Jadi Tetangga Matahari, Ini 7 Bintang Terdekat dari Langit Bumi

Sirius ternyata bukan yang terdekat!

Tinggal di planet Bumi, kita mungkin sudah terbiasa dengan berbagai planet di Tata Surya yang jadi tetangga kita. Tapi tahukah kamu, kalau planet bukan satu-satunya benda langit yang memiliki tetangga.

Menurut space.com, sama seperti planet-planet yang mengorbit kepadanya, matahari kita ternyata juga memiliki "tetangga" yang merupakan bintang-bintang terdekat. Jadi bintang mana saja yang jadi tetangga matahari? Berikut daftar lengkapnya!

1. Alpha Centauri

Jadi Tetangga Matahari, Ini 7 Bintang Terdekat dari Langit Bumi nasa.gov

Alpha Centauri sebenarnya bukan merupakan bintang, melainkan nama sebuah sistem bintang yang terdiri dari tiga bintang. Bintang pertama adalah sebuah katai merah bernama Proxima Centauri memiliki jarak 4,24 tahun cahaya dari Bumi. Bintang kedua dan ketiga adalah Alpha Centauri A dan Alpha Centauri B yang memiliki jarak sekitar 4,37 tahun cahaya.

Uniknya, meski nama kedua bintang ini nyaris sama, tapi keduanya adalah bintang yang sangat berbeda. Alpha Cenaturi A adalah bintang kuning berukuran lebih besar dari matahari, sedangkan Alpha Centauri B adalah bintang oranye yang lebih kecil dari matahari.

2. Barnard's Star

Jadi Tetangga Matahari, Ini 7 Bintang Terdekat dari Langit Bumi astrobiology.nasa.gov

Nama Barnard's Star atau bintang Barnard mungkin terdengar begitu asing di telinga kita. Padahal keberadaan bintang ini sebenarnya tidak jauh-jauh amat lho! Barnard's Star adalah bintang katai merah yang memiliki jarak 5,96 juta cahaya dari Bumi dan terletak di rasi bintang Ophiuchus.

Nama Barnard's Star sendiri berasal dari nama seorang astronom yang menemukannya pertama kali yaitu, E. E. Barnard.

Baca Juga: 5 Objek Luar Angkasa Buatan Manusia yang Dapat Kamu Lihat dari Bumi

3. Wolf 359

Jadi Tetangga Matahari, Ini 7 Bintang Terdekat dari Langit Bumi drewexmachina.com

Terletak di rasi bintang Leo, Wolf 359 adalah bintang ketiga yang jadi tetangga matahari. Dibanding Barnard's Star, Wolf 359 ini memiliki jarak yang lebih jauh yaitu 7,78 tahun cahaya dari Bumi. Sayangnya, meski merupakan bintang ketiga terdekat, kamu mustahil melihat bintang ini dengan mata telanjang.

Pasalnya, Wolf 359 adalah salah satu bintang katai merah paling redup sehingga untuk bisa menemukannya, kamu memerlukan bantuan teleskop.

4. Lalande 21185

Jadi Tetangga Matahari, Ini 7 Bintang Terdekat dari Langit Bumi star-facts.com

Sedikit lebih jauh lagi, kamu akan menemukan Lalande 21185 yang terletak di rasi bintang Ursa Major. Lalande 21185 sendiri berjarak 8,29 tahun cahaya dari Bumi. Sayangnya sama seperti Wolf 359, Lalande 21185 yang juga merupakan bintang katai metah bermassa rendah dan sangat redup sehingga kamu tidak bisa melihatnya dengan mata telanjang.

5. Sirius

Jadi Tetangga Matahari, Ini 7 Bintang Terdekat dari Langit Bumi astronomytrek.com

Karena sangat terang, banyak orang berpikir jika Sirius adalah tetangga terdekat matahari. Well, Sirius memang merupakan bintang tetangga matahari, tapi bukan yang terdekat. Berada 8,58 tahun cahaya, Sirius berada di rasi Canis Major dan menempati posisi kelima sebagai bintang paling dekat.

Sama seperti Alpha Centauri, Sirius adalah sistem bintang biner yang terdiri dari dua bintang katai putih yaitu Sirius A dan Sirius B. Dibandingkan dengan saudaranya, Sirius A lebih terang dan bahkan menjadi bintang paling terang di langit Bumi.

6. Luyten 726-9

Jadi Tetangga Matahari, Ini 7 Bintang Terdekat dari Langit Bumi alchetron.com

Next, ada Luyten 726-9 yang menjadi tetangga matahari dari rasi bintang Cetus. Luyten 726-9 sering juga disebut Gliese 65, merupakan sistem bintang yang terdiri dari dua bintang biner berjarak 8,73 tahun cahaya. Uniknya, bintang ini merupakan bintang tipe G sama seperti matahari kita dan memiliki lima planet. Salah satunya berada di zona layak huni.

7. Ross 248

Jadi Tetangga Matahari, Ini 7 Bintang Terdekat dari Langit Bumi elist10.com

Rose 248 berada di rasi bintang Andromeda dan berjarak 10,3 tahun cahaya dari Bumi. Uniknya, bintang ini akan menjadi salah satu bintang terdekat dengan Bumi dalam waktu 36.000 tahun. Ini karena Ross 248 bergerak sangat cepat melintasi langit. Sama seperti kebanyakan tetangga Bumi, Ross 248 adalah bintang katai merah yang redup sehingga mustahil bagi manusia untuk melihatnya tanpa bantuan teleskop.

Mengingat satu detik cahaya bisa menempuh jarak 300.000 km, maka jarak matahari dan bintang-bintang ini sebenarnya tidak terlalu dekat seperti yang kita bayangkan. Namun bagi matahari, bintang-bintang itu cukup dekat, setidaknya jika dibandingkan dengan miliaran bintang lain yang ada di galaksi Bimasakti.

Baca Juga: 8 Fakta Menarik Mengenai Matahari yang Jarang Orang Ketahui!

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah