Comscore Tracker

Kucing 101: Suka Kasih Sayang, Ini 12 Ras Kucing Paling Ramah di Dunia

Cocok untuk kamu yang suka peluk-peluk kucing

Layaknya manusia, setiap ras kucing memiliki kepribadiannya masing-masing. Dilansir dari The Nest, terdapat tiga kepribadian dasar yang membedakan mereka, yaitu bergantung pada rasa ingin tahu, kestabilan mood, dan tingkat keramahannya. 

Kali ini, kita akan membahas kucing apa saja yang paling ramah, baik kepada manusia atau pada hewan lainnya. Kucing yang ramah biasanya sangat suka berinteraksi, bersosialisasi, dan tidak ragu dalam mengungkapkan kasih sayang pada manusianya. 

Kucing 101: Suka Kasih Sayang, Ini 12 Ras Kucing Paling Ramah di Duniagiphy.com

Nah, ingin tahu ras kucing apa saja yang termasuk? Kira-kira si imut di rumahmu ada dalam daftar gak, ya? Yuk, simak berikut ini!

1. Sphynx

Kucing 101: Suka Kasih Sayang, Ini 12 Ras Kucing Paling Ramah di Duniaanimalespedia.com

Don’t judge the book by its cover. Kucing yang satu ini memang punya penampilan yang garang, tetapi ternyata mereka memiliki sifat yang penyayang. Bahkan studi dari Journal of Veterinary Behaviour tahun 2012 menobatkan Sphynx sebagai kucing paling ramah nomor satu di dunia. 

Sphynx adalah people pleaser, mereka hidup untuk menyenangkan manusianya. Kucing yang berasal dari Mesir ini tak ragu untuk memeluk, bermain, dan “mengobrol” denganmu. Sphynx juga bukanlah kucing yang high maintenance. Maka dari itu, sebagai imbalannya, berikan kasih sayang sebesar mungkin untuk mereka, ya!

2. Persia

Kucing 101: Suka Kasih Sayang, Ini 12 Ras Kucing Paling Ramah di Duniamedium.com

Kucing Persia adalah ras yang populer dipelihara di Indonesia. Bulunya panjang, lebat, dan berhidung pesek. Walaupun ekspresinya terlihat grumpy, mereka sebenarnya menyukai manusia kok. Ras kucing ini pun tidak rewel sehingga sangat cocok dipelihara oleh keluarga. 

Disadari atau tidak, kucing Persia sangat suka dielus dan dibelai. Mereka pun tak ragu untuk mengusapkan kepalanya ke arahmu. Cara membuat Persia senang adalah dengan memangkunya di kakimu.

3. Abyssinian

Kucing 101: Suka Kasih Sayang, Ini 12 Ras Kucing Paling Ramah di Duniapets4life.com.au

Mengutip Purina, Abyssinian memiliki julukan “teman yang kamu inginkan dalam wujud manusia”. Julukan itu diberikan karena ras kucing ini sangatlah loyal kepada majikannya.

Aby akan selalu menyambutmu setiap kamu pulang, ikut “membantumu” mengerjakan pekerjaan rumah, hingga memelukmu saat tidur. Dengan semua kasih sayang yang dipancarkannya, tidak mungkin ada manusia yang tega membenci Abyssinian.

4. Scottish Fold

Kucing 101: Suka Kasih Sayang, Ini 12 Ras Kucing Paling Ramah di Duniapets4homes.co.uk

Scottish Fold adalah kucing yang terkenal dengan wajah imutnya. Telinga yang terlipat ke bawah memberikan kesan menggemaskan. Ternyata mereka juga sangat ramah kepada manusia, lho

Dilansir dari Purina, bahkan bisa dibilang saat-saat membahagiakan untuk mereka adalah saat berada di sisi majikannya. Mereka selalu ingin mengikuti aktivitasmu dan tak menyadari bahwa kamu berbeda dengannya. Itulah kenapa jangan larang mereka saat sedang ingin dekat denganmu, ya!

5. Maine Coon

Kucing 101: Suka Kasih Sayang, Ini 12 Ras Kucing Paling Ramah di Dunia1freewallpapers.com

Maine Coon adalah kucing terbesar di dunia. Mereka bisa tumbuh hingga satu meter dan berbobot hingga 11 kilogram. Selain dikenal karena tubuh jumbonya, Maine Coon juga dikenal dengan sifatnya yang ramah. 

Kucing ini suka bersosialisasi, berinteraksi, dan bermain dengan manusianya. Mereka juga ramah terhadap anak-anak sehingga cocok dipelihara oleh keluarga. Kamu harus sering mengajaknya beraktivitas, ya!

6. Ragdoll

Kucing 101: Suka Kasih Sayang, Ini 12 Ras Kucing Paling Ramah di Duniamedium.com

Ragdoll adalah kucing yang berasal dari California, Amerika Serikat. Mereka memiliki perawakan yang besar tapi anggun. Kucing ini memiliki julukan “puppy cat” atau kucing anjing. Sebab mereka memiliki sifat yang mirip seperti anjing. 

Ragdoll sangat suka pelukan, mereka selalu minta untuk dipangku sampai kakimu kesemutan. Jangan ragu untuk mengelus dan mengajaknya bermain karena itulah sumber kebahagiaan mereka. 

Baca Juga: Kucing 101: 5 Jenis Kucing yang Telinganya Lebar, Gemas Maksimal

7. Siam

Kucing 101: Suka Kasih Sayang, Ini 12 Ras Kucing Paling Ramah di Duniaeyeem.com

Kucing Siam merupakan ras kucing yang elegan sekaligus pintar. Tak hanya itu, mereka juga dijuluki sebagai “life of the party”. Maka jangan heran jika kamu sering mendengarnya mengoceh. Siam memang sangat suka mengajak manusianya “mengobrol”. 

Itu juga menjadi alasan kenapa kucing ini sangat benci ditinggal sendirian. Sebaiknya, titipkan dia kepada keluarga atau tetangga saat kamu bepergian, ya! Jika tidak, mereka akan stres.

8. Bombay

Kucing 101: Suka Kasih Sayang, Ini 12 Ras Kucing Paling Ramah di Duniapetsfeed.co

Kucing Bombay dikenal dengan bulu hitamnya yang menawan dan kepribadiannya yang ramah. Mereka sangat suka bersosialisasi dan berinteraksi dengan siapa pun, termasuk hewan lain. Kucing ini bahkan tidak ragu untuk langsung bermain dengan orang asing.

Dilansir dari Vet Street, Bombay sangat menyukai perhatian dan kasih sayang. Maka dari itu, sering-sering ajak mereka main dan dudukkan mereka di pangkuanmu. Jika kamu tidak memberinya perhatian, mereka tidak ragu merecoki semua aktivitasmu.

9. Exotic Shorthair

Kucing 101: Suka Kasih Sayang, Ini 12 Ras Kucing Paling Ramah di Duniapets4homes.co.uk

Exotic Shorthair berbagi kepribadian yang sama dengan Persia karena keduanya berasal dari ras induk yang sama. Mereka sangat kalem, tenang, tetapi sangat suka bermain dengan manusianya. 

Tak hanya itu, Exotic Shorthair juga loyal dan tidak akan meninggalkanmu sendirian. Mereka sangat layak mendapatkan predikat salah satu kucing paling penyayang di dunia. 

10. Chartreux

Kucing 101: Suka Kasih Sayang, Ini 12 Ras Kucing Paling Ramah di Duniapetsfeed.co

Jika kamu mencari kucing yang tenang dan sopan, Chartreux adalah jawabannya. Ras yang satu ini bisa menjaga sikap seakan-akan mereka telah dilatih untuk melakukannya. Chartreux tidak mengganggumu ketika menjalankan aktivitas.

Mereka akan menunggumu pulang dan menyambutmu dengan ramah. Walaupun begitu, kamu harus sering mengecek kondisinya karena mereka tidak banyak “mengoceh” bahkan saat sakit sekalipun.

11. Burma

Kucing 101: Suka Kasih Sayang, Ini 12 Ras Kucing Paling Ramah di Duniatwitter.com/virgili7

Burma adalah kucing dengan rasa penasaran yang sangat besar. Itulah kenapa banyak yang mengecapnya sebagai kucing usil. Padahal mereka hanya melampiaskan rasa ingin tahunya saja. 

Mereka sering kali menengok isi lemarimu dan mengintip apa yang sedang kamu buka di handphone.Walaupun begitu, Burma sangatlah penyayang. Mereka akan selalu menemanimu kapan pun dan di mana pun. Namun kamu harus ingat bahwa Burma juga pencemburu. Kucing ini akan terganggu ketika kamu lebih memerhatikan hal lain ketimbang mereka.

12. Russian Blue

Kucing 101: Suka Kasih Sayang, Ini 12 Ras Kucing Paling Ramah di Duniapixfeeds.com

Jika kucing lain sangat terbuka dengan orang asing, hal ini tidak berlaku untuk Russian Blue. Mereka lebih menjaga jarak karena tidak nyaman.

Namun sikap tersebut akan berubah 180 derajat saat mereka sedang bersama majikannya. Kamu harus siap memberikan pangkuan dan elusan nonstop untuk mereka, ya!

Kucing 101: Suka Kasih Sayang, Ini 12 Ras Kucing Paling Ramah di Duniagiphy.com

Itulah sejumlah ras kucing dengan kepribadian paling ramah di dunia. Apakah kucingmu masuk ke daftar di atas?

Baca Juga: Kucing 101: 6 Fakta Serengeti, Kucing Lucu yang Berpenampilan Liar

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya