Comscore Tracker

5 Fakta British Longhair, si Kucing Imut dengan Kecerdasan Tinggi

Mereka termasuk ras campuran

Cat lovers, tahu gak sih kalau di antara banyaknya ras kucing, ada satu ras yang bernama British longhair? Ras ini ternyata merupakan ras campuran, lho. Berbulu panjang dan padat, mereka ternyata mempunyai tingkat kecerdasan yang mengagumkan dan juga usia hidup yang dapat mencapai 18 tahun.

Untuk lebih lengkapnya, simak lima fakta mereka berikut ini, yuk!

1. Keturunan dari kucing British shorthair dan Persia

5 Fakta British Longhair, si Kucing Imut dengan Kecerdasan TinggiEuropetnet.org

Walau memiliki nama yang hampir mirip, British longhair nyatanya bukan versi berbulu panjang dari British shorthair. Keduanya mempunyai struktur wajah, tubuh, serta tempramen yang berbeda.

Menurut Daily Paws, kucing ini adalah ras campuran antara British shorthair dan Persia dan diakui oleh TICA (The International Cat Association) pada tahun 2009. Persilangan dua kucing populer itu terjadi pada awal abad ke-20 dengan tujuan untuk menghasilkan kucing dengan rambut yang lebih panjang.

Penampilan mereka sangat khas. Dengan ras campuran antara kucing berbulu padat dan kucing berbulu panjang, British longhair mempunyai pipi bulat, mata besar, serta bulu yang padat dan mengkilap. Berat badan British longhair sekitar 4-6 kg untuk betina dan 8 kg untuk jantan.

Tak sedikit yang menyebut mereka juga cocok dinamai kucing semi-longhair sebab panjang bulu mereka bervariasi mulai dari sedang hingga panjang. Tak seperti kucing lain, mantel mereka mudah kusut dengan warna-warna yang berbeda, yakni hitam, coklat, putih, abu-abu, atau keemasan.

2. Cukup cerewet dan mudah penasaran

5 Fakta British Longhair, si Kucing Imut dengan Kecerdasan TinggiAnimalchannel.co

Kucing ini mempunyai rasa penasaran yang cukup tinggi, terutama terhadap barang-barang pribadi milik tuannya. Dengan suara yang khas, mereka akan sering mengeluarkan meongan ketika merasa kepo dan ingin mencari perhatian.

3. Dikenal pemalas

5 Fakta British Longhair, si Kucing Imut dengan Kecerdasan TinggiEuropetnet.org

British longhair termasuk kucing yang tidak banyak bergerak. Mereka akan menjadi sosok yang kurang aktif seiring dengan bertambahnya usia mereka. Oleh sebab itu, jika ingin melihat mereka aktif bermain, mereka perlu disediakan mainan dan benda-benda pemicu gerak seperti cat trees atau scratching post.

Baca Juga: 5 Fakta Kucing Berkepala Datar, Kucing Unik yang Suka Makan Tumbuhan

4. Cerdas dan hanya memerlukan perawatan minim

5 Fakta British Longhair, si Kucing Imut dengan Kecerdasan TinggiBelleayr.com

Dalam hal perawatan, British longhair tidak membutuhkan banyak hal. Mereka hanya perlu pembersihan gigi, kuku, dan disisir secara rutin. Perawatan ini harus ditingkatkan saat musim gugur sebab di musim tersebut, bulu mereka akan menebal (demi persiapan datangnya musim dingin).

Berdasarkan keterangan dari laman viovet.co.uk, tingkat kecerdasan kucing ini sangat tinggi sehingga tak perlu mengarahkan dengan jelas bagaimana cara menggunakan litter box kepada mereka.

5. Cocok untuk dijadikan teman di berbagai lingkungan

5 Fakta British Longhair, si Kucing Imut dengan Kecerdasan TinggiKittywise.com

British longhair merupakan hewan yang ramah. Mereka tidak akan ragu untuk menunjukkan sikap mereka itu kepada anak-anak, orang asing, maupun hewan peliharaan lain, terang laman cattime.com. Karena sifat mereka yang pemalas, mereka dapat tinggal di berbagai lingkungan meskipun akan mudah mengalami pertambahan berat badan ketika tinggal di dalam ruangan. 

Bagaimana menurutmu? Walau mageran, kucing British longhair ternyata cerdas banget! Tingkat kemageran yang tinggi itulah yang membuat kecerdasan dari kucing ini jarang diketahui. Berminat untuk menjadikan si imut ini sebagai hewan peliharaan? Siapkan dulu kocek sekitar 11-16 juta ya!

Baca Juga: Kucing 101: Mengenal Jenis Ashera, Kucing Termahal di Dunia

Jeon JK Photo Verified Writer Jeon JK

Cat lovers~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya