Comscore Tracker

Terlihat Bersih, 7 Bagian Tubuh ini Ternyata Jadi Sarang Bakteri

Kira-kira bagian tubuh mana yang jadi sarang bakteri?

Selain virus bakteri juga menjadi salah satu penyebab kenapa kita sakit. Meski ukurannya sangat kecil, tapi bakteri ini sulit ditaklukkan. Selain banyak, tapi juga menempel di mana-mana termasuk di tubuh kita.

Menurut boldsky.com, banyak orang berpikir bakteri senang tinggal di tempat kotor. Tapi ternyata mereka juga bisa berkembang biak di tempat bersih, termasuk 7 bagian tubuh ini!

1. Mulut

Terlihat Bersih, 7 Bagian Tubuh ini Ternyata Jadi Sarang Bakteriunsplash.com/Hayes Potter

Menyikat gigi mungkin membuat gigi dan mulut terlihat bersih dari sisa makanan, tapi itu tidak berarti kamu berhasil menyingkirkan bakteri yang hidup di mulut. Ada lebih 600 bakteri di mulut kita, tidak semuanya buruk karena mereka bertugas untuk mengontrol pH di mulut.

Namun bakteri akan berkembang biak lebih cepat ketika mulut kita mengalami infeksi atau ketika mulut kita bau mulut. Jadi pastikan kamu selalu rajin menyikat gigi dan memastikan semua bagian mulut, terutama lidah sudah bersih.

Kamu memang tidak bisa membasmi semuanya, tapi paling tidak kamu bisa mengendalikan pertumbuhannya dengan menyikat gigi secara teratur.

2. Ketiak

Terlihat Bersih, 7 Bagian Tubuh ini Ternyata Jadi Sarang Bakteriunsplash.com/Autri Taheri

Selain mulut, ketiak juga menjadi salah satu bagian tubuh favorit bakteri. Ini karena ketiak adalah salah satu bagian tubuh yang paling lembap, dan bakteri akan lebih cepat berkembang biak di bagian tubuh yang lembap. Tidak tanggung-tanggung, ketiak kita bahkan bisa menampung hingga 80.000 bakteri dan menyebabkan ketiak jadi bau.

Tenang saja, kamu bisa mengusir bakteri itu jauh-jauh kok! Caranya adalah dengan rajin mencukur bulu ketiak, membersihkannya dengan sabun, dan menggunakan deodoran yang aman bagi kulit.

Baca Juga: 8 Bagian Tubuh Ini Tak Disangka Menghasilkan Keringat Terbanyak

3. Telinga

Terlihat Bersih, 7 Bagian Tubuh ini Ternyata Jadi Sarang Bakteriunsplash.com/Samuel Dixon

Banyak orang rajin membersihkan bagian dalam telinga, tapi mereka lupa membersihkan daun telinga dan bagian belakang telinga. Padahal, daun telinga dan bagian belakang telinga juga butuh perhatian. Telinga menghasilkan sebum yang membuat bagian telinga tetap lembap dan itu akan mengundang banyak bakteri untuk tinggal dan berkembang biak.

Agar bakteri tidak terlalu banyak di sana, kamu tidak boleh lupa membersihkan semua bagian telinga saat mandi.

4. Kulit kepala

Terlihat Bersih, 7 Bagian Tubuh ini Ternyata Jadi Sarang Bakteriunsplash.com/averie woodard

Kulit kepala merupakan bagian tubuh yang mudah sekali kotor, apalagi kalau kamu sering beraktivitas di luar ruangan, tepat di bawah sinar matahari langsung. Debu, keringat yang menumpuk membuat kulit kepala kotor, ketombe tumbuh subur, dan mengundang bakteri lebih banyak dari sebelumnya.

Untuk membasminya, kamu bukan hanya harus mencuci rambut secara teratur tapi juga menggunakan shampo yang sesuai dengan jenis rambut.

5. Rongga hidung

Terlihat Bersih, 7 Bagian Tubuh ini Ternyata Jadi Sarang Bakteriunsplash.com/Marina Vitale

Sebagai salah satu organ pernapasan, hidung menghirup udara. Meski tidak terlihat, udara membawa masuk bakteri ke dalam tubuh. Untungnya, hidung dilengkapi dengan bulu-bulu halus yang berfungsi menyaring bakteri dan debu. Tapi, masalahnya jauh dari selesai.

Debu dan bakteri masih bertahan di rongga hidung, dengan keadaan rongga hidung yang penuh lendir dan basah, bakteri akan berkembang biak dengan mudah.

6. Kuku

Terlihat Bersih, 7 Bagian Tubuh ini Ternyata Jadi Sarang Bakteriunsplash.com/Daiga Ellaby

Kuku sebenarnya bukan salah satu bagian tubuh yang kotor. Tapi kuku melalui tangan, menyentuh banyak hal termasuk sarang bakteri. Hal ini diperparah kalau kamu memanjangkan kuku. Kotoran dan debu akan berkumpul di bawah kuku yang panjang, menjadi tempat bakteri untuk tinggal dan berkembang biak.

7. Pusar

Terlihat Bersih, 7 Bagian Tubuh ini Ternyata Jadi Sarang Bakteriunsplash.com/Christopher Campbell

Tidak seperti bagian tubuh lain yang terbuka, pusar adalah bagian tubuh yang hampir selalu tertutupi oleh baju. Tapi itu tidak menghalangi bakteri untuk masuk. Asal kamu tahu, pusar bisa menampung lebih dari 2 ribu bakteri.

Selain orang yang malas mandi, mereka yang memiliki masalah dengan kelebihan berat badan memiliki bakteri yang jauh lebih banyak di pusarnya. Untuk menghalau bakteri, kamu bisa membersihkan pusar dengan menggunakan cotton bud setelah mandi.

Bakteri berukuran sangat kecil, sehingga kamu tidak akan bisa melihatnya. Meski kecil, bakteri bisa jadi penyebab berbagai penyakit berbahaya yang bahkan bisa mengancam nyawa seseorang.

Itulah bagian tubuh kita yang tampaknya sering dilupakan untuk dibersihkan. Yuk, mulai sekarang rajin-rajin membersihkannya, ya biar kita tetap sehat!

Baca Juga: Di 7 Bagian Tubuh Inilah Stresmu Tertimbun, Akhirnya Sakit dan Pegal!

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya