Comscore Tracker

Suka Bikin Onar, Ini 5 Dewa Terburuk dalam Mitologi Yunani Kuno 

Mana yang paling parah?

Dewa-dewi dalam mitologi Yunani Kuno umumnya digambarkan sebagai sosok yang bijaksana, mengingat mereka dipuja oleh banyak orang Yunani di masa lalu. Bukan hanya sekedar menyembah, orang-orang Yunani Kuno bahkan membangun banyak kuil sebagai tempat pemujaan.

Dilansir definitelygreece.com, tapi jika kamu mempelajari seputar sejarah dan mitologi bangsa Yunani Kuno, kamu mungkin tahu jika tidak semua dewa-dewi ini baik. Layaknya manusia, beberapa dari mereka juga dikenal suka bikin onar sehingga mendapat julukan sebagai dewa terburuk dalam mitologi Yunani Kuno.

1. Chronos 

Suka Bikin Onar, Ini 5 Dewa Terburuk dalam Mitologi Yunani Kuno medium.com

Buat kamu yang belum tahu, Chronos merupakan raja para dewa sekaligus ayah dari Zeus. Sayangnya alih-alih mendapatkan tahta dengan cara yang adil, Chronos justru memilih untuk menggulingkan kekuasaan ayahnya sendiri, Uranus. Pengkhianatan Chronos kemudian dibalas dengan sebuah karma.

Suatu waktu Chronos mendapat penglihatan bahwa, salah satu anaknya akan mencuri kekuasaannya. Untuk mencegah itu terjadi, Chronos kemudian memakan semua anaknaya kecuali Zeus. Berbeda nasib dengan anak-anak yang lain, Zeus si putra bungsu berhasil diselamatkan oleh sang ibu, Gaia.

Setelah bertahun-tahun, Zeus yang sudah dewasa lantas membalas dendam kepada Chronos dan mengasingkannya di penjara.

2. Zeus 

Suka Bikin Onar, Ini 5 Dewa Terburuk dalam Mitologi Yunani Kuno godofwar.fandom.com

Setali tiga uang dengan sang ayah, Zeus sang raja para dewa juga mendapatkan kekuasaannya dengan mengkhianati Chronos. Selain mengkhianati ayah sendiri, Zeus juga dikenal suka menjalin hubungan terlarang dengan banyak perempuan.

Zeus memiliki tiga istri. Bagi manusia biasa, jumlah itu tentu sudah cukup banyak. Tapi seolah belum cukup, Zeus kemudian berselingkuh dengan banyak perempuan, baik itu dewi maupun manusia. Terakhir, dia juga mengikat sahabatnya sendiri di sebuah gunung, dan memerintahkan seekor elang untuk memakan hatinya setiap hari.

Baca Juga: 5 Fakta Seputar Zeus, Raja Para Dewa dalam Mitologi Yunani Kuno

3. Hera 

Suka Bikin Onar, Ini 5 Dewa Terburuk dalam Mitologi Yunani Kuno kerrikeberly.com

Menyandang status sebagai istri Zeus sekaligus ratu para dewa, Hera seharusnya memiliki sikap yang baik. Sayang, yang terjadi justru sebaliknya. Tidak kalah dari suaminya, Hera juga dikenal sebagai dewi yang kejam, terutama pada semua wanita yang menjadi selingkuhan suaminya.

Alih-alih menyalahkan Zeus atas semua perselingkuhan itu, Hera lebih memilih melampiaskan kemarahannya pada semua wanita dan mengutuk mereka menjadi monster. Tidak hanya hobi mengutuk, Hera juga tega melempar putra sulungnya ke gunung Olympus sesaat setelah dilahirkan, hanya karena penampilan sang putra jauh dari harapannya.

4. Hades 

Suka Bikin Onar, Ini 5 Dewa Terburuk dalam Mitologi Yunani Kuno medium.com

Jika Zeus menguasai langit dan para dewa, maka adiknya yang bernama Hades mendapatkan kekuasaan di dunia bawah dan kematian. Sebagai dewa kematian, Hades dikenal sebagai sosok yang dingin dan seiring memendam iri pada dewa Olympian lainnya.

Dia juga pernah menculik Persefone, putri dewi Demeter dan memaksanya untuk menikah. Saking buruknya perilaku Hades, orang Yunani bahkan menganggap Hades sebagai dewa yang jahat dan lebih berbahaya dari Zeus.

5. Athena 

Suka Bikin Onar, Ini 5 Dewa Terburuk dalam Mitologi Yunani Kuno godofwar.fandom.com

Orang Yunani Kuno menganggap Athena sebagai dewi yang bijaksana dan baik. Well, Athena memang bijaksana, setidaknya ketika dia tidak sedang marah. Ketika marah, dewi yang bijak ini berubah jadi sangat menyeramkan.

Sama seperti Hera, Athena juga memiliki kebiasaan mengutuk orang lain. Dia-lah yang mengutuk Medusa, menjadi monster berambut ular. Tidak berhenti sampai situ, Athena juga diketahui mengutuk seorang perempuan biasa bernama Arachne menjadi laba-laba.

Yunani Kuno sangat terkenal akan mitologinya. Bahkan meski keberadaan mereka sudah hilang ribuan tahun yang lalu, banyak kisah mitologi Yunani Kuno masih tetap awet hingga sekarang, termasuk soal dewa-dewi dan prilaku mereka.

Baca Juga: 5 Pemimpin Terbaik yang Pernah Menguasai Yunani Kuno

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya