Comscore Tracker

Peneliti Temukan Tato Figuratif Tertua Dunia pada Tubuh Mumi

#SainsSeru: Orang zaman dulu keren juga nih

Ilmuwan dan peneliti dari London, Inggris, pada hari Kamis (01/03/2018) menyatakan bahwa mereka berhasil menemukan sebuah tato figuratif tertua di dunia pada tubuh 2 orang yang telah di mumifikasi pada zaman Mesir Kuno. Kebetulan juga mereka mendapatkan bukti tato dari dua jenis gender yang berbeda. Baik pihak laki-laki maupun perempuan, keduanya memiliki ciri khas tato figuratif masing-masing, seperti yang dilansir oleh Reuters.

1. Dari lambang hewan seperti babi hutan dan domba barbar, hingga motif garis berbentuk huruf S

Peneliti Temukan Tato Figuratif Tertua Dunia pada Tubuh Mumideccanchronicle.com

Tato figuratif yang ditemukan pada kedua mumi ini terlihat berbeda antara satu dengan lainnya. Untuk laki-laki, terlihat sebuah noda tinta berwarna hitam pada lengan bagian atas yang bentuknya menyerupai hewan babi liar dan domba Barbar. Sedangkan di pihak perempuan, noda tinta berwarna hitam tidak hanya terletak di lengan atas, tetapi juga meliputi bahunya. Berbeda dari pihak laki-laki, tato figuratif yang dimiliki mumi perempuan tersebut hanya menggambarkan suatu motif atau pola yang bentuknya menyerupai huruf S.

Penilitian kedua mumi ini yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Oxford, sebetulnya sudah menemukan bukti tersebut sejak tahun 2017 dengan menggunakan fotografi inframerah. Hanya hasil jurnal mereka baru saja diterbitkan pada 1 Maret 2018 lalu.

Menurut hasil penelitian, peneliti menganggap bahwa tato figuratif yang tergambar pada tubuh perempuan melambangkan, keberanian atau pengetahuan magis, sementara tato laki-laki membentuk simbol kejantanan dan kekuatan. 

2. Mumi yang berasal dari Mesir sebelum masa Firaun Pertama

Peneliti Temukan Tato Figuratif Tertua Dunia pada Tubuh MumiNewsela.com

Hasil jurnal yang telah diterbitkan oleh pimpinan penelitian Antoine dan Renee Friedman, menuliskan bahwa mumi yang mereka teliti ini berasal dari Kota Gebelein, sekitar 40 km di Selatan Kota Luxor Modern. Kedua tubuh mumi ini telah di mumifikasi sekitar pada tahun 3351 hingga 3017 sebelum masehi, dan baru digali dari dalam tanah 100 tahun yang lalu.

Jika melihat dari pada masa mumifikasi kedua manusia ini, terlihat dengan jelas bahwa penanggalan ini masih terlampau sangat jauh sebelum kekuasaan Raja Firaun Pertama yang menyatukan seluruh wilayah Mesir. Baik segala bukti dari bentuk tato figuratif yang tergambar dengan baik pada kedua tubuh mumi tersebut, hal ini membuktikan bahwa bukti tato figuratif pertama di Benua Afrika menunjukkan umur yang cukup fantastis yaitu, 1000 tahun.

3. Perkembangan penemuan-penemuan yang mempunyai nilai sejarah tinggi

Peneliti Temukan Tato Figuratif Tertua Dunia pada Tubuh Mumidiscovermagazine.com

Peneliti dari seluruh dunia sudah sering menemukan penemuan-penemuan penting bernilai sejarah yang sangat tinggi, seperti mumi, barang peninggalan kerajaan kuno, dan lainnya. Mereka berlomba untuk menemukan dan membuktikan hipotesis baru mengenai peninggalan barang tertua di dunia sehingga dapat mengukir sejarah baru.

Untuk penemuan mumi dengan tato figuratif geometris seperti ini tentu sangat mengejutkan banyak pihak, terutama peneliti arkeolog peradaban Mesir kuno. Walaupun begitu penemuan baru ini belum dapat mengalahkan mumi tato figuratif tertua di dunia yaitu Otzi, yang dinyatakan hidup sekitar 5.300 tahun yang lalu. Otzi yang dimumifikasi, ditemukan oleh peneliti awet dengan baik di Pegunungan Alps pada tahun 1991. 

Karl Gading S. Photo Verified Writer Karl Gading S.

History Lovers and International Conflict Observer....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya