Comscore Tracker

6 Astronaut NASA yang Pernah Menginjakkan Kaki di Bulan (Part 1)

Neil Armstrong salah satunya!

Kalau ditanya, siapa manusia yang pernah menginjakkan kakinya di Bulan, semua pasti kompak jawab Neil Armstrong. Ya jawabannya sih enggak salah, bener banget malah! Neil Armstrong memang pernah menginjakkan, bahkan jadi manusia pertama yang menginjakkan kakinya di satelit Bumi.

Yang salah adalah ketika kamu beranggapan bahwa Neil Armstrong merupakan satu-satunya astronaut yang pernah menginjakkan kakinya di Bulan. Dilansir universetoday.com, bagi NASA, bulan sebenarnya bukan tempat yang asing karena mereka nyatanya sudah mengirimkan selusin astronaut ke sana. Siapa saja?

1. Neil Armstrong 

6 Astronaut NASA yang Pernah Menginjakkan Kaki di Bulan (Part 1)nasa.gov

Orang lain mengenal Neil Armstrong sebagai manusia pertama yang menginjakkan kakinya di Bulan. Tapi lebih dari itu, Neil Armstrong adalah salah satu orang pertama yang bergabung dengan NASA pada tahun 1952. Awalnya Neil bekerja sebagai pilot penguji, debutnya sebagai astronaut baru dimulai tahun 1966, ketika dia berhasil melakukan perjalanan luar angkasa pertamanya dalam misi Gemini 8.

Atas keberhasilannya itu, Neil Armstrong dipercaya menjadi komandan untuk misi Apollo 11 pada 21 Juli 1969. Yang unik, alih-alih merasa bangga dengan prestasi sebagai manusia pertama di Bulan, Armstrong lebih bangga karena bisa mendarat dengan baik dan membawa kru-nya pulang dengan selamat sampai ke Bumi.

2. Edwin "Buzz" Aldrin 

6 Astronaut NASA yang Pernah Menginjakkan Kaki di Bulan (Part 1)history.com

Kalau Neil Armstrong jadi manusia pertama yang menginjakkan kakinya di Bulan, maka Edwin "Buzz" Aldrin jadi yang kedua. Berbeda dengan Neil Armstrong, Aldrin awalnya ditolak jadi astronaut Apollo 11 karena dia enggak memiliki pengalaman sebagai pilot penguji.

Untungnya, Aldrin berhasil membuktikan kemampuannya dalam misi Gemini 12 dan terpilih jadi astronaut kedua dalam misi Apollo 11. Kini, Buzz Aldrin berusia 91 tahun dan menjadi satu-satunya astronaut Apollo 11 yang masih hidup.

Baca Juga: Dilema Astronaut Muslim, Bagaimana Salat dan Puasa di Luar Angkasa?

3. Charles "Pete" Conrad 

6 Astronaut NASA yang Pernah Menginjakkan Kaki di Bulan (Part 1)wehackthemoon.com

Armstrong jadi yang pertama dan Aldrin jadi manusia kedua, lalu siapa orang ketiga yang berhasil berjalan di permukaan Bulan? Dia adalah Charles "Pete" Conrad. Sebenarnya, Charles merupakan kandidat kuat dalam misi Apollo 11 tahun 1969.

Sayangnya, disleksia membuat namanya dicoret dalam daftar astronaut Apollo 11. Menolak menyerah, Charles kemudian berhasil bertahan di luar angkasa dalam misi Gemini 5. Atas keberhasilannya itu, Charles akhirnya dipilih menjadi salah satu astronaut Apollo 12 bersama dua astronaut lain, bahkan jadi komandan di misi tersebut.

4. Alan Bean 

6 Astronaut NASA yang Pernah Menginjakkan Kaki di Bulan (Part 1)wikipedia.org

Alan Bean adalah seorang mantan pilot angkatan laut Amerika Serikat yang memilih untuk pensiun dini dan bergabung dengan NASA tahun 1963. Tidak menunggu lama, Alan kemudian berhasil masuk sebagai astronaut dalam misi Apollo 12 setelah Charles Conrad dan Richard F Gordon pada 1969.

Sementara Richard F Gordon tetap berada di orbit Bulan, Alan dan Charles Conrad berjalan mengumpulkan batuan Bulan untuk diteliti, yang secara otomatis membuatnya jadi manusia keempat yang menjejakkan kakinya ke Bulan.

5. Alan Shepard 

6 Astronaut NASA yang Pernah Menginjakkan Kaki di Bulan (Part 1)wehackthemoon.com

Neil Armstrong boleh jadi manusia pertama di Bulan, tapi Alan Shepard-lah yang pertama kali menjejaki luar angkasa dengan pesawat Freedom 7 pada 5 Mei 1961. Alan Shepard kemudian terpilih dalam misi Apollo 14 bersama Edgar Mitchell, dan Stuart Roosa pada tahun 1971.

Alan Shepard berhasil melakukan pendaratan paling sempurna di Bulan, dan menghabiskan waktu selama lebih dari 10 jam untuk mempelajari potensi gempa Bulan dengan Peralatan Modular Transporter. Terakhir, Edgar bahkan menyempatkan diri untuk memukul dua bola golf dengan tongkat sampel batuan miliknya sebelum pulang ke Bumi.

6. Edgar Mitchell 

6 Astronaut NASA yang Pernah Menginjakkan Kaki di Bulan (Part 1)wikipedia.org

Orang keenam yang menginjakkan kaki di Bulan bernama Edgar Mitchell. Bersama Alan Shepard dan Stuart Roosa, Edgar bergabung dalam misi Apollo 14 pada 1971. Selain mempelajari gempa Bulan, Edgar Mitchell juga mengumpulkan batuan Bulan untuk dipelajari di Bumi, bahkan berusaha mencapai salah satu kawah yang ada di Bulan.

Sayangnya, Edgar enggak bertahan lama di NASA. Setahun setelah misi Apollo 14 yang berjalan sukses, mantan pilot angkatan udara ini memutuskan untuk pensiun dan mendirikan Institute of Noetic Sciences, sebuah kelompok yang mengeksplorasi peristiwa psikis dan paranormal.

Perjalanan ke Bulan bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Selain perbekalan dan bahan bakar yang terbatas, para astronaut juga melakukan pelatihan agar bisa bertahan dalam misi penting ini.

Baca Juga: 11 Peristiwa yang Mengilhami Terbentuknya NASA

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya