Comscore Tracker

10 Fakta Planet Mars, Si Merah yang Jadi Tetangga Terdekat Bumi

Ternyata Mars pernah mengunjungi Bumi kita lho!

Kamu pasti sudah tidak asing dengan planet Mars. Selain mempelajari sedikit tentang planet merah ini dari buku, artikel, atau media lainnya, beberapa dari kita bahkan mungkin sudah pernah melihat planet ini secara langsung di malam hari.

Dengan jarak rata-rata antara Bumi dan Mars yang "hanya" 225 juta km membuat planet merah ini sering menampakkan dirinya di waktu-waktu tertentu. Kehadirannya pun bisa dengan mudah diketahui, karena Mars selalu tampak seperti bintang merah terang jika dilihat dari langit Bumi. Lalu kenapa Mars selalu tampak merah? Berikut ini penjelasan fakta planet Mars yang harus kamu ketahui!

1. Kenapa Mars disebut sebagai planet merah?

10 Fakta Planet Mars, Si Merah yang Jadi Tetangga Terdekat Bumiinstagram.com/nasa

Dibanding dengan planet lain yang selalu terlihat seperti bintang berwarna putih, Mars adalah satu-satunya planet yang berwarna merah di langit malam. Pada dasarnya Mars memiliki permukaan yang dipenuhi dengan bebatuan dan debu dan membuatnya jadi terlihat merah termasuk saat muncul di langit Bumi.

2. Selain "Mars" memiliki banyak nama

10 Fakta Planet Mars, Si Merah yang Jadi Tetangga Terdekat Bumithegolfclub.info

Karena warnanya merah, peradaban kuno seperti Romawi dan Yunani menghubungkannya dengan peperangan juga darah. Orang Yunani menyebut Mars dengan nama "Ayers" yang merupakan nama dewa perang bagi bangsa Yunani Kuno. Sedangkan nama "Mars" sendiri berasal dari nama dewa perang bangsa Romawi.

Selain dua nama di atas, orang Mesir Kuno menyebut planet ini dengan nama "Her Desher" yang berarti merah. Orang Babilonia menyebutnya dengan nama "Nergal" yang berarti bintang kematian. Terakhir, bangsa Ibrani mengenal bintang ini dengan nama "Ma'adim" atau orang yang memerah.

3. Beberapa bagian dari "Mars" pernah mengunjungi Bumi

10 Fakta Planet Mars, Si Merah yang Jadi Tetangga Terdekat Bumitimbimat.com

Sama seperti Bumi, asteroid juga kerap jatuh ke planet Mars. Di jutaan tahun yang lalu, ada beberapa asteroid besar yang berhasil mencapai permukaan Mars dan menyebabkan ledakan yang sangat besar. Sebagian puing jatuh ke permukaan planet, dan ada beberapa juga yang terlontar jauh hingga sampai ke permukaan Bumi sebagai meteorit. 

4. Gunung tertinggi di tata surya berada di Mars

10 Fakta Planet Mars, Si Merah yang Jadi Tetangga Terdekat Bumim.phys.org

Bukan hanya Bumi yang memiliki gunung, Mars pun memiliki gunung di permukaannya. Salah satunya adalah Olympus Mons yang merupakan gunung tertinggi, bukan hanya gunung tertinggi di planet Mars tapi juga gunung tertinggi di tata surya kita. Untuk kamu yang penasaran, Olympus Mons memiliki tinggi tiga kali tinggi gunung Everest. 

5. Satu tahun di Mars sama dengan dua tahun Bumi

10 Fakta Planet Mars, Si Merah yang Jadi Tetangga Terdekat Bumilife.ru

Satu hari di Bumi yaitu 24 jam, di Mars satu hari berlangsung selama 24 jam dan 37 menit. Meski sehari di Mars hanya sedikit lebih lama dari Bumi, satu tahun di Mars nyatanya setara dengan dua tahun Bumi atau tepatnya 687 hari. Penyebabnya karena orbit Mars yang lebih lonjong dari orbit Bumi membuat planet ini membutuhkan waktu lebih lama untuk mengelilingi matahari.

Baca Juga: Manusia Benar-benar Bisa Hidup di Planet Mars Lho, Ini 7 Faktanya!

6. Bukan hanya Bumi, Mars ternyata juga punya air

10 Fakta Planet Mars, Si Merah yang Jadi Tetangga Terdekat Bumiastronomy.com

Selama puluhan tahun, ilmuwan memperdebatkan keberadaan air di planet Mars. Nyatanya, meski memiliki iklim yang kering tapi planet ini memiliki kutub dan lapisan es beku juga uap air pada udaranya. Meski belum terbukti, ilmuwan mencurigai keberadaan air dengan adanya noda atau garis gelap di dinding kawah dan tebing. Kemudian pada tahun 2018, ilmuwan menemukan adanya danau di bawah lapisan es yang berada di kutub selatan planet Mars. 

7. Mars memiliki dua satelit alami

10 Fakta Planet Mars, Si Merah yang Jadi Tetangga Terdekat Bumiaasnova.org

Jika Bumi memiliki bulan sebagai satelit alami, Mars memiliki dua satelit yang bernama Phobos dan Deimos. Phobos dan Deimos diambil dari nama Romawi Kuno. Phobos berarti takut dan Deimos berarti kepanikan.

Tidak seperti bulan yang memiliki tampilan sempurna, kedua satelit di Mars memiliki bentuk yang tidak teratur dan kecil. Meski begitu, keduanya kompak menjaga Mars. Phobos terbit di barat dan terbenam di timur sedangkan Deimos terbit di timur dan terbenam di barat.

8. Dalam waktu dekat planet merah juga akan memiliki cincin

10 Fakta Planet Mars, Si Merah yang Jadi Tetangga Terdekat Buminews.berkeley.edu

Ilmuwan percaya jika dulu, Mars mungkin memiliki lebih dari dua satelit. Tapi planet ini menabrak satelit lain dan membuat mereka terlempar keluar dari orbit. Selain itu keberadaan dua satelit pun mungkin tidak akan berlangsung lama.

Salah satu satelit Mars yaitu Phobos diperkirakan akan menabrak Mars dan hancur dalam waktu 30 sampai 50 juta tahun. Hancurnya Phobos akan membentuk cincin yang mengelilingi Mars namun hanya akan bertahan selama 100 juta tahun.

9. Selain gunung tertinggi, Mars juga memiliki badai yang menakutkan

10 Fakta Planet Mars, Si Merah yang Jadi Tetangga Terdekat Buminewsnation.in

Selain gunung tertinggi, Mars juga memiliki badai debu paling menakutkan di tata surya kita. Badai ini terjadi ketika Mars berada di dekat matahari. Kecepatan angin saat terjadi badai bisa mencapai 125 mil per jam, dan terjadi selama berbulan-bulan hingga akhirnya Mars menjauh dari matahari. 

10. Manusia bisa melompat 3 kali lebih tinggi

10 Fakta Planet Mars, Si Merah yang Jadi Tetangga Terdekat Bumiunsplash.com/Val Vesa

Bumi dan Mars memiliki banyak persamaan, tapi disisi lain keduanya memiliki perbedaan yang cukup besar salah satunya gravitasi. Mars memiliki gravitasi 62% lebih rendah dari Bumi. Dan itulah kenapa planet ini memiliki gunung tertinggi di tata surya tanpa pernah meletus. Ketika seorang bayi lahir di Mars dia akan lebih tinggi beberapa inchi dari bayi yang ada di Bumi. Di Mars, manusia bisa melompat tiga kali lebih tinggi dari apa yang dia lakukan di Bumi. 

Baca Juga: Ini 14 Hal Aneh yang Ditemukan di Permukaan Planet Mars

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah
  • Septi Riyani

Just For You