Comscore Tracker

Ini 7 Sosok Ayah Terbaik di Dunia Hewan, Sangat Peduli dengan Anaknya!

Mereka rela berkorban untuk kepentingan anaknya

Menjadi seorang ayah adalah pekerjaan yang tidak mudah dan sering kali kurang dihargai. Pasalnya mengasuh anak biasa dikaitkan dengan perempuan atau sosok ibu. Padahal peran ayah dalam hal ini juga tidak kalah penting. Iya, kan?

Tidak hanya manusia saja yang memiliki sosok ayah yang selalu dibanggakan di hidupnya. Para hewan juga tak mau kalah lho! Sejumlah spesies memiliki sosok ayah terbaik yang rela berkorban demi kepentingan anaknya. Hewan apa sajakah itu? Simak berikut ini!

1. Ayah singa selalu memastikan keluarganya aman dari segala ancaman

Ini 7 Sosok Ayah Terbaik di Dunia Hewan, Sangat Peduli dengan Anaknya!desibucket.com

Seperti di film Lion King, singa jantan memiliki peran untuk melindungi anak-anak dan sang betina. Mereka tidak akan tidur ketika keluarganya sedang beristirahat untuk berjaga-jaga. Ketika ini terjadi, jangan macam-macam dengannya ya!

Singa dikenal memiliki penglihatan lima kali lebih tajam daripada manusia. Dilansir dari Animal Planet, mereka juga bisa mendengarkan suara langkah kaki yang jaraknya lebih dari tiga kilometer darinya.

2. Penyabar adalah kata yang tepat untuk menggambarkan ayah penguin

Ini 7 Sosok Ayah Terbaik di Dunia Hewan, Sangat Peduli dengan Anaknya!irishmirror.ie

Penguin jantan dan betina memiliki pembagian peran yang unik. Setelah si betina bertelur, mereka akan memberikannya ke si jantan. Dari situ, para ayah harus menjaga telur dengan menaruhnya di antara kedua kaki agar tetap hangat. Sementara sang ibu harus berkelana untuk mencari makanan selama lebih dari sebulan. 

Selama mengerami telur, ayah penguin tidak makan dan minum. Mereka memanfaatkan cadangan makanan yang tersimpan di dalam lemak tubuhnya. Selain itu, mereka juga tidak boleh membiarkan telurnya jatuh dari kaki.

3. Kuda laut jantan melahirkan anak-anaknya

Ini 7 Sosok Ayah Terbaik di Dunia Hewan, Sangat Peduli dengan Anaknya!ytimg.com

Kuda laut adalah hewan yang terkenal dengan proses berkembang biaknya yang unik. Setelah sang betina bertelur, ia akan memasukkannya ke dalam tubuh kuda laut jantan. Dilansir dari National Geographic, mereka memiliki kantong khusus yang dapat digunakan untuk mengerami hingga 2.000 telur sekaligus. Setelah 25 hari, bayi akan menetas di dalam perut dan keluar dengan sendirinya.

Baca Juga: 7 Pasang Hewan yang Terlihat Seperti Kembar, padahal Sebenarnya Tidak

4. Ayah burung rhea mengasuh anak-anaknya hingga dua tahun

Ini 7 Sosok Ayah Terbaik di Dunia Hewan, Sangat Peduli dengan Anaknya!bushsnobinafrica.com

Rhea adalah burung dari Amerika yang terlihat seperti burung unta. Pejantan biasanya kawin dengan beberapa betina dalam waktu yang sama. Namun ternyata ia sudah siap dengan konsekuensi dari tindakan tersebut.

Dilansir dari Animal Planet, mereka berperan untuk mengerami dan membesarkan anak-anaknya sendiri tanpa bantuan si betina. Rhea jantan dapat menginkubasi 50 telur sekaligus. Setelah itu, mereka akan membesarkan dan melindungi anak-anaknya hingga berusia dua tahun.

5. Ayah gorila suka mengajak main anak-anaknya

Ini 7 Sosok Ayah Terbaik di Dunia Hewan, Sangat Peduli dengan Anaknya!zooborns.com

Tubuh dan wajah yang seram ternyata tidak menggambarkan kepribadian gorila yang sebenarnya. Primata berukuran besar tersebut ternyata dapat membesarkan anaknya dengan baik. Hal ini tidak hanya berlaku untuk sang ibu saja, ayah gorila juga memiliki peran yang besar di dalamnya.

Laman Primate Info Net mengatakan bahwa ayah gorila sangat senang mengajak anaknya bermain, layaknya manusia. Entah dengan menggelitiki tubuh, dan cara-cara lain yang hanya diketahui mereka. Selain itu, ayah gorila juga menjadi sosok teladan bagi anak-anaknya lho!

6. Serangga air raksasa membawa telurnya di atas punggung ke mana pun ia pergi

Ini 7 Sosok Ayah Terbaik di Dunia Hewan, Sangat Peduli dengan Anaknya!wikimedia.org

Giant water bug atau serangga air raksasa dapat disebut sebagai spesies serangga yang menjadi sosok ayah terbaik bagi anaknya. Setelah berkembang biak, sang betina akan menempelkan telurnya di atas punggung pejantan dengan cairan seperti lem. 

Dilansir dari IFL Science, telurnya bahkan dapat mencapai 150 butir dalam satu waktu. Setelah itu, sang ayah akan terus membawanya ke mana saja hingga beberapa minggu. Sangat berdedikasi ya!

7. Rubah merah jantan mencarikan makanan dan mengajari anaknya cara bertahan hidup

Ini 7 Sosok Ayah Terbaik di Dunia Hewan, Sangat Peduli dengan Anaknya!animalstime.com

Sosok ayah terbaik yang terakhir jatuh pada rubah merah. Sebagian besar spesies ini monogami, atau hanya memiliki satu pasangan seumur hidupnya. Karena itu, biasanya sang jantan sangat berdedikasi dalam merawat keluarga kecilnya.

Setelah melahirkan, rubah merah betina akan terus berada di sarang bersama dengan anak-anak hingga beberapa bulan. Sang ayah memiliki peran sebagai pencari makanan. National Wildlife Federation menyatakan bahwa mereka bahkan harus kembali dengan makanan setiap empat hingga enam jam sekali. 

Ketika anak sudah bisa keluar dan berjalan-jalan, rubah merah jantan akan tetap melindungi dan bermain bersamanya. Tidak cukup sampai di situ, mereka bahkan mengajarkan cara hidup dengan menyuruh anaknya menemukan makanan yang ia sembunyikan di sekitar sarang.

Wah ternyata ayah-ayah hewan pun dapat mengasuh anaknya dengan baik ya! Mereka patut mendapatkan pengakuan dan diacungi jempol nih. Yuk teladani dedikasi mereka!

Baca Juga: 7 Hewan Paling Sadis di Alam Liar, Suka Membunuh dengan Sangat Kejam

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You