Comscore Tracker

Dipuja-puja, Ini 5 Dewa Terbaik dalam Kepercayaan Suku Maya 

Mana yang memiliki pengikut terbanyak? #IDNTimesScience

Suku Maya menjadi salah satu suku kuno yang cukup terkenal. Meski peradaban tersebut sudah lama punah, beragam budaya, kisah, bahkan ramalannya masih dipercaya oleh banyak orang. Suku Maya dikenal sebagai suku kuno yang cukup maju saat itu. Hal ini dari berbagai berbagai peninggalannya yang berhasil ditemukan oleh para arkeolog.

Sama seperti kebanyakan peradaban kuno, Suku Maya juga menyembah banyak dewa. Dilansir History Hit, berikut ini lima dewa terbaik dalam peradaban Suku Maya!

1. Itzamná 

Dipuja-puja, Ini 5 Dewa Terbaik dalam Kepercayaan Suku Maya Itzamná (riordan.fandom.com)

Itzamná adalah salah satu dewa paling penting dalam peradaban Suku Maya. Sebab ia merupakan dewa pencipta, penyembuh, pelindung, sekaligus penguasa siang malam dalam kepercayaan setempat. Bukan hanya itu, Itzamná juga merupakan salah satu sosok yang terlibat dalam penciptaan manusia.

Menurut kepercayaan, Itzamná mengajarkan manusia berbagai keterampilan. Mulai dari pertanian, kedokteran, sains, sastra, dan bahkan memerintahkan Suku Maya dalam membuat kalender beserta ramalannya yang terkenal itu. Salah satu ramalan Suku Maya bahkan sempat membuat banyak manusia ketar-ketir pada tahun 2012 lalu.

2. Chaac 

Dipuja-puja, Ini 5 Dewa Terbaik dalam Kepercayaan Suku Maya Chaac (mayamaya.com)

Dalam kepercayaan Suku Maya, Chaac adalah dewa hujan serta penguasa angin. Karena tugasnya adalah membawa hujan ke Bumi, ia sangat penting bagi orang-orang Maya, terutama bagi mereka yang tinggal di sekitar Yucatan, Meksiko. Saking penting dan terkenalnya, Suku Maya menggambar sosok Chaac di semua situs mereka.

Biasanya, Chaac digambarkan sebagai sosok dewa dengan kulit bersisik, bertaring, dan hidung panjang yang bulat. Tidak cukup sampai di situ, Suku Maya juga rajin memberikan sesembahan, bahkan sesekali mengorbankan seorang manusia untuk sang dewa.

Baca Juga: Banyak yang Belum Tahu, Ada 12 Zodiak Versi Suku Batak Lho!

3. Kulukan 

Dipuja-puja, Ini 5 Dewa Terbaik dalam Kepercayaan Suku Maya Kulukan (myfavoritewesterns.com)

Bisa dibilang, Kulukan adalah salah satu dewa Suku Maya yang memiliki paling banyak pengikut. Mereka tersebar dari Guatemala hingga Yucatan. Bukan hanya itu, Suku Aztec bahkan juga mengenalnya, meski dengan nama Quetzalcoatl.

Kulukan sering digambarkan sebagai ular berbulu yang bisa terbang dan bisa menyebabkan gempa bumi. Nah, jika dewa lain menguasai angin atau siang-malam, maka Kulukan merupakan simbol kebaikan sekaligus kejahatan. Sama seperti Chaac, Suku Maya juga melakukan pengorbanan manusia untuk dewa ini.

4. Yum Caax 

Dipuja-puja, Ini 5 Dewa Terbaik dalam Kepercayaan Suku Maya Yum Caax (alchetron.com)

Yum Caax merupakan dewa alam dan perburuan. Sebagai dewa alam, sudah menjadi tugas Yum Caax untuk mengatur tumbuh-tumbuhan, termasuk pertanian. Untuk memastikan bahwa panen tahun ini baik, para petani sering melakukan upacara sebelum mulai menanam.

Sementara itu, ketika musim panen tiba, Yum Caax menjadi dewa pertama yang akan mendapatkan bagian. Selain dipuja para petani, para pemburu Suku Maya juga memuja Yum Caax dan menganggapnya sebagai dewa yang baik.

5. Ix Chel 

Dipuja-puja, Ini 5 Dewa Terbaik dalam Kepercayaan Suku Maya Ix Chel (thaliatook.com)

Dalam bahasa Maya, Ix Chel memiliki arti dewi pelangi. Meski begitu, kekuasaan sang dewi justru tidak ada hubungannya dengan pelangi apalagi langit. Nyatanya, dalam kepercayaan masyarakat Maya, Ix Chel adalah dewi kedokteran dan kesuburan.

Di masa sekarang, orang-orang sering menggambarkan Ix Chel sebagai perempuan muda berambut hitam panjang yang duduk di ujung pelangi. Namun, Suku Maya justru menggambarkannya sebagai perempuan tua gendut bertelinga jaguar yang suka membawa kendi air.

Suku Maya memang memiliki banyak dewa yang mereka sembah. Bahkan sulit untuk memperkirakan jumlahnya. Namun dari semuanya, lima sosok di atas adalah favorit mereka.

Baca Juga: 5 Fakta Suku Inuit, Suku Asli Kutub Utara yang Suka Makan Beruang

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya