Comscore Tracker

Sering Bikin Salah Paham, Ini 5 Perbedaan Ikan Gergaji dan Hiu Gergaji

Mirip tapi sebenarnya berbeda jauh! #IDNTimesScience 

Apakah kalian tahu atau pernah mendengar ikan gergaji (sawfish) maupun hiu gergaji (sawshark)? Kedua hewan ini sebenarnya adalah kelompok ikan bertulang rawan (Chondrichthyes), sama seperti hiu dan pari-pari. Satu hal yang sama-sama menjadi ciri khas hiu gergaji dan ikan gergaji adalah adanya rostrum atau "moncong" panjang yang memiliki sederet "taring" pada masing-masing sisinya.

Fakta tersebut seringkali dijadikan acuan untuk menyamakan sawfish dan sawshark secara belaka. Umumnya, mungkin masih banyak yang mengira ikan-ikan ini adalah sama, atau hanya sekadar memiliki alternatif. Nyatanya, terdapat cukup banyak faktor yang menyebabkan kedua Chondrichthyans tersebut terpisah dan sama sekali tidak dapat disamakan. Ingin tahu apa saja perbedaan kedua ikan yang sebenarnya sama-sama belum begitu populer ini? Berikut ini adalah ulasan singkatnya!

1. Ikan gergaji sebenarnya termasuk keluarga pari-pari

Sering Bikin Salah Paham, Ini 5 Perbedaan Ikan Gergaji dan Hiu Gergajiikan gergaji di akuarium (pixabay.com/PublicDomainPictures)

Masih sangat jarang yang menyadari bahwa ikan gergaji adalah salah satu jenis pari-pari dari keluarga Pristidae. Sebenarnya, ikan pari-pari terdiri dari banyak sekali kelompok dan spesies, salah satunya keluarga hiu gergaji yang memiliki fitur unik yakni kemiripan bentuk tubuh seperti hiu.

Maka dari itu, sawfish terkadang sering disebut pari gergaji sebagai nama alternatif oleh para ilmuwan. Di sisi lain, sawshark adalah kelompok ikan hiu dari famili Pristiophoridae. 

2. Ikan gergaji memiliki insang di bagian bawah tubuh

Sering Bikin Salah Paham, Ini 5 Perbedaan Ikan Gergaji dan Hiu Gergajifoto perut ikan gergaji (eol.org)

Karena sesungguhnya merupakan pari-pari, ikan gergaji memiliki salah satu struktur anatomi tubuh seperti ikan pari pada umumnya, yaitu insang yang berlokasi di bagian bawah atau perut tubuh.

Di sisi lain, hiu gergaji adalah hiu sejati sehingga memiliki sepasang insang yang berada di sisi kanan dan kiri badan seperti biasanya. Perbedaan ini dapat dicermati secara fisik.

Baca Juga: Unik, 6 Hewan Ini Tampak Seperti Gabungan Dua Jenis Hewan Berbeda

3. Hiu gergaji memiliki ukuran 'taring' yang tidak beraturan di moncongnya

Sering Bikin Salah Paham, Ini 5 Perbedaan Ikan Gergaji dan Hiu Gergajiperbedaan "moncong" hiu gergaji (atas) dan ikan gergaji (bawah) (eol.org)

Telah diulas sebelumnya bahwa hiu gergaji dan ikan gergaji sama-sama memiliki moncong yang dipenuhi dengan "taring atau duri" sehingga terlihat seperti gergaji . Moncong tersebut, atau rostrum dalam bahasa ilmiah, berfungsi untuk "menggali" mangsa di dasar laut, menyabet atau "memotong" ikan-ikan kecil yang berkelompok sangat besar, medeteksi medan magnetik bumi karena adanya elektroreseptor (ampullae of Lorenzini) pada permukaan rostrum, serta kemungkinan bertahan dari serangan hewan lain.

Salah satu hal yang membedakan sawfish dan sawshark adalah letak dan ukuran duri-duri pada rostrum. Moncong sawfish memiliki duri yang berjarak cukup teratur dan ukurannya kurang lebih sama rata. Namun, duri pada moncong sawshark memiliki jarak yang berantakan satu sama lain dan ukuran yang sama sekali tidak rata.  

4. Hiu gergaji memiliki 'sungut' 

Sering Bikin Salah Paham, Ini 5 Perbedaan Ikan Gergaji dan Hiu Gergajiilustrasi tradisional hiu gergaji (eol.org)

Salah satu faktor pembeda hiu gergaji dari ikan gergaji adalah adanya "sungut" atau "kumis" pada rostrum. Sesungguhnya, "sungut" tersebut merupakan salah satu organ tambahan khas yang umumnya disebut dengan barbel (bukan benda untuk angkat besi).

Kegunaan atau fungsinya bagi hiu gergaji masih belum sepenuhnya diketahui, tapi kemungkinan sebagai organ "peraba" atau pendeteksi sama seperti fungsi dasar barbel pada ikan-ikan lainnya.

5. Ikan gergaji berukuran jauh lebih besar daripada hiu gergaji

Sering Bikin Salah Paham, Ini 5 Perbedaan Ikan Gergaji dan Hiu Gergajihiu gergaji (eol.org)

Selain beberapa disimilaritas antara sawshark dan sawfish yang telah dijelaskan di atas, ukuran badan yang sangat kontras juga dapat menjadi faktor pembanding. Hiu gergaji ternyata memiliki ukuran rata-rata yang sangat kecil, yaitu hanya mencapai sekitar 1,3 - 1,5 meter. Akan tetapi, ikan gergaji yang mengejutkan mampu bertumbuh hingga sepanjang 7 meter! 

Sekarang, sudah terlihat bukan ciri-ciri hiu gergaji dan ikan gergaji yang menyebabkan keduanya sama sekali tidak bisa disamakan? Kedua ikan yang menarik ini sebenarnya terancam karena aktivitas destruktif manusia. Sebagai sebuah contoh, jumlah ikan gergaji yang ada di Indonesia, seperti di Papua, menurun drastis sehingga dibentuklah suatu organisasi konservasi yang melindungi ikan tersebut. 

Baca Juga: 5 Hewan Unik yang Mendapat Sebutan 'Buaya', Ada Burung Buaya

Juan A. Soedjatmiko Photo Verified Writer Juan A. Soedjatmiko

Mohon maaf apabila terdapat kesalahan informasi atau kata dalam artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya