Comscore Tracker

5 Laba-Laba Paling Berbahaya yang Hidup di Australia 

#IDNTimesScience Salah satunya bisa menyebabkan kematian!

Australia menjadi salah satu tetangga Indonesia yang cukup akrab. Selain dikenal sebagai rumah bagi Suku Aborigin, Australia juga dikenal sebagai rumah dari beragam hewan eksotis. Sayangnya tidak semua hewan asal Australia ramah untuk didekati, dan laba-laba jelas merupakan salah satunya.

Ada banyak spesies laba-laba yang hidup di Australia. Yang berbahaya, beberapa diantaranya dikenal memiliki racun yang bukan hanya ampuh melukai tapi juga membunuh dalam waktu hitungan menit. Dilansir The Culture Trip, berikut lima laba-laba paling berbahaya yang hidup di Australia!

1. Sydney Funnel-Web 

5 Laba-Laba Paling Berbahaya yang Hidup di Australia Sydney Funnel-Web (yates.com.au)

Memiliki ukuran sekitar 1 sampai 5 cm, Sydney Funnel-Web suka tinggal di semak-semak atau hutan lembab di New South Wales, Australia. Laba-laba satu ini dikenal dengan taring tajam yang kuat, dan dapat menembus kulit manusia.

Saat seekor Sydney Funnel-Web berhasil menggigit manusia, mereka akan menyuntikkan senyawa mematikan dalam jumlah banyak yang dapat menyebabkan  kesemutan, mata berair, berkeringat, kejang. Dan jika terus dibiarkan, racun Sydney Funnel-Web akan menyerang sistem saraf, dan menyebabkan kematian hanya dalam waktu 15 menit. Karena kemampuannya ini, tidak heran kalau Sydney Funnel-Web mendapat gelar sebagai laba-laba paling mematikan di dunia.

2. Redback Spider 

5 Laba-Laba Paling Berbahaya yang Hidup di Australia Redback Spider (scmp.com)

Ditemukan di seluruh wilayah Australia, Redback Spider merupakan spesies laba-laba yang paling mudah dikenali. Laba-laba satu ini memiliki ukuran sekitar 1 cm, dengan garis merah di punggung yang menjadi ciri khasnya. Sama seperti Sydney Funnel-Web, Redback Spider juga memiliki bisa beracun.

Namun karena ukuran taringnya yang kecil, bisa beracun mereka jarang mengakibatkan kematian. Meski begitu,  bisa Redback Spider dapat mempengaruhi sistem saraf yang menyebabkan rasa sakit yang parah, berkeringat, tubuh lemas, mual, dan muntah. Biasanya Redback Spider menyukai tempat yang sepi dan tenang seperti kotak pos, dan tempat-tempat terpencil lainnya.

Baca Juga: 5 Fakta Laba-Laba Unta, Hewan Mirip Laba-Laba dengan Banyak Rumor

3. Mouse Spider 

5 Laba-Laba Paling Berbahaya yang Hidup di Australia Mouse Spider (biomedicalsciences.unimelb.edu.au)

Sama seperti dua spesies sebelumnya, Mouse Spider juga masuk dalam daftar laba-laba paling mematikan. Beberapa ahli bahkan percaya jika Mouse Spider memiliki racun yang sama mematikannya dengan Sydney Funnel-Web.

Namun, karena ukurannya hanya berkisar 10 mm hingga 35 mm, jumlah racun mereka sangat sedikit. Karena alasan itu juga, Mouse Spider jarang mengeluarkan bisa yang dia miliki. Mouse Spider dapat ditemukan di seluruh wilayah Australia, namun mereka menghindari wilayah perkotaan dan lebih memilih wilayah pinggiran kota.

4. Trap Door Spider 

5 Laba-Laba Paling Berbahaya yang Hidup di Australia Trap Door Spider (spiderloverpetshop.com)

Kamu bisa menemukan Trap Door Spider di seluruh wilayah Australia. Kebalikan dari Mouse Spider, spesies satu ini justru banyak tinggal di perkotaan. Ukurannya cukup besar yakni sekitar 1,5 hingga 3 cm.

Biasanya ukuran betina lebih besar dari jantan, namun laba-laba jantan-lah yang lebih agresif dan suka menggigit ketika terancam. Gigitan Trap Door Spider memang tidak seberbahaya spesies lain, hanya saja gigitan mereka akan menimbulkan rasa sakit, bengkak, mual dan lesu.

5. White-Tailed Spider 

5 Laba-Laba Paling Berbahaya yang Hidup di Australia White-Tailed Spider (australiangeographic.com.au)

Spesies laba-laba ini bisa ditemukan wilayah perkotaan Australia Selatan. Kabar baiknya, laba-laba mungil yang berukuran 18 mm hingga 28 mm ini lebih suka keluar setelah hari sudah gelap.

Biasanya White-Tailed berburu laba-laba yang berukuran lebih kecil darinya, meski begitu mereka juga tidak akan segan menggigit manusia dan mengeluarkan racun nekrosis jika diganggu. Gigitannya memang tidak sampai membunuh, tapi kamu akan merasa sakit pada bagian tubuh yang digigit, merasa gatal, dan juga perubahan warna kulit yang akan membaik setelah beberapa minggu.

Laba-laba mungkin berukuran sangat kecil, tapi bukan berarti mereka tidak berbahaya sama sekali! Lima laba-laba paling berbahaya yang hidup di Australia ini contohnya. Meski ukurannya kecil, gigitan mereka nyatanya sanggup membuat manusia menderita bahkan menyebabkan kematian.

Baca Juga: 10 Jenis Laba-laba dengan Corak Paling Cantik dan Unik

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya