4. Burung kasuari

10 Hewan Zaman Prasejarah Ini Masih Hidup sampai Sekarangkids.sandiegozoo.org

Kasuari, hewan yang banyak ditemukan di Papua ini juga sudah lama mendiami Bumi. Jika dilihat-lihat, anatomi tubuh mereka sangat mirip dengan velociraptor, dinosaurus yang bergerak dengan dua kaki. Tak heran, kasuari memang sudah hidup sejak 60 juta tahun yang lalu.

Walaupun tampak biasa saja, ternyata kasuari termasuk hewan yang agresif. Mereka akan menyerang siapa pun yang mengganggunya dengan tanduknya yang keras dan cakar-cakarnya yang tajam.

5. Chinese giant salamander

10 Hewan Zaman Prasejarah Ini Masih Hidup sampai Sekarangnewscientist.com

Chinese giant salamander atau salamander raksasa Tiongkok ternyata juga datang dari zaman dinosaurus. Menurut fosil yang ditemukan arkeolog, hewan air ini sudah berenang-renang di perairan sejak 170 juta tahun yang lalu.

Tak heran, salamander yang satu ini memiliki tubuh begitu besar, seperti amfibi prasejarah. Mereka bisa tumbuh hingga 1,8 meter. Sayangnya, Chinese giant salamander kini sudah jarang terlihat dan terancam punah. Sebab masyarakat sekitar sering memburunya untuk digunakan sebagai obat tradisional.