Sempat Disangka Komet, 7 Kisah di Balik Penemuan Planet di Tata Surya

Ada yang ditemukan dengan bantuan rumus matematika juga lho!

Sejak kecil, kita sudah belajar tentang astronomi, terutama planet-planet di Tata Surya. Kita tahu, Merkurius adalah planet terdekat, Venus adalah yang terpanas, dan Pluto dipecat keluar dari geng planet-planet utama.

Tapi kamu pernah enggak sih penasaran dengan kisah dibalik penemuan planet-planet tetangga Bumi ini? Dilansir dari space.com, berikut ini 7 kisah dibalik penemuan planet-planet di Tata Surya!

1. Merkurius

Sempat Disangka Komet, 7 Kisah di Balik Penemuan Planet di Tata SuryaBerbagai Sumber

Kalau ditanya siapa orang pertama yang menemukan Merkurius, maka 'bingung' adalah jawabannya. Masalahnya, Merkurius ini termasuk dalam deretan planet yang paling sering muncul di langit Bumi. Saking seringnya, orang-orang dari peradaban kuno pun mengenalinya. Bangsa Sumeria yang hidup di abad ke 2 SM sudah menyebutkan tentang planet Merkurius dalam catatan peninggalannya.

Begitu pun dengan bangsa Babylonia yang menyebut Merkurius dengan nama Nabu. Meski begitu, Galileo Galilei jadi orang pertama yang melakukan pengamatan pada planet ini pada abad ke 17 dengan mikroskop buatannya. Lalu ilmuan Amerika pun menghitung rotasinya pada 1962. Dan NASA mengirimkan Mariner 10 pada tahun 1974 dan MESSENGER pada 2008 untuk menelitinya.

2. Venus

Sempat Disangka Komet, 7 Kisah di Balik Penemuan Planet di Tata Suryahistory.com

Sama halnya dengan Merkurius, mencari orang pertama yang menemukan Venus adalah pekerjaan mustahil. Tapi satu hal yang bisa kita pastikan, orang itu pasti berasal dari bangsa Babylonia. Pasalnya, catatan astronomi tertua yang membahas tentang Venus adalah milik bangsa Babylonia. Catatan itu ditulis tahun 1600 SM dan membahas tentang kemunculan Venus di langit selama 21 tahun.

Ratusan tahun berlalu, Galileo Galilei kemudian mengamati Venus tahun 1610 dengan teleskop sederhana. Bahkan meski pengamatannya tidak sempurna, apa yang dilakukan Galileo pada akhirnya membantu Nicolaus Copernicus dalam menentang pandangan yang menyebutkan bahwa Bumi adalah pusat Tata Surya.

3. Mars

Sempat Disangka Komet, 7 Kisah di Balik Penemuan Planet di Tata Suryanationalgeographic.com

Kisah yang sama juga berlaku bagi Si Planet Merah, Mars. Planet ini sudah dikenali setidaknya selama 4.000 tahun oleh bangsa-bangsa kuno dunia sebagai bintang merah. Pangkat Mars sendiri baru naik tahun 1543, setelah Nicolaus Copernicus mendalilkan bahwa Mars adalah sebuah planet, sekaligus juga mengukuhkan bahwa matahari adalah pusat Tata Surya.

Beberapa tahun berlalu, seorang astronom Denmark yang bernama Tycho Brahe berhasil menemukan posisi Mars secara akurat tahun 1576. Setelah posisi Mars diketahui, pada tahun 1609, Johannes Kepler kemudian mengasumsikan bahwa Mars dan planet lain memiliki orbit berbentuk elips dan bukannya bulat seperti yang dipercayai oleh para astronom saat itu.