Comscore Tracker

Australia Kebakaran dan Jakarta Banjir, 8 Cara Jaga Kelestarian Bumi

Lakukan #climateaction sekarang

Bumi merupakan tempat hidup satu-satunya bagi kita. Menjaga kelestarian bumi tentulah suatu kewajiban. Kondisi planet biru saat ini sangat memprihatinkan. Api membara disatu sisi dan sisi lainnya terdapat genangan air dimana-mana.

Banyak orang mengatakan hal semacam ini sebagai salah satu akibat perubahan iklim yang ekstrem. Jika memang ini benar, maka kita harus secepatnya bertindak. Selanjutnya akan dibahas beberapa cara mengurangi akibat perubahan iklim ekstrem yang dapat kalian lakukan.

1. Habiskan makananmu

Australia Kebakaran dan Jakarta Banjir, 8 Cara Jaga Kelestarian Bumiunsplash.com/Ali Inay

Dilansir laman unilever.com, sisa makanan dapat menyumbang sebanyak 8 persen dari total gas rumah kaca dan emisi gas buang. Sekitar 1milyar ton CO2 dapat dikurangi jika kita semua bekerjasama mengurangi sisa makanan dengan menghabiskan makanan yang kita pesan maupun kita masak dan juga bijak dalam membeli dan mengolah bahan makanan yang ada.

2. Makan lebih banyak sayur-mayur, buah, dan kacang-kacangan

Australia Kebakaran dan Jakarta Banjir, 8 Cara Jaga Kelestarian Bumipexels.com/EllaOlsson

Menurut timeforchange.org satu sapi dapat mengasilkan 70-120kg metana setiap tahun. Gas metana merupakan salah satu gas rumah kaca yang dapat mengakibatkan perubahan iklim yang ekstrem. Fakta unik gas metana lainnya yaitu gas ini 23kali lebih besar efeknya dalam perubahan iklim dibanding CO2.

Dikarenakan efek negatifnya yang sangat besar dalam perubahan iklim, saat ini banyak gerakan mengurangi makan daging. Sebagai gantinya kita dapat memakan sayur, buah, dan kacang-kacangan sebagai sumber protein. Kegiatan ini nantinya juga akan membantu memmperbaiki kualitas udara karena tanaman juga menghasilkan O2.

3. Hemat energi

Australia Kebakaran dan Jakarta Banjir, 8 Cara Jaga Kelestarian Bumipexels.com/BurakK

Listrik di Indonesia masih banyak dihasilkan dari tenaga nuklir maupun uap. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir membutukan suhu tinggi untuk membelah atom. Suhu tinngi ini diperoleh dari pembakaran batu bara yang nantinya juga dapat dijadikan PLTU.

Batu bara tentulah sumber energi tidak dapat diperbarui begitu pula atom yang digunakan dalam reaksi nuklir. Meskipun menggunakan panel surya dan PLTAngin maupun PLTAir, komponen pembuatnya tetaplah logam seperti tembaga dan alumunium yang juga tidak bisa diperbarui lagi. Jadi bijaklah dalam menggunakan energi tak terbarukan ini.

Baca Juga: Helena Gualinga, Aktivis Suku Amazon yang Melawan Perubahan Iklim

4. Buang dan daur ulang sampah dengan bijak

Australia Kebakaran dan Jakarta Banjir, 8 Cara Jaga Kelestarian Bumipexels.com/VladislavVasnetsov

Sampah menjadi momok baik negara maju maupun negara berkembang. Limbah eletronik jika diolah dengan baik, dapat menghasilkan keuntungan tersendiri karena dalam membuat logam elektronik terdapat logam mulia seperti emas, perak, dan paladium.

Pendaur ulangan kertas dan plastik secara bijak juga sangat diperlukan. Mengingat kertas saat ini banyak digunakan sebagai alternatif plastik dan plastik sangat sukar terurai.

5. Hemat air

Australia Kebakaran dan Jakarta Banjir, 8 Cara Jaga Kelestarian Bumipexels.com/Kaboompics.com

Air yang tersimpan didalam tanah haruslah digunakan secara baik-baik terutama pada musim kemarau. Dapat dilihat di Australia, pada musim kemarau ini, terjadi kekeringan yang sangat kering dan panas sehingga terjadi kebakaran dan kemungkinan juga bisa menyebabkan kekurangan air. Ditakutkan setiap bagian dunia akan mengalami hal yang sama saat musim kemarau. Sehingga menjaga ketersediaan air didalam tanah adalah wajib bagi setiap makhluk hidup, terutama manusia.

6. Makan beragam jenis ikan

Australia Kebakaran dan Jakarta Banjir, 8 Cara Jaga Kelestarian Bumipexels.com/FrancescoUngaro

Dilansir laman sustainablefisheries-uw.org ikan merupakan sumber protein yang memiliki dampak kecil dan relatif aman pada gas emisi rumah kaca per gram proteinnya. Jika kalian membutuhkan asupan protein besar, kalian dapat memilih ikan ketimbang daging. Banyak mineral yang dibutuhkan tubuh yang terdapat pada ikan seperti omega-3 dan omega-6.

7. Batasi penggunaan plastik

Australia Kebakaran dan Jakarta Banjir, 8 Cara Jaga Kelestarian Bumipexels.com/malimaeder

Seperti yang dibahas diatas, plastik sukar terurai. Plastik yang tertanam didalam tanah dapat menghambat proses penyerapan air. Saat ini plastik sudah dilarang dibeberapa negara maju dan bebreapa daerah di Indonesia.

Kita dapat mengurangi penggunaan plastik dengan membawa kantong belanjaan sendiri atau menggunakan tas ransel. Rasa malu bagaikan plastik yang harus dibuang. Banggalah kalian ketika membawa kantong tersendiri dan bisa menjadi contoh bagi yang lain.

8. Buat lingkunganmu lebih hijau

Australia Kebakaran dan Jakarta Banjir, 8 Cara Jaga Kelestarian Bumipexels.com/Tobi

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi jika tumbuhan akan menyerap CO2 dan gas berbahaya lain dan menghasilkan O2 yang sangat penting bagi kehidupan. Selain mengurangi emisi gas rumah kaca, tanaman dan pohon akan membuat udara lebih sejuk, menyimpan cadangan air lebih banyak, dan menyediakan makanan yang kita butuhkan.

Itulah beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mengururangi akibat perubahan iklim ekstrem. Jika kita semua melakukannya, bukan tidak mungkin jika nantinya iklim akan menjadi normal lagi. Jangan lupa ajak keluarga, teman dan orang-orang di sekitarmu ya!

Baca Juga: 5 Aktivis Lingkungan Muda yang Tangguh, selain Greta Thunberg

Sehida Yumiko Photo Writer Sehida Yumiko

Mencari ilmu pengetahuan sampai bertamu di sarang burung

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya