5 Fakta Galaksi Triangulum, Tetangga Bimasakti yang Misterius

Kamu masih bisa melihat galaksi satu ini lho!

Hampir semua rumah memiliki tetangga, termasuk rumah kamu. Tapi sama seperti kamu, rupanya galaksi tempat tinggal Bumi kita juga memiliki tetangga. Jika ditanya siapa, kebanyakan orang akan menjawab Andromeda. Tapi apakah kamu tahu, Andromeda bukan satu-satunya tetangga Bimasakti?

Menurut universetoday.com, selain Andromeda, Bimasakti juga memiliki tetangga lain yaitu galaksi Triangulum. Namun karena letaknya lebih jauh, tidak heran jika galaksi ini jadi lebih misterius dari Andromeda. Seberapa misterius galaksi satu ini?

1. Ditemukan pertama kali pada abad ke-16

5 Fakta Galaksi Triangulum, Tetangga Bimasakti yang Misteriusindependent.co.uk

Galaksi Triangulum pertama kali ditemukan pada tahun 1654 oleh seorang astronom Italia bernama Giovanni Battista Hodierna. Meski begitu, galaksi ini baru teridentifikasi pada tanggal 25 agustus 1764 oleh Charles Messier.

Di abad yang sama, William Herschel yang juga merupakan penemu planet Uranus, mengamati Triangulum dan menganggapnya sebagai nebula. Baru pada tahun 1920, Edwin Hubble yang mengamatinya berhasil menemukan sebuah fakta bahwa Triangulum adalah galaksi.

2. Lebih kecil dari Bimasakti

5 Fakta Galaksi Triangulum, Tetangga Bimasakti yang MisteriusPotret galaksi Triangulum via nasa.gov

Triangulum sendiri adalah salah satu anggota dari kelompok galaksi lokal. Kelompok ini terdiri dari puluhan galaksi lain termasuk tiga galaksi spiral besar, yaitu Bimasakti, Andromeda, dan terakhir galaksi Triangulum. Para peneliti memperkirakan galaksi Triangulum berukuran sekitar 50.000 tahun cahaya, dengan massa antara 10 sampai 40 miliar massa matahari.