Comscore Tracker

7 Hewan ini Bikin Bumi Layak untuk Ditinggali, Jangan Sampai Punah!

Gawat kalau mereka sampai punah!

Diantara delapan planet yang ada di Tata Surya, Bumi menjadi satu-satunya planet yang paling aman untuk ditinggali. Bukan cuma karena jaraknya yang cukup aman dari matahari, dan sedikit ancaman benda langit lain, Bumi juga memiliki atmosfer yang cocok untuk mendukung kehidupan.

Tapi selain beberapa hal di atas, ada beberapa hewan di Bumi ternyata juga berjasa dalam menjaga agar Bumi kita tetap layak untuk ditinggali lho! Dilansir dari onegreenplanet.org, ini dia daftar lengkapnya!

1. Lebah madu

7 Hewan ini Bikin Bumi Layak untuk Ditinggali, Jangan Sampai Punah!unsplash.com/Aaron Burden

Selama ini, kita hanya tahu bahwa lebah menghasilkan madu. Tapi, nyatanya keberadaan lebah di dunia ini jauh lebih penting dari hanya sekadar menghasilkan madu. Setiap harinya, lebah melakukan penyerbukan dari satu bunga ke bunga yang lain.

Penyerbukan inilah yang membuat tanaman, bunga, dan pohon-pohon tumbuh di Bumi. Bayangkan, jika lebah punah, tanaman akan sulit tumbuh. Bumi akan jadi gersang, terlalu panas untuk manusia bisa hidup.

2. Plankton

7 Hewan ini Bikin Bumi Layak untuk Ditinggali, Jangan Sampai Punah!biologydictionary.net

Plankton mungkin berukuran kecil, tapi jangan salah, jasanya untuk Bumi sangatlah besar. Plankton menyediakan makanan bagi makhluk laut sekelas paus biru. Bukan cuma itu, karena plankton jugalah kita tidak pernah kekurangan oksigen untuk bernapas.

Tahukah kamu, beberapa spesies plankton seperti fitoplankton dan zooplankton melakukan fotosintesis dengan menyerap sinar matahari plus nutrisi dari air laut tempat mereka tinggal, dan menghasilkan oksigen. Tidak tanggung-tanggung, dua spesies plankton ini menghasilkan setengah dari oksigen dunia. Sedangkan setengahnya lagi berasal dari fotosintesis tumbuhan.

3. Semut

7 Hewan ini Bikin Bumi Layak untuk Ditinggali, Jangan Sampai Punah!unsplash.com/MD_JERRY
Bisa dibilang, semut adalah hewan yang cukup bertanggung jawab. Hewan kecil ini bukan hanya menjadikan tanah yang kita pijak sebagai rumah, tapi juga merawatnya. Mereka melubangi tanah dan membuat terowongan-terowongan kecil.
 
Tanpa disadari, proses pembuatan rumah-rumah kecil ini telah membantu pembusukan tanaman, dan mendaur ulang nutrisi tanah. Karena apa yang dilakukan semut, tanah jadi lebih subur dan tanaman apa pun bisa tumbuh dengan baik. 
 

Baca Juga: Ini 7 Hal yang Akan Terjadi kalau Plankton Hilang dari Lautan, Ngeri!

4. Kelelawar

7 Hewan ini Bikin Bumi Layak untuk Ditinggali, Jangan Sampai Punah!unsplash.com/José Ignacio García Zajaczkowski

Kebanyakan orang menganggap kelelawar sebagai hewan yang menakutkan, bahkan tidak sedikit dari mereka menghubungkannya dengan hal-hal berbau mistis. Terlepas dari penampilannya yang memang menyeramkan, mamalia satu ini ternyata sangat berjasa bagi manusia. Kebanyakan kelelawar mengonsumsi serangga, termasuk nyamuk pembawa penyakit mematikan.

Hebatnya lagi, bukan hanya satu dua nyamuk yang mereka konsumsi, melainkan seribu nyamuk dalam satu jam. Bukan hanya kebiasaan makannya, guano atau kotoran kelelawar bahkan membantu menyebarkan benih tanaman untuk tumbuh di lebih banyak tempat. 

5. Katak

7 Hewan ini Bikin Bumi Layak untuk Ditinggali, Jangan Sampai Punah!unsplash.com/Zdeněk Macháček

Kalau kelelawar dianggap seram, maka katak sering dianggap sebagai hewan yang menjijikkan, terutama karena kulitnya yang berlendir. Tapi siapa sangka, dari kulit berlendirnya itu katak bisa menjadi bio indikator bagi lingkungan sekitar.

Kulit katak sangat berpori, membuatnya dapat dengan mudah menyerap zat apa pun yang ada di lingkungannya, termasuk zat-zat yang buruk sekalipun. Alhasil, dengan keberadaan katak, kita bisa dengan mudah mengetahui seberapa sehat lingkungan sekitar kita.

6. Ikan

7 Hewan ini Bikin Bumi Layak untuk Ditinggali, Jangan Sampai Punah!unsplash.com/Sebastian Pena Lambarri

Bukan cuma dagingnya yang enak disantap, kotoran ikan ternyata juga bermanfaat bagi lautan. Ketika ikan mengeluarkan kotoran, kotoran itu akan mengapung di laut sebelum akhirnya larut. Ketika proses ini terjadi, kotoran ikan akan membentuk karbon dioksida yang berfungsi untuk mengurangi keasaman air laut, dan menjaga pH-nya agar tetap seimbang. 

7. Primata

7 Hewan ini Bikin Bumi Layak untuk Ditinggali, Jangan Sampai Punah!pexels.com/Francesco Ungaro

Kalau ikan menjaga lautan, maka primata bertanggungjawab atas hutan. Hewan satu ini bertindak sebagai 'tukang kebun' yang bertugas memelihara hutan dan menyebarkan benih tanaman melalui kebiasaan makan atau kotoran mereka.

Para hewan primata seperti simpanse mengonsumsi buah-buahan sebagai makanan mereka. Bukan hanya daging buah, mereka juga bisa menelan biji buah yang relatif besar. Nah benih buah yang termakan ini nantinya akan keluar melalui kotoran mereka dan tumbuh lagi sebagai pohon yang baru.

Kebanyakan dari hewan ini, mungkin berukuran kecil. Tapi 'jasa' mereka untuk Bumi dan manusia sangatlah besar. Tanpa kehadiran tujuh hewan ini, Bumi pasti tidak akan menjadi planet yang layak untuk ditinggali!

Baca Juga: 10 Fakta Unik Primata, Jenis Makhluk Hidup yang Mencakup Manusia 

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya