Comscore Tracker

Kucing 101: Kucing Somali, Si Moodmaker yang Tampilannya Mirip Rubah

Mereka saudaraan lho sama kucing Abyssinian! 

Saat ini, jenis kucing berbulu panjang sudah semakin dikenal secara luas. Termasuklah salah satunya yaitu kucing Somali yang merupakan saudara dari kucing Abyssinian. Agar dapat mengenal kucing semi long-hair yang satu ini secara lebih dalam, simak enam faktanya berikut.

1. Mempunyai sejarah yang cukup panjang

Kucing 101: Kucing Somali, Si Moodmaker yang Tampilannya Mirip RubahCats.lovetoknow.com

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kucing Somali merupakan saudara kandung dari kucing Abyssinian. Pembeda yang cukup mencolok di antara kedua kucing tersebut adalah bulu, yang mana bulu kucing Somali sangat panjang, melebihi bulu saudaranya.

Tidak ada catatan khusus yang membenarkan asal-usul kucing Somali, namun menurut laman thehillspet.com, saat ini sudah ada bukti genetik yang menunjukkan bahwa kucing Somali berasal dari daerah pantai Samudra Hindia dan Asia Tenggara serta merupakan hasil perkawinan silang antara kucing Abyssinian dengan jenis kucing berbulu panjang.

Perkawinan silang ini terjadi karena pada tahun 1950-an terdapat program pemuliaan kelahiran kucing berbulu panjang. Namun, alih-alih menjadi primadona, gen resesif yang dimiliki oleh kucing Somali justru sempat dianggap tidak menarik oleh kalangan peternak hingga sekitar tahun 1960-an.

Dikutip dari cattime.com, para pedagang Inggris dan Belanda adalah orang-orang yang berkemungkinan membawa kucing bernama Zula. Kucing ini menjadi awal (nenek moyang) bagi munculnya jenis kucing Somali. Para pedagang Inggris dan Belanda membawa mereka dari pelabuhan di beberapa daerah Asia termasuk India dan Indonesia.

Saat itu, populasi kucing Abyssinian sangat terancam, sehingga jalan keluar yang dapat dipilih adalah dengan mengawinkan jenis yang masih ada dengan kucing lain yang berbulu panjang. Hasil dari kawin silang ini memiliki warna baru dan gen rambut panjang, yaitu kucing Somali seperti yang kita kenal saat ini.

2. Memiliki penampilan yang mirip dengan rubah

Kucing 101: Kucing Somali, Si Moodmaker yang Tampilannya Mirip RubahCats.lovetoknow.com

Kucing Somali termasuk kucing yang berukuran sedang. Mereka biasanya memiliki berat badan 2,7-4,5 kg. Kepala mereka dipenuhi oleh bulu yang sangat lebat dan juga telinga yang besar, sehingga tak jarang penampilan mereka ini kerap disamakan dengan rubah.

Pada bagian sekitar mata, warna mereka cukup gelap dan itu membuat mereka tak kalah menawan dari kucing-kucing eksotis. Di bagian tengah dahi mereka pun tak kalah unik, karena hampir semua dari mereka mempunyai pola ‘M’ pada bagian tersebut.

Untuk warna tubuh secara keseluruhan, kucing Somali memiliki jenis yang beragam, mulai dari biru, coklat kekuningan, hingga merah. Bulu mereka memang panjang tapi tidak akan mudah rontok seperti kucing lainnya.

Kepanjangan bulu ini tak hanya menutupi seluruh tubuhnya, tetapi juga bagian ekor. Bagian yang satu itu sangat lebat dan biasanya mempunyai sentuhan warna hitam.

3. Cakarnya sangat kuat!

Kucing 101: Kucing Somali, Si Moodmaker yang Tampilannya Mirip RubahFrontrangeabyssinianssomalis.com

Keunikan yang dapat ditemukan pada kucing Somali adalah cakarnya. Layaknya monyet yang sangat terampil membawa berbagai makanan sambil melompati pohon dengan lengan-lengannya, kucing Somali pun juga mempunyai jari-jari kaki yang begitu kuat. Jari-jari mereka bahkan bisa memegang sebuah benda seperti manusia.

Oleh karena itu, jangan heran apabila melihat mereka bisa membuka dan menutup lemari seenaknya, atau bahkan menyalakan keran air dengan mudah.

Baca Juga: Kucing 101: 10 Ras Kucing dengan Bulu Paling Lebat, Nyaman Dipeluk!

4. Rusuhnya minta ampun!

Kucing 101: Kucing Somali, Si Moodmaker yang Tampilannya Mirip RubahPetful.com

Kucing Somali merupakan kucing yang aktif. Aktif dalam hal ini benar-benar playful karena tingkat pergerakan mereka berada di level yang sangat tinggi. Mereka bisa menjadi sosok yang tidak bisa diam, sehingga sudah menjadi hal biasa apabila mereka merecoki kegiatan majikannya setiap hari.

Menurut situs catcaster yang berisi komunitas pecinta kucing, mereka akan bertengger di kulkas saat majikannya memasak, mereka akan duduk di wastafel ketika majikannya akan mandi, mereka bahkan bisa sibuk sendiri di atas meja saat majikannya sedang belajar atau bekerja di depan laptop.

Meskipun begitu, kucing Somali adalah teman yang baik. Mereka mampu mengimbangi energi yang dihasilkan oleh anak-anak dan hewan peliharaan lainnya. Mereka menyukai ketinggian dan juga sangat cerdas. Jadi, tidak perlu khawatir jika ingin memelihara mereka karena mereka tidak akan lelah untuk diajak bermain.

5. Mudah dirawat

Kucing 101: Kucing Somali, Si Moodmaker yang Tampilannya Mirip RubahFrontrangeabyssinianssomalis.com

Perawatan untuk kucing jenis ini tergolong mudah. Bulu panjang mereka tak mudah rontok, jadi, tak perlu terlalu khawatir dengan kondisi kebersihan mereka. Cukup sikat gigi mereka sekali sehari, potong kuku mereka secara rutin, dan bersihkan telinga mereka agar mereka nyaman dalam beraktivitas.

6. Mau memelihara? nabung dulu yuk!

Kucing 101: Kucing Somali, Si Moodmaker yang Tampilannya Mirip RubahVetstreet.com

Jika kamu berniat memelihara kucing Somali, ada baiknya kamu ikhlas untuk merogoh kocek dalam jumlah fantastis. Hal ini dikarenakan harga kucing yang dapat mencapai usia harapan 11-16 tahun itu biasa dibandrol sebesar 14-21 juta rupiah per kitten.

Itulah enam fakta yang dimiliki oleh kucing Somali. Yuk, nabung kalau memang mau mempunyai satu yang seperti mereka!

Baca Juga: Kucing 101: 6 Fakta Serengeti, Kucing Lucu yang Berpenampilan Liar

Jeon JK Photo Verified Writer Jeon JK

Cat lovers~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya