Comscore Tracker

Merinding, 8 Reptil Laut Mengerikan di Zaman Dinosaurus!

Lebih besar daripada paus dan lebih ganas daripada buaya

Hewan paling populer di masa prasejarah tak bisa dimungkiri, apalagi kalau bukan dinosaurus. Reptil raksasa tersebut memang menguasai Bumi di saat manusia dan makhluk lainnya belum terlahir. Namun hal ini hanya berlaku di daratan. Lautan di masa prasejarah memiliki cerita lain yang menarik untuk dibahas.

Di era tersebut, wilayah perairan Bumi dikuasai oleh para reptil perenang yang tak kalah mengerikan dari dinosaurus. Mereka buas, bertubuh raksasa, lincah, dan bergigi tajam. Walaupun begitu, hewan-hewan tersebut tidak termasuk ke dalam golongan dinosaurus karena anatomi tubuhnya yang berbeda. 

Ingin tahu reptil laut apa saja yang ada di masa prasejarah dan seberapa mengerikannya mereka? Simak penjelasan berikut ini!

1. Pliosaurus

Merinding, 8 Reptil Laut Mengerikan di Zaman Dinosaurus!wixmp.com

Pliosaurus adalah salah satu dinosaurus air yang paling terkenal. Panjang tubuhnya bisa mencapai 12,8 meter dengan berat mencapai 30 ribu kilogram. Mereka memiliki leher yang pendek, kepala yang besar, dan ekor yang lebar. 

Jangan macam-macam jika bertemu raksasa ini. Giginya sangatlah tajam dan kuat. Bahkan kekuatan rahang pliosaurus diperkirakan empat kali lipat dari T-rex. Tak diragukan lagi, merekalah "raja lautan" pada era Jurassic yang berlangsung sekitar 150 tahun lalu. 

2. Nothosaurus

Merinding, 8 Reptil Laut Mengerikan di Zaman Dinosaurus!noidinosauri.it

Makhluk ini merupakan "saudara" dari pliosaurus yang hidup sekitar 230 juta tahun yang lalu. Walaupun penampilannya mirip reptil darat, nothosaurus tidak termasuk ke dalam golongan dinosaurus.

Nama nothosaurus sendiri bahkan memiliki arti "reptil palsu". Sebab tidak ada ilmuwan yang yakin apakah mereka berkembang biak dengan cara bertelur atau melahirkan. Terlebih, nothosaurus sering beristirahat di daratan ketika tidak berburu. 

Walaupun ukurannya hanya 4,5 meter, mereka adalah salah satu reptil laut paling berbahaya di zamannya. Mulutnya dipenuhi gigi yang menonjol dan kuat seperti buaya. Mereka bahkan bisa menggerakkan tubuhnya dengan lincah. 

3. Shastasaurus

Merinding, 8 Reptil Laut Mengerikan di Zaman Dinosaurus!twitter.com/markwitton

Shastasaurus merupakan reptil laut terbesar yang pernah ada di dunia. Tubuhnya bisa tumbuh hingga 21 meter dengan berat mencapai 75  ribu kilogram. Ukuran tersebut bahkan mengalahkan paus biru dewasa, makhluk terbesar di Bumi saat ini. 

Reptil ini hidup di zaman Triassic yang berlangsung sekitar 210 juta tahun yang lalu. Walaupun ukurannya raksasa, dinosaurus ini bukanlah karnivor yang ganas, lho. Mereka hanya memakan ikan-ikan dan makhluk laut berukuran kecil. 

4. Plesiosaurus

Merinding, 8 Reptil Laut Mengerikan di Zaman Dinosaurus!thoughtco.com

Jika di daratan ada brontosaurus, di laut ada plesiosaurus. Kedua makhluk tersebut memiliki dua kesamaan, yaitu badannya yang besar dan lehernya yang begitu panjang, yaitu mencapai 14 meter. Berkebalikan dari hal itu, kepalanya sangat kecil. 

Plesiosaurus merupakan anggota dari plesiosaurus, reptil yang bisa berenang. Mereka hidup sekitar 215 juta tahun yang lalu, sebelum berevolusi menjadi pliosaurus yang berleher pendek. 

Baca Juga: Ngeri, 7 Gambaran Ilmiah Kondisi Bumi jika Matahari Mati

5. Styxosaurus

Merinding, 8 Reptil Laut Mengerikan di Zaman Dinosaurus!newdinosaurs.com

Styxosaurus masih termasuk ke dalam keluarga plesiosaurus. Yang membedakan adalah tubuh mereka ramping sehingga sekilas tampak seperti ular laut yang panjangnya mencapai 10,6 meter. Bahkan saking rampingnya, berat badan mereka hanya mencapai 4 ribu kilogram. 

Walaupun begitu, kamu tidak boleh meremehkan reptil ini. Mereka memiliki mulut yang dipenuhi oleh gigi berbentuk kerucut yang tajamnya seperti pisau. Mereka memangsa ikan, cumi-cumi, dan makhluk laut berukuran kecil lain karena lehernya tak akan mampu menelan hewan besar. 

6. Thalassomedon

Merinding, 8 Reptil Laut Mengerikan di Zaman Dinosaurus!pinimg.com

Thalassomedon memiliki arti "sea lord" atau "raja lautan" dalam Bahasa Yunani. Nama tersebut diberikan karena tubuhnya yang sangat panjang, yaitu mencapai 12 meter. Selain itu, thalassomedon juga merupakan predator yang ditakuti. 

Seperti keluarga plesiosaurus lainnya, thalassomedon memiliki kepala yang kecil, yakni sekitar 73 sentimeter saja. Namun di dalam mulutnya terdapat gigi yang mencuat keluar. Diketahui bahwa reptil yang satu ini merupakan rival dari mosasaurus. 

7. Mosasaurus

Merinding, 8 Reptil Laut Mengerikan di Zaman Dinosaurus!supercurioso.com

Mosasaurus juga merupakan salah satu reptil laut paling terkenal. Ini karena mereka pernah muncul di film Jurassic World. Ukuran tubuh mereka cukup besar, salah satu spesiesnya bisa mencapai panjang 17 meter. 

Yang unik dari mosasaurus adalah tubuh mereka mirip seperti ikan paus, namun mulutnya tampak seperti buaya. Bayangkan, betapa mengerikannya makhluk yang satu ini!

Terlebih, mosasaurus adalah pemakan segala, dari ikan yang kecil hingga besar. Itulah kenapa populasinya bisa bertahan hidup dengan baik, bahkan ada spesiesnya yang hidup di Antarktika dan air tawar. 

8. Liopleurodon

Merinding, 8 Reptil Laut Mengerikan di Zaman Dinosaurus!nocookie.net

Terakhir ada liopleurodon. Salah satu spesies pliosaurus ini tidak sebesar kawan-kawannya. Tubuhnya hanya mencapai panjang 9 meter saja. Walaupun begitu, liopleurodon terkenal agresif, ganas, dan lincah. 

Mereka bisa berenang dengan sangat cepat untuk mengejar mangsa. Pergerakan tersebut juga terbantu oleh indra penciumannya yang bekerja seperti hiu untuk melacak keberadaan mangsanya. 

Itulah sejumlah reptil laut mengerikan yang tak kalah dengan dinosaurus. Merekalah yang menguasai lautan di zaman prasejarah. Hewan-hewan yang ada di masa sekarang pasti tak bisa hidup dengan tenang jika monster-monster tersebut tidak punah!

Baca Juga: Ini 7 Hewan Prasejarah yang Menakutkan Selain Dinosaurus, Tahu Semua?

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya