Peneliti Temukan Danau di Mars

Tanda-tanda ada kehidupan di sana nih?

Roma, IDN Times – Para peneliti menemukan sebuah danau di Planet Mars. Temuan ini menjadi titik terang dan mendukung kuat dugaan adanya kehidupan di planet merah itu. Danau itu ditemukan di bawah tanah di Kutub Selatan Mars. Air terletak 1,5 km di bawah ktub selatan Mars.

Dikutip BBC, Guardian dan CNN, penemuan ini diungkap Italian Space Agency dalam jurnal sains yang diterbitkan Rabu (25/7/2018). Penemuan ini menjadi pertanda jika ada sumber air di planet tetangga bumi ini. Penemuan ini merupakan hasil eksplorasi Nasa Curiosity Rover yang menunjukkan air ada di permukaan Mars di masa lalu. Namun karena iklim planet ini mendingin, air akhirnya terkurung dalam es.

1. Ini wujud air danau yang ditemukan di Mars

Peneliti Temukan Danau di Marsnpr.org

Selama ini, para ilmuwan telah lama mencari tanda-tanda keberadaan air di Mars. Dan penemuan ini menjadi langkah besar dan memberikan kemungkinan adanya kehidupan di luar bumi. Danau di Mars ini ditemukan oleh Marsis, alat radar di atas pengorbit badan antariksa Eropa (ESA). Instrumen radar Marsis memeriksa permukaan atas dan bawah planet dengan mengirimkan sinyal dan merefleksi. Saat memeriksa bagian bawah planet,

para peneliti melihat sesuatu yang tidak biasa 1,5 km di bawah es. Refleksi sinyal tidak seperti biasanya dan menunjukkan adanya tanda-tanda air.

2. Danau diketahui membentang sepanjang 20 km

Peneliti Temukan Danau di Marsbbc.com

Prof Roberto Orosei dari Institut Nasional Astrofisika Italia yang memimpin penelitian mengatakan danau yang ditemukan kemunginan bukanlah danau yang besar. Marsis tidak menemukan seberapa tebal lapisan air dalam danau itu. Namun tim peneliti memperkirakan kedalaman air minimal satu meter. Danau ini diketahui membentang sepanjang 20 km. Osei mengatakan dari penemuan ini diharapkan ada misi untuk mengebor permukaan es yang mengurung danau itu. Sehingga sampel air bisa diambil dan diteliti di bumi.

3. Meski sudah ditemukan danau berisi air, namun para ilmuwan belum bisa memastikan ada kehidupan di planet merah itu.

Peneliti Temukan Danau di Marsnews.sky.com

Penemuan danau ini memang menjadi sebuah penemuan besar. Namun para ilmuwan belum bisa memastikan jika ada kehidupan di sana. Dr Manish Patel dari Universitas Terbuka mengatakan permukaan Mars diketahui tidak ramah terhadap kehidupan. Sehingga pencarian kehidupan Maras masih dilakukan di bawah permukaan. Penemuan air memang menjadi hal yang penting, karena air adala sumber kehidupan. Namun Manish tidak berani memastikan jika ada kehidupan di Mars.

IAKT Photo Verified Writer IAKT