Comscore Tracker

7 Bunga Paling Bau di Dunia, Dua di Antaranya dari Indonesia

Separah apa ya baunya?

Bunga identik dengan aromanya yang harum. Saking harumnya, beberapa aroma bunga bahkan dijadikan aroma parfum. Namun ternyata, gak semua bunga di dunia ini memiliki aroma harum yang sama. 

Kebalikannya, beberapa spesies bunga justru mengeluarkan aroma yang sangat bau. Salah satunya adalah bunga rafflesia Arnoldii. Saking baunya bunga ini, sampai kita menyebutnya sebagai bunga bangkai. Nah ternyata Rafflesia arnoldii bukan satu-satunya. Dilansir berbagai sumber, berikut 7 bunga paling bau di dunia!

1. Titan Arum 

7 Bunga Paling Bau di Dunia, Dua di Antaranya dari Indonesiagambar bunga Titan Arum (m.usbg.gov)

Selama ini kita hanya tahu kalau Rafflesia arnoldii menjadi satu-satunya bunga yang mendapatkan julukan sebagai bunga bangkai. Nyatanya, selain Rafflesia arnoldii, ada bunga lain di Indonesia yang mendapatkan julukan yang sama.

Nama bunga ini adalah titan arum. Berasal dari hutan hujan Sumatra, titan arum mengeluarkan aroma seperti bangkai. Kabar baiknya, bunga ini hanya akan mekar setiap 4 sampai 6 tahun sekali, itu pun hanya selama 24 sampai 48 jam.

Selain di hutan Sumatra, titan arum juga mekar di Kebun Raya Bogor. 

2. Eastern Skunk Cabbage 

7 Bunga Paling Bau di Dunia, Dua di Antaranya dari Indonesiagambar bunga Eastern Skunk Cabbage (commons.m.wikimedia.org/Sue Sweeney)

Dari titan arum, sekarang kita beralih ke eastern skunk cabbage di Amerika Utara. Berbeda dengan kol yang punya warna hijau cerah, eastern skunk cabbage justru berwarna ungu kecoklatan dengan bentuk yang runcing dan aneh.

Selain bentuknya yang gak biasa, bunga ini juga mengeluarkan aroma seperti sigung yang sangat menyengat. Menariknya, bukannya dihindari, penduduk setempat justru menjadikan bunga ini sebagai obat alami untuk mengatasi batuk, asma, dan epilepsi.

3. Stapelia Gigantea 

7 Bunga Paling Bau di Dunia, Dua di Antaranya dari Indonesiagambar bunga Stapelia Gigantea (commons.m.wikimedia.org/User:BotBln)

Memiliki bentuk menyerupai kaktus dengan bunga besar setinggi 20 sentimeter dan berwarna kuning kemerahan, sekilas gak akan ada orang yang menyangka jika stapelia gigantea adalah salah satu bunga paling bau di dunia. Sayangnya penilaian kamu terhadap bunga asal Afrika Tenggara ini akan langsung berubah begitu kamu mendekat.

Di balik 'wajah' cantiknya, bunga ini menyimpan aroma busuk yang sangat menyengat. Saking baunya, gak jarang ada lalat dan belatung yang hinggap di permukaan bunga.

Anehnya meski aroma bunga ini luar biasa mengganggu, orang Afrika Tenggara kadang menjadikan kulit sebagai bunga hias yang dipajang di depan rumahnya!

Baca Juga: 5 Fakta Rafflesia Arnoldii, Bunga Raksasa Kebanggaan Indonesia

4. Rafflesia Arnoldii 

7 Bunga Paling Bau di Dunia, Dua di Antaranya dari Indonesiagambar bunga Rafflesia Arnoldii (commons.m.wikimedia.org/Maizal Chaniago)

Meski aromanya begitu bau, bunga ini sebenarnya sangat istimewa, terutama bagi Indonesia. Gimana gak istimewa, Rafflesia arnoldii merupakan bunga langka yang hanya tumbuh di hutan hujan Sumatra dan Kalimantan, itu pun hanya setiap 3 sampai 3,5 tahun sekali.

Sekali mekar, bunga dengan warna merah daging ini memiliki diameter 1 hingga 11 meter dan berat bunga mencapai 10 kilogram. Mengingat ukurannya yang luar biasa besar, gak heran kalau Rafflesia arnoldii bukan hanya dinobatkan sebagai salah satu bunga paling bau, tetapi juga bunga dengan ukuran terbesar di dunia.

5. Dead Horse Arum Lily 

7 Bunga Paling Bau di Dunia, Dua di Antaranya dari Indonesiagambar bunga Dead Horse Arum Lily (commons.m.wikimedia.org/Arunsbhat)

Mekar di musim panas, dead horse arum lily hanya memiliki satu kelopak berwarna merah keunguan selebar 60 sentimeter dengan tinggi mencapai 45-50 sentimeter. Banyak orang yang mencium aromanya menyebutkan kalau dead horse arum lily memiliki aroma seperti bangkai seekor kuda yang sudah membusuk.

Untungnya, bunga ini gak tumbuh di Indonesia, melainkan di sebuah tempat bernama Corsica, yang berada di Kepulauan Balearic.

6. Hydnora Africana 

7 Bunga Paling Bau di Dunia, Dua di Antaranya dari Indonesiagambar Hydnora Africana (en.m.wikipedia.org/Lytton John Musselman)

Meski dikelompokkan sebagai bunga, nyatanya penampilan Hydnora africana ini gak ada mirip-miripnya dengan bunga pada umumnya. Alih-alih terlihat seperti bunga, Hydnora africana memiliki empat kelopak besar tebal berwarna merah dan mengeluarkan aroma busuk seperti kotoran.

Sesuai namanya, Hydnora africana tumbuh di Benua Afrika, tepatnya Afrika Selatan.

7. Bulbophyllum Phalaenopsis 

7 Bunga Paling Bau di Dunia, Dua di Antaranya dari Indonesiagambar bunga Bulbophyllum Phalaenopsis merah (commons.m.wikimedia.org/C T Johansson)

Bulbophyllum phalaenopsis berasal dari Pulau New Guinea dan terdiri dari beberapa warna seperti putih, krem, merah dan ungu dengan bulu-bulu halus yang tumbuh di permukaannya.

Beberapa orang menyebut aroma bunga ini seperti daging busuk dan yang lain menyebutnya seperti aroma bangkai tikus yang membusuk. Saking gak sedapnya, Bulbophyllum phalaenopsis bahkan menempati posisi pertama sebagai bunga paling bau di dunia.

Aroma bunga-bunga ini memang jauh dari kata harum. Namun sebenarnya aroma bunga yang busuk memiliki manfaat yang sangat penting bagi tanaman. Aroma yang busuk akan menarik lalat untuk mendekat dan membantu terjadinya penyerbukan.

 

Baca Juga: 5 Manfaat Bunga Telang, Bunga Biru yang Sering Ada di Pekarangan

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

Find me on 📷 : instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya