Comscore Tracker

Mengenal Dalmatian, Anjing Pintar yang Punya Popularitas Mendunia

Di era 90an anjing ini hits banget, kamu pelihara juga?

Kalau kamu termasuk dalam generasi 90an pasti sudah gak asing lagi dengan jenis anjing pintar yang satu ini. Yas, Dalmatian adalah tokoh utama dalam film besutan Disney yang tayang pada tahun 1996.

Anjing berwarna putih dengan bintik hitam di sekujur tubuhnya tersebut berhasil menjadi artis dan diminati para pecinta hewan. Hampir 20 tahun berlalu, kini Dalmatian masih disukai dan menempati ruang tersendiri bagi banyak orang. 

Buat kamu yang masih asing dengannya, yuk kenalan sama Dalmatian!

1. Mereka lahir tanpa titik hitam di tubuh

Mengenal Dalmatian, Anjing Pintar yang Punya Popularitas Menduniadogslife.com.au

Anjing Dalmatian terkenal dengan bintik hitamnya yang sangat khas. Tapi tahu gak sih jika ternyata anjing ini lahir tanpa bintik hitam lho di tubuhnya. Seekor bayi Dalmatian punya tubuh berwarna putih dan bintik hitamnya akan muncul di bulan pertama mereka hidup. Gak tanggung-tanggung bintik hitam ini akan tersebar ke seluruh tubuhnya hingga ke dalam rongga mulut Dalmatian!

2. Sebagian besar Dalmatia menderita ketulian

Mengenal Dalmatian, Anjing Pintar yang Punya Popularitas Menduniafineartamerica.com

Kamu jangan heran ketika Dalmatian yang kalian pelihara tak kunjung menyauti panggilan layaknya anjing pada umumnya. Karena sebagian besar Dalmatian terlahir mengalami ketulian. Ini disebabkan oleh kurangnya melanosit yang berfungsi sebagai produsen sel melanin akibat pertumbuhan bintik hitam di sekitar tubuh Dalmatian.

3. Anjing pintar yang bisa melakukan berbagai hal

Mengenal Dalmatian, Anjing Pintar yang Punya Popularitas Menduniadogbreedslist.info

Dalmatian bukan sekedar berpenampilan cantik namun anjing ini juga pintar. Mereka dapat menjalankan tugas sebagai pemadam kebakaran yang membantu menenangkan hewan-hewan lain yang panik di lokasi kejadian. Dalmatian juga bisa dijadikan anjing penjaga, anjing pendamping bagi anak-anak hingga anjing pemburu. 

Baca Juga: 8 Penyakit Mematikan pada Anjing, bahkan Ada yang Gak Bisa Disembuhkan

4. Asal-usul Dalmatia yang misterius

Mengenal Dalmatian, Anjing Pintar yang Punya Popularitas Menduniaholidogtimes.com

Ada pengertian yang menyebutkan Dalmatian berasal dari salah satu daerah di Kroasia yang juga bernama Dalmatia. Anjing ini adalah anjing perang yang digunakan sebagai penjaga pasukan. Namun ada fakta lain yang juga membenarkan bahwa anjing ini datang dari pasukan Mesir Kuno karena bulu berbintiknya ditemukan di wilayah sekitar pemakaman pasukan Mesir Kuno.

5. Sempat mengalami popularitas sekaligus bencana bagi rasnya

Mengenal Dalmatian, Anjing Pintar yang Punya Popularitas Menduniapetsworld.in

Saat film 101 Dalmatians ditayangkan permintaan pasar terhadap hewan peliharaan ini meroket. Banyak orang yang jatuh cinta dengan kesetiaan dan cerdasnya Dalmatian. Namun sayangnya anjing yang diminati di era 1990-2000an ini berujung menyedihkan. Banyak pengadopsi yang tidak bertanggung jawab dan menelantarkan Dalmatian yang membuatnya harus mengalami krisis populasi selama beberapa saat.

6. Tidak membutuhkan banyak pelatihan untuk merawat Dalmatian

Mengenal Dalmatian, Anjing Pintar yang Punya Popularitas Menduniaresearchbreeder.com

Nah, kabar baik buat kamu yang mau memelihara Dalmatian guys. Berkat otak cerdasnya Dalmatian tidak membutuhkan banyak pelatihan khusus. Mereka memiliki nalar yang tajam sehingga saat merawatnya kalian hanya perlu mengajak jalan setiap pagi atau sore hari saja. 

Menggemaskan banget ya si anjing Dalmatian tadi? Kamu tertarik gak untuk memeliharanya guys?

Baca Juga: 7 Jenis Anjing yang Betah di Rumah dan Gak Suka Menggonggong

Keenanthy Photo Community Writer Keenanthy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You