Comscore Tracker

9 Fakta Unik Tentang Gajah, Hewan Raksasa yang Perasa

Gajah juga bisa sedih ternyata

Berbadan besar, dengan belalai yang panjang menjadi ciri utama gajah. Hewan ini cukup akrab ditelinga manusia, bahkan banyak dari kita yang sudah pernah melihat hewan raksasa satu ini secara langsung baik itu di kebun binatang, sirkus, atau melihat mereka langsung di habitat aslinya.

Gajah saat ini hanya tersisa dua spesies yaitu gajah Afrika dan gajab Asia. Gajah adalah hewan yang luar biasa. Bukan hanya karena bobot tubuhnya yang berukuran besar tapi juga karena mereka hewan yang sangat perasa seperti manusia!

1. Keluarga gajah dipimpin oleh seekor betina

9 Fakta Unik Tentang Gajah, Hewan Raksasa yang Perasaunsplash.com/Harshil Gudka

Berbeda dengan kawanan hewan lain, keluarga gajah justru dipimpin oleh seekor betina. Jangan salah, tidak sembarang betina bisa jadi pemimpin kawanan. Pemimpin yang dipilih adalah mereka yang berusia paling tua, karena semakin tua seekor gajah betina maka akan semakin kuat pengaruhnya dalam sebuah kawanan.

Dalam satu keluarga gajah kamu juga enggak akan pernah menemukan gajah jantan dewasa, karena gajah jantan hanya akan hidup bersama kelompoknya selama 15 tahun sebelum berpisah dengan induknya.

2. Gajah hanya butuh tidur selama 4 jam

9 Fakta Unik Tentang Gajah, Hewan Raksasa yang Perasaunsplash.com/Photos By Beks

Badan gajah memang besar, tapi mereka bukan pemalas. Sementara kita membutuhkan waktu 8 jam untuk tidur, seekor gajah hanya tidur selama 4 jam dalam semalam. Bagi gajah, tidur nyenyak bukanlah hal yang mudah. Mereka jarang sekali tidur sambil berbaring dan mendengkur. Alih-alih tidur nyenyak, kebanyakan gajah justru menghabiskan waktu istirahatnya dengan tidur sambil berdiri.

3. Tapi mereka menghabiskan 16 jam waktunya untuk makan

9 Fakta Unik Tentang Gajah, Hewan Raksasa yang Perasaunsplash.com/Kameron Kincade

Seekor gajah Afrika memiliki berat antara 4.000 sampai 7.000 kg. Sedangkan gajah Asia memiliki berat 3.000 sampai 5.000 kg. Karena ukurannya yang super besar, tidak heran jika seekor gajah makan dalam jumlah banyak. Tidak ada ukuran pasti berapa kilogram makanan yang bisa mereka santap, tapi seekor gajah bisa menghabiskan 16 jam dari waktunya hanya untuk makan.

Baca Juga: 7 Hewan Bertelinga Besar Paling Menakjubkan, Gak Cuma Gajah Lho!

4. Jangan salah, gajah juga punya ingatan yang baik lho!

9 Fakta Unik Tentang Gajah, Hewan Raksasa yang Perasamnn.com

Selain tubuhnya yang besar, otak gajah juga besar. Seekor gajah dewasa memiliki otak seberat 5,4 kg. Dengan otak seberat itu, mereka juga punya ingatan yang bagus bahkan tergolong sebagai hewan yang cerdas. Seekor gajah bisa mengingat gajah atau manusia meski sudah bertahun-tahun tidak bertemu. Bukan hanya itu, ketika diberikan cermin, gajah juga mengenali pantulan dirinya sendiri lho!

5. Sering baper, gajah adalah hewan yang perasa

9 Fakta Unik Tentang Gajah, Hewan Raksasa yang Perasaunsplash.com/Matthew Krizmanich

Gajah boleh saja punya tubuh besar tapi sama seperti manusia, para gajah juga punya perasaan. Ketika seekor betina melahirkan, gajah lain akan menyambut anggota baru mereka dengan bahagia dan saling bahu-membahu dalam menjaga si bayi kecil.

Mereka juga khawatir ketika gajah lain sakit, bahkan menangis ketika salah satu dari kawanannya mati. Saking sedihnya, sekelompok gajah akan memeluk dan menyempatkan diri untuk menatap kawan mereka yang sudah mati selama beberapa jam bahkan berusaha menutupi gajah malang itu dengan tanah dan tumbuhan sebelum pergi meninggalkannya.

6. Gajah betina hamil selama hampir 2 tahun

9 Fakta Unik Tentang Gajah, Hewan Raksasa yang Perasaunsplash.com/Harshil Gudka

Mengandung selama 9 bulan bukan hal yang mudah bagi perempuan. Tapi jika dibandingkan dengan manusia, waktu 9 bulan tidak ada apa-apanya bagi gajah. Seekor gajah betina hanya mengalami masa subur selama beberapa hari. Meski hanya punya waktu beberapa hari untuk kawin, namun seekor gajah betina harus menghabiskan waktu kehamilan yang sangat lama yaitu sekitar 22 bulan akhirnya melahirkan bayi gajah ke dunia.

7. Percaya gak, gajah sebenarnya jago berenang

9 Fakta Unik Tentang Gajah, Hewan Raksasa yang Perasamywonderplanet.com

Kebanyakan dari kita mungkin berfikir, gajah akan langsung tenggelam begitu mereka masuk ke dalam air. Badannya memang besar, tapi jangan salah biar badannya besar, mereka sebenarnya adalah perenang yang sangat baik. Ketika di dalam air, gajah mampu berenang bahkan menggunakan belalainya untuk menyelam. Keren ya?

8. Gajah menggunakan belalainya untuk bersalaman

9 Fakta Unik Tentang Gajah, Hewan Raksasa yang Perasaunsplash.com/Wynand Uys

Gajah adalah hewan yang cukup ramah. Uniknya sama seperti manusia, gajah juga selalu menyapa bahkan bersalaman ketika bertemu dengan gajah asing yang bukan berasal dari kelompoknya. Tentu saja mereka tidak benar-benar mengangkat salah satu kakinya dan bersalaman, melainkan saling mengaitkan belalainya. Mereka bahkan mengeluarkan suara bergemuruh pelan sebagai cara untuk mengatakan "hallo".

9. Kulit gajah juga bisa terbakar matahari

9 Fakta Unik Tentang Gajah, Hewan Raksasa yang Perasaunsplash.com/Jacob Owens

Bukan cuma manusia yang butuh sunscreen atau sunblock untuk melindungi kulitnya dari sinar matahari, tapi juga gajah. Kulit gajah sedikit sensitif dan bisa terbakar sinar ultraviolet. Agar hal itu tidak terjadi, para gajah selalu berusaha mencari tempat teduh untuk istirahat. Mereka juga rajin merawat kulitnya dengan rajin "mengoleskan" lumpur ke kulitnya menggunakan belalai.

Baca Juga: Mengaku Pencinta Gajah? Buktikan dengan Menjawab Kuis Berikut Ini

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You