Comscore Tracker

6 Astronaut NASA yang Pernah Menginjakkan Kakinya di Bulan (Part 2)

Siapa mereka?

Satelit tunggal milik Bumi memang tidak pernah berhenti membuat banyak orang penasaran. Dulu, orang bahkan beranggapan bahwa di Bulan ada kehidupan layaknya kehidupan di Bumi. Namun seiring berjalannya waktu, manusia menyadari bahwa Bulan hanyalah sebuah tempat kosong berbatu. Jangankan manusia, bakteri pun tidak bisa hidup di sana.

Ketidakadaan makhluk hidup, rupanya tidak membuat rasa penasaran akan Bulan hilang. Buktinya, badan antariksa dunia sekelas NASA rajin mengirimkan pesawat luar angkasa beserta awaknya ke Bulan selama bertahun-tahun. Bukan hanya Neil Armstrong, mereka bahkan mengirimkan sebelas astronaut lainnya untuk pergi ke Bulan.

Dilansir dari universetoday.com, berikut ini 6 astronaut NASA yang pernah menginjakkan kakinya di Bulan!

1. David Scott 

6 Astronaut NASA yang Pernah Menginjakkan Kakinya di Bulan (Part 2)astronautscholarship.org

Jika kebanyakan astronaut hanya melakukan satu misi Apollo, maka David Scott melakukannya dua kali. David memulai debutnya sebagai astronaut dalam misi Gemini 8 tahun 1963. Tidak menunggu lama, David Scott kemudian kembali ditugaskan dalam misi Apollo 9 untuk mengorbit Bulan.

Misi itu berhasil dengan gemilang, dan untuk itu David Scott kembali dipercaya menjadi bagian dari Apollo 15 pada 30 Juli 1971. David Scott menghabiskan waktu selama 18,5 jam untuk menjelajah sejauh 17 mil dengan menggunakan kendaraan The Lunar Roving Vehicle.

Sayangnya misi Apollo 15 menjadi misi terakhir bagi David Scott dan dua rekannya. Pasalnya, ketiga astronaut ini tertangkap basah menyelundupkan 400 perangko saat ke Bulan dan sebagai hukuman, NASA melarang mereka untuk terbang lagi.

2. James Irwin 

6 Astronaut NASA yang Pernah Menginjakkan Kakinya di Bulan (Part 2)astronautscholarship.org

James Irwin bergabung dengan NASA tahun 1966 setelah mengalami kecelakaan di angkatan udara yang membuatnya hampir kehilangan satu kaki. Pengalamannya sebagai pilot uji coba untuk pesawat militer membuatnya dipercaya sebagai pilot modul untuk misi Apollo 15. Bersama David Scott, James Irwin menjelajah sejauh 18,5 mil selama belasan jam, dan mengumpulkan sampel batuan Bulan.

Satu tahun kemudian, Irwin memutuskan untuk pensiun dari NASA demi kesehatannya, dan mendirikan organisasi keagamaan.

Baca Juga: 5 Fakta SLS, Roket Terkuat NASA untuk Misi-misi Deep Space 

3. John W. Young 

6 Astronaut NASA yang Pernah Menginjakkan Kakinya di Bulan (Part 2)wikipedia.org

Jika David Scott tertangkap menyelundupkan perangko, John W. Young 'diomeli' NASA karena menyelundupkan sandwich kornet dalam misi Apollo 16 pada April 1972. Namun terlepas dari kenakalannya itu, John W. Young adalah astronaut NASA terlama sepanjang sejarah. Dirinya bergabung dengan NASA pada 1962, dan melakukan berbagai misi luar angkasa setelahnya.

Mulai dari Gemini 3 pada tahun 1965, mengorbit Bulan pada misi Apollo 10, menjadi komandan dalam misi Apollo 16 yang membuatnya berhasil menjadi orang kesembilan yang berjalan di Bulan, hingga menjadi orang pertama yang menggunakan modul Skylab. Jika di total, John W. Young menghabiskan 835 jam dalam hidupnya di luar angkasa, sebelum memutuskan pensiun pada tahun 2004 lalu.

4. Charles Duke 

6 Astronaut NASA yang Pernah Menginjakkan Kakinya di Bulan (Part 2)wikipedia.org

Jika suatu saat orang biasa punya kesempatan berkunjung ke Bulan, maka kita akan menemukan sebuah foto keluarga milik Charles Duke di permukaan Bulan. Bergabung dengan NASA pada tahun 1966, Charles Duke sebenarnya merupakan salah satu kandidat kuat untuk misi Apollo 13.

Namun namanya dicoret saat pelatihan karena ia terinfeksi penyakit campak. Sebagai gantinya, Charles Duke ditugaskan untuk misi Apollo 16 bersama John W. Young pada 1972. Saat berangkat, Duke baru berusia 36 tahun dan menjadi astronaut Bulan termuda sepanjang sejarah.

5. Harrison Schmitt 

6 Astronaut NASA yang Pernah Menginjakkan Kakinya di Bulan (Part 2)wikipedia.org

Berbeda dengan kebanyakan astronaut Apollo yang memiliki latar belakang sebagai pilot, Harrison Schmitt adalah seorang ahli geologi yang membantu para kru Apollo selama masa pelatihan. Ketika kongres memotong biaya perjalanan ke Bulan, NASA memutuskan untuk melatihnya menjadi astronaut untuk misi Apollo 17 pada 7 Desember 1972.

Berbeda dengan misi Bulan lain yang hanya berjalan beberapa jam, Harrison Schmitt dan rekannya Eugene Cernan, berhasil mencetak rekor dengan tinggal selama tiga hari di permukaan Bulan, sebelum akhirnya pulang dengan selamat ke Bumi.

6. Eugene E. Cernan 

6 Astronaut NASA yang Pernah Menginjakkan Kakinya di Bulan (Part 2)wikipedia.org

Eugene E. Cerman adalah seorang pilot angkatan udara yang bergabung dengan NASA tahun 1966. Tidak seperti Harrison Schmitt, Eugene memiliki setumpuk pengalaman bekerja dalam berbagai misi luar angkasa milik NASA.

Awalnya dia menjadi kandidat untuk misi Apollo 18, namun karena misi tersebut batal, NASA memasukkannya dalam daftar astronaut untuk Apollo 17  yang membuatnya menjadi manusia terakhir yang menginjakkan kakinya di Bulan.

Apollo 17 menjadi misi Bulan terakhir yang dilakukan oleh NASA. Kabar baiknya, setelah lebih dari lima puluh tahun vakum dari Bulan, NASA akan kembali mengirimkan astronaut ke Bulan pada tahun 2024 mendatang.

Baca Juga: 6 Astronaut NASA yang Pernah Menginjakkan Kaki di Bulan (Part 1)

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya