Comscore Tracker

9 Monster Mikroskopis yang Merugikan Manusia, Lihatnya Bikin Merinding

Lebih seramnya lagi, kamu tak bisa menghindar dari mereka!

Makhluk apa yang paling kamu takutkan di dunia ini? Apakah serangga ataukah hantu? Makhluk tersebut memang menyeramkan, tapi bisakah kamu bayangkan apa jadinya jika karakter keduanya digabungkan?

Ada satu jenis makhluk yang dianugerahi ciri-ciri dari serangga dan hantu sekaligus. Bentuk mereka mengerikan layaknya serangga. Namun di sisi lain, kita tak bisa melihatnya. Ini karena bentuk mereka sangat kecil, hanya bisa tampak jika dilihat dengan mikroskop.

Maka tak heran jika banyak yang menyebutnya sebagai monster mikroskopis. Bukan hanya itu, makhluk-makhluk ini juga merugikan manusia, lho! Siapa sajakah mereka? Simak penjelasannya berikut ini!

1. Kutu rambut

9 Monster Mikroskopis yang Merugikan Manusia, Lihatnya Bikin Merindingpinimg.com

Kutu rambut adalah salah satu parasit paling umum untuk manusia. Mereka hinggap di rambut dan berkembang biak di sana. Namun fatalnya, hewan yang berukuran sangat kecil tersebut suka mengisap darah kita, lho! Alih-alih sakit, kamu hanya merasakan gatal ketika ada kutu di rambutmu. 

2. Bakteri Staphylococcus

9 Monster Mikroskopis yang Merugikan Manusia, Lihatnya Bikin Merindingbritannica.com

Dilansir dari Mayo Clinic, Staphylococcus adalah bakteri yang menyebabkan infeksi staph. Ini merupakan penyakit yang menyerang kulit kita. Namun jika tidak ditangani dengan baik, bakteri akan masuk ke dalam pembuluh darah, tulang, persendian, hingga jantung. 

3. Tungau debu

9 Monster Mikroskopis yang Merugikan Manusia, Lihatnya Bikin Merindingstraitstimes.com

Tahukah kamu bahwa kamu dikelilingi oleh monster seperti gambar di atas? Ia adalah tungau debu. Setidaknya jumlah mereka ada jutaan atau bahkan miliaran. Ukurannya hanyalah seperempat hingga sepertiga milimeter. Namun jangan remehkan mereka, tungau debu dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti batuk, asma, gatal pada kulit, dan lain-lain.

4. Kutu kasur

9 Monster Mikroskopis yang Merugikan Manusia, Lihatnya Bikin Merindingfuturecdn.net

Apakah kamu sadar bahwa kamu tidak pernah sendirian ketika tidur? Kamu selalu “ditemani” dengan kutu kasur. Mereka adalah serangga sangat kecil yang senang hinggap di tempat tidur, bantal, guling, sofa, dan bahkan boneka. 

Serangga ini aktif ketika malam tiba. Mereka akan menggigitmu untuk mendapatkan darah. Tak seperti nyamuk, kutu kasur bisa hinggap di tubuh kita selama tiga hingga sepuluh menit, lho! Gigitannya pun berbekas, ia akan terlihat seperti benjolan kemerahan.

Baca Juga: Tak Disangka, 10 Hewan Ini Sering Menunjukkan Perilaku Homoseksual

5. Tungau pipih

9 Monster Mikroskopis yang Merugikan Manusia, Lihatnya Bikin Merindingagresearchmag.ars.usda.gov

Tungau nampaknya sangat suka hidup berada dekat manusia. Spesies berikutnya bernama flat mite atau tungau pipih. Dilansir dari PC Mag, monster tersebut hanya berukuran 0,2 milimeter. Sama seperti kawan-kawannya, gigitan tungau pipih akan menimbulkan benjolan kemerahan di kulit kita.

6. Peacock mite

9 Monster Mikroskopis yang Merugikan Manusia, Lihatnya Bikin Merindinginsider.si.edu

Sekilas, makhluk yang satu ini terlihat sangat unik dan mungkin indah dalam waktu yang bersamaan. Tubuhnya yang berwarna kemerahan dipenuhi dengan antena berbulu. Namun jangan salah, di balik penampilannya yang unik, peacock mite merupakan hama bagi tanaman jeruk.

7. Soybean cyst nematode (SCN)

9 Monster Mikroskopis yang Merugikan Manusia, Lihatnya Bikin Merindingwikimedia.org

Hewan yang terlihat seperti ular ini tidak akan menyerang manusia. Namun mereka adalah hama yang mematikan untuk tumbuhan kedelai. SCN menyerang tumbuhan tersebut dengan cara menggerogoti akar. Tercatat bahwa kerugian yang ditimbulkan hama ini bisa mencapai US$500 juta setiap tahunnya, menurut data dari APSNet.

8. Kumbang karpet cokelat

9 Monster Mikroskopis yang Merugikan Manusia, Lihatnya Bikin Merindingpinimg.com

Kumbang karpet cokelat memiliki nama latin Attagenus smirnovi. Hewan yang satu ini tidak sepenuhnya mikroskopis. Kita masih bisa melihatnya, ukuran dewasa kumbang tersebut bisa mencapai 2,5 sentimeter. Seperti namanya, makhluk yang satu ini adalah hama untuk karpet, bulu, wol, dan kain-kain tebal lainnya.

9. Tungau demodex

9 Monster Mikroskopis yang Merugikan Manusia, Lihatnya Bikin Merindingungexau.com

Tak seperti kawan-kawannya, tungau demodex adalah spesies yang hidup di kulit manusia, tepatnya pada wajah kita. Mereka tertarik dengan minyak alami yang dikeluarkan oleh pori-pori wajah. Dilansir dari BBC, ketika mati, tubuh demodex akan meledak beserta dengan kotoran yang dibawanya. Iya, tepat di atas wajah kita. Ew!

Wah, mengerikan sekali, ya! Untung saja kita tak bisa melihat mereka. Untuk meminimalkan kontak dengan mereka, pastikan untuk selalu membersihkan diri dan lingkungan sekitarmu, ya!

Baca Juga: Gak Hanya di Film, Ini 7 Kasus Nyata Hewan Balas Dendam pada Manusia

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You