Comscore Tracker

Terlihat Berbeda Jauh, 5 Pasang Hewan ini Ternyata Masih Bersaudara

Kamu bisa tebak salah satunya? #IDNTimesScience

Setiap orang memiliki saudara, entah itu saudara dekat seperti adik atau kakak, atau bisa juga saudara jauh yang bahkan enggak pernah kita ketahui sebelumnya. Hal yang sama ternyata juga berlaku dalam dunia hewan. Yup, kamu gak salah baca kok!

Sama seperti manusia, para hewan juga memiliki saudara. Lebih hebatnya lagi, saudara mereka bukan hanya terbatas pada kawanan, melainkan juga hewan lain yang berasal dari spesies yang berbeda dengannya. Dilansir Bright Side dan berbagai sumber lainnya, berikut lima pasang hewan yang bersaudara. Kamu bisa tebak salah satunya?

1. Paus dan sapi 

Terlihat Berbeda Jauh, 5 Pasang Hewan ini Ternyata Masih Bersaudarailustrasi paus dan sapi (unsplash.com/Thomas Kelley | unsplash.com/Dhruv Mehra)

Paus dan sapi adalah dua spesies hewan yang sangat berbeda. Yang satu hidup di daratan, sedangkan yang lainnya berenang di lautan. Namun siapa sangka, keduanya ternyata berasal dari nenek moyang yang sama.

Nenek moyang sapi dan paus bernama Indohyus atau babi India yang hidup sekitar 50 juta tahun yang lalu di wilayah Asia Selatan. Tidak seperti keduanya, Indohyus adalah hewan kecil dengan panjang sekitar 70 sentimeter.

Mereka hidup di darat. Namun kapan pun Indohyus merasakan bahaya, mereka akan sembunyi ke air. Meski begitu, penelitian menunjukkan bahwa fosil hewan ini memiliki kemiripan rahang dan gigi dengan paus modern dan paus purba yang hidup jutaan tahun yang lalu.

Selain itu, Indohyus diketahui memiliki tonjolan tulang di telinga yang dikenal dengan nama involucrum. Nah, tonjolan yang sama ternyata juga dimiliki paus dan berfungsi untuk mendengar suara di bawah air.

2. Gajah dan manatee

Terlihat Berbeda Jauh, 5 Pasang Hewan ini Ternyata Masih Bersaudarailustrasi gajah dan manatee (unsplash.com/Keyur Nandaniya | discovercrystalriverfl.com)

Manatee sering dikenal dengan sebutan sapi laut. Kenyataannya, hewan ini tidak ada mirip-miripnya dengan sapi. Alih-alih sapi, manatee nyatanya merupakan saudara jauh gajah.

Kedua hewan ini berasal dari nenek moyang yang sama, yaitu Tethytheria. Hewan satu ini merupakan hewan pengerat kecil, yang menghabiskan hidupnya di daratan pada zaman Kenozoikum sekitar 65 juta tahun yang lalu.

Seiring berjalannya waktu, beberapa Tethytheria berevolusi menjadi Sirenian, sedangkan yang lainnya berevolusi menjadi Proboscidean. Sirenian kemudian berevolusi lagi menjadi manatee dan muncul sekitar 15 juta tahun yang lalu. Hal yang sama juga berlaku bagi Proboscidean, mereka kemudian berevolusi menjadi gajah modern yang kita kenal sekarang.

Baca Juga: Unik, 10 Potret Hewan Australia yang Tak Banyak Diketahui

3. Dinosaurus dan burung

Terlihat Berbeda Jauh, 5 Pasang Hewan ini Ternyata Masih Bersaudarailustrasi burung dan dinosaurus (dinoanimals.pl | unsplash.com/Jan Meeus)

Banyak orang beranggapan kalau dinosaurus sudah punah dari Bumi. Well, kalau yang kamu maksud adalah hewan ganas raksasa, mereka memang sudah lama punah. Namun siapa sangka jika keturunan dinosaurus masih hidup hingga hari ini. Tentu bukan dalam wujud asli nenek moyang mereka, melainkan "menjelma" menjadi burung.

Tidak banyak orang yang tahu kalau nenek moyang burung adalah dinosaurus berkaki dua bernama Theropoda. Mereka juga merupakan saudara dari Tyrannosaurus rex alias T-Rex. Sekitar 150 juta tahun yang lalu, Theropoda berevolusi menjadi Archaeopteryx, hewan hibrida bersayap dengan gigi tajam seperti dinosaurus.

Seiring berjalannya waktu, Archaeopteryx kehilangan ukuran tubuhnya yang besar, gigi tajamnya pun menjadi paruh. Setelah itu, mereka berevolusi menjadi berbagai spesies burung yang kita lihat hari ini.

4. Echidna dan platypus 

Terlihat Berbeda Jauh, 5 Pasang Hewan ini Ternyata Masih Bersaudarailustrasi echidna dan platypus (unsplash.com/Meg Jerrard | museumsvictoria.com.au)

Baik echidna dan platypus sama-sama berasal dari keluarga Monotremata. Meski memiliki penampilan bak langit dan bumi, kedua hewan ini sebenarnya memiliki kemiripan di antaranya yaitu keduanya sama-sama memiliki indra listrik atau electroreception yang digunakan untuk mencari makanan.

Sementara platypus memiliki 40 ribu electroreception, echidna hanya memiliki 2000 sampai 400 electroreception dalam tubuhnya. Diperkirakan kedua hewan ini dulunya adalah hewan yang sama, namun berevolusi menjadi spesies yang berbeda sekitar 32 juta tahun yang lalu.

5. Kepiting tapal kuda dan laba-laba 

Terlihat Berbeda Jauh, 5 Pasang Hewan ini Ternyata Masih Bersaudarailustrasi kepiting tapal kuda dan laba-laba (southernenvironment.org | unsplash.com/Krzysztof Niewolny)

Meski namanya kepiting, tapi hewan ini merupakan saudara jauh dari laba-laba. Kepiting tapal kuda dan laba-laba termasuk dalam kelompok Chelicerata. Kepiting tapal kuda sudah ada sejak 480 juta tahun yang lalu, tapi para ahli mengetahui jika mereka merupakan nenek moyang laba-laba pada tahun 1881.

Saat ini, keduanya memiliki penampilan dan tempat tinggal yang jauh berbeda. Namun ternyata mereka punya satu kesamaan lain, yaitu sama-sama punya penglihatan yang buruk.

Meski hewan yang disebutkan di atas hidup di tempat yang berbeda, siapa sangka ternyata mereka memiliki nenek moyang sama. Walaupun begitu, mereka tetap berasal dari spesies yang berbeda, ya!

Baca Juga: Unik, 6 Hewan Ini Tampak Seperti Gabungan Dua Jenis Hewan Berbeda

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya