Comscore Tracker

Terisolasi di Sebuah Pulau di Mediterania, Ini 5 Fakta Peradaban Minoa

'Kecil' tapi sangat berpengaruh dan tersohor!

Peradaban Minoa adalah peradaban maju di Benua Eropa yang sudah berkembang pesat sejak sekitar abad ke-20 SM. Berpusat di Pulau Kreta (sekarang masuk wilayah Yunani) di Laut Mediterania, peradaban ini nampaknya terlihat tidak begitu berpengaruh atau penting mengingat lokasinya hanya sebatas di sebuah pulau. Kenyataannya, Peradaban Minoa sangat maju dalam banyak sektor dan menjadi kontributor bagi peradaban-peradaban selanjutnya di daratan Eropa.

Komunitas Minoa memiliki budaya, seni, dan arsitektur yang sangat orisinal dan bahkan menjadi inspirasi bagi beberapa budaya lainnya. Dari ulasan singkat yang telah dipaparkan sebelumnya, apakah ingin mengenal peradaban ini lebih dalam? Berikut ini adalah beberapa fakta Peradaban Minoa yang menjadikannya unik!  

1. Peradaban maju tertua di Eropa

Terisolasi di Sebuah Pulau di Mediterania, Ini 5 Fakta Peradaban Minoapithos, barang peninggalan Peradaban Minoa (pixabay.com/Yolanda)

Diakui oleh banyak ilmuwan ternama, Peradaban Minoa adalah peradaban pertama/tertua di Benua Eropa yang sesungguhnya sudah ada sejak sekitar tahun 3000 SM. Dua alasan penyebutan peradaban adalah komunitas Minoa mempunyai literasi yang tinggi, sistem sosial yang maju, dan kesenian yang tidak pernah ditemukan di luar Pulau Kreta.

Periode peradaban Zaman Perunggu ini umumnya dibagi menjadi tiga, yaitu era Awal, Pertengahan, dan Akhir. Peradaban ini mulai rontok pada pertengahan milenium ke-2 SM kemungkinan sebagai akibat dari munculnya suatu peradaban besar dan baru di daratan Yunani. 

2. Memperoleh nama dari seorang raja berdasarkan mitologi kuno

Terisolasi di Sebuah Pulau di Mediterania, Ini 5 Fakta Peradaban Minoacontoh patung mitologi Yunani Kuno (pixabay.com/chabotphoto)

Peradaban Minoa memperoleh namanya dari Raja Minos dari Kreta, seorang tokoh besar dan penguasa legendaris Kreta dalam mitologi Yunani Kuno. Salah satu putra Dewa Zeus ini juga diyakini sebagai penemu sistem kode hukum Kreta, sehingga Minos menjadi salah satu tokoh yang sangat dihormati.

Sebenanya, pemberian nama Raja Minos untuk sebuah peradaban besar di Pulau Kreta ditetapkan oleh Sir Arthur Evans, seorang arkeolog dari Inggris yang melakukan penggalian pertama di sana pada awal abad ke-20.

3. Membangun banyak istana dan menciptakan karya seni yang indah

Terisolasi di Sebuah Pulau di Mediterania, Ini 5 Fakta Peradaban Minoareruntuhan Istana Knossos di Pulau Kreta (pixabay.com/davestem)

Telah disebutkan bahwa Peradaban Minoa menghasilkan beragam karya seni yang eksklusif di pulau mereka. Memang benar bahwa penduduk di sana memproduksi mahakarya arsitektur, patung, gerabah keramik, dan lukisan indah yang bewarna-warni. Salah satu dari beberapa arsitektur khas Minoa adalah Istana Knossos, bangunan bersolek yang juga menjadi pusat administrasi, politik, perdagangan, dan agama bagi masyarakat kuno Kreta.

Patung dari perunggu dan lukisan Minoa menggambarkan dengan detail beberapa kegiatan ritual yang dijalankan penduduk di sana pada waktu itu, meskipun belum diketahui apa sebenarnya kepercayaan masyarakat Minoa.

Selain itu, fresko (teknik melukis di dinding) buatan Minoa penuh dengan harmoni warna yang seringkali menggambarkan binatang (baik di darat atau laut) dan tumbuhan sekaligus habitatnya. Hal ini secara tidak langsung menyimpulkan bahwa orang-orang di sana mencintai laut dan mengagumi alam semesta.

Baca Juga: 5 Peradaban Tua di Kolombia, Semuanya Jatuh setelah Kedatangan Eropa

4. Bahasa tertulisnya dinamakan 'Linear A'

Terisolasi di Sebuah Pulau di Mediterania, Ini 5 Fakta Peradaban MinoaBahasa Linear A dari Minoa (worldhistory.org)

Salah satu alasan Peradaban Minoa dianggap maju adalah memiliki bahasa sehari-hari yang dituliskan pada bongkahan-bongkahan batu, yang masih selamat sampai hari ini. Bahasa ini dinamakan Linear A karena bentuk "kaligrafinya" yang adalah kombinasi garis-garis linear dan sederhana. Sayangnya, bahasa misterius ini belum berhasil ditafsirkan sampai sekarang.

5. Penemu olahraga ekstrem 'lompat banteng'

Terisolasi di Sebuah Pulau di Mediterania, Ini 5 Fakta Peradaban Minoafresko kuno olahraga lompat banteng khas Minoa (ancient-origins.net)

Salah satu tradisi atau kesenian yang mungkin paling orisinil dari Pulau Kreta pada era Peradaban Minoa adalah olahraga "lompat banteng". Dari beberapa teori yang diajukan, salah satu prosedur olahraga ekstrem ini yang umum adalah, secara singkat, dimulai dengan seorang pemain akrobat yang memegangi tanduk banteng, kemudian melakukan salto ke depan dan diakhiri dengan posisi berdiri di punggung banteng.

Meskipun melibatkan hewan asli, olahraga ini tidak menyakiti atau bahkan membunuh banteng, berbeda dengan olahraga matador dari Spanyol yang mungkin jauh lebih populer.

Berdasarkan lima fakta yang telah diulas, Peradaban Minoa memiliki identitas yang unik serta informasi yang krusial bagi budaya dan kesenian Eropa mula-mula. Tentu saja masih ada fakta Minoa lainnya yang semakin menguatkan keistimewaan peradaban ini. Wilayah cakupan mungkin cukup kecil, tapi tidak dapat dimungkiri bahwa pengaruh Minoa sangat besar! 

Baca Juga: 5 Benda Ini Ternyata Sudah Ada Sejak Zaman Kuno

Juan A. Soedjatmiko Photo Verified Writer Juan A. Soedjatmiko

Mohon maaf apabila terdapat kesalahan informasi atau kata dalam artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya