Sisa Fosil Monster Laut Ditemukan di Inggris, Diduga yang Terbesar!

#SainSeru: Fosil ini menunjukkan ada monster laut terbesar di dunia yang pernah hidup di zaman dinosaurus

Sisa-sisa reptil laut raksasa telah ditemukan di Inggris barat daya. Dikenal sebagai ichthyosaurus, hewan ini hidup sekitar 205 juta tahun lalu dengan panjang hingga  85 kaki. Tulang rahang yang ditemukan di Pantai Somerset memberi petunjuk jika hewan ini merupakan spesies raksasa yang pernah beraktivitas di samudera. Makhluk ini menjadi salah satu spesies terbesar yang diketahui pernah hidup di bumi selain paus biru dan dinosaurus.

1. Ini potongan tulang rahang yang ditemukan para pemburu fosil

Sisa Fosil Monster Laut Ditemukan di Inggris, Diduga yang Terbesar!nationalgeographic.com

Diwartakan BBC dan National Geographic, studi mengenai fosil ini diterbitkan di PLOS One, kemarin (9/4/2018). Berbagai buku biologi menyebutkan paus biru kemungkinan menjadi hewan terbesar yang pernah hidup di muka bumi ini. Namun penemuan ini menjadi pertanda jika pernah ada hewan lain yang berukuran lebih besar berenang di lautan bumi.

Ichthyosaurus adalah hewan yang hidup sezaman dinosaurus, dengan bentuk tubuh mirip dengan lumba-lumba. Mereka mencapai keragaman terbesar sekitar 210 juta tahun lalu di Trias akhir. Tetapi beberapa dari mereka bertahan hingga akhir zaman Kapur. Mereka lenyap dari catatan fosil sekitar 25 juta tahun sebelum kepunahan massal yang menyapu bersih dinosaurus non-unggas.

Sebagian besar ichthyosaurus jauh lebih kecil daripada makhluk yang baru ditemukan. Beberapa spesies dalam genus Ichthyosaurus sempat ditemukan di Amerika Serikat. Namun spesies itu hanya memiliki panjang hanya 5 sampai 11 kaki.

2. Saat awal ditemukan, para peneliti kebingungan karena ukuran fosil itu lebih besar dari fosil pada umumnya yang pernah ada

Sisa Fosil Monster Laut Ditemukan di Inggris, Diduga yang Terbesar!bbc.com

Fosil ini ditemukan saat pemburu fosil dan rekan penulis studi Paul de la Salle menyisir pantai di Lilstock, Somerset, Mei 2016. Kala itu mereka menemukan potongan tulang fosil yang besar dan membingungkan. Curiga jika potongan fosil yang ditemukan adalah fosil ichthyosaur, mereka mengirim gambar ke ahli reptil laut Dean Lomax di Universitas Manchester di Amerika Serikat dan Judy Massare di SUNY Brockport di New York.

Pencarian lebih lanjut mengungkapkan lima potongan fosil yang dipasang bersama dann membentuk tulang sepanjang 3,2 kaki, yang diidentifikasi oleh para ilmuwan adalah rahang bawah ichthyosaur. Berdasarkan ukuran tulang, para ilmuwan berpikir ichthyosaur ini lebih besar daripada yang diketahui sains sebelumnya.

Lomax dan Massare melakukan perjalanan ke Alberta, Kanada, untuk meneliti fosil yang jauh lebih lengkap dari Shonisaurus sikanniensis, ichthyosaur sepanjang 69 kaki yang ditemukan pada tahun 2004. Membandingkan fosil baru pada tulang yang sama di rahang Shonisaurus, terungkap jika tulang baru 25 persen lebih besar.

3. Penemuan ini menjadi fakta baru jika pernah ada hewan yang hidup lebih besar dari paus biru di lautan dunia

Lomax mengatakan penemuan itu telah menuntun mereka untuk menafsirkan ulang serangkaian tulang yang ditemukan di dekat desa Aust di Gloucestershire, Inggris. Beberapa yang dikumpulkan pada awal tahun 1850 telah lama ditafsirkan sebagai tulang dinosaurus terestrial tetapi tidak pernah masuk akal karena ukurannya terlalu besar.

Para ilmuwan akhirnya menyadari potongan-potongan tersebut juga termasuk ichthyosaurus raksasa dan mungkin lebih besar dari hewan yang baru diidentifikasi. "Saya menyadari ini adalah ichthyosaur raksasa dan hal terbesar yang pernah ditemukan di Inggris," ujar Lomax.

Darren Naish, seorang paleontolog di Universitas Southampton di Inggris, sependapat jika ukuran semua tulang ini sangat mencengangkan. Dia adalah bagian dari tim yang berbeda yang baru-baru ini memeriksa tulang Aust dan juga menyimpulkan bahwa tulang itu termasuk ichthyosaurus yang sangat besar.

Dia sependapat dengan perkiraan ukuran dari penulis penelitian, dan mengatakan ukuran hewan-hewan ini mendekati atau melampaui berbagai paus raksasa.

IAKT Photo Verified Writer IAKT