6 Fakta Menakjubkan Ganymede, Bulan Terbesar di Tata Surya

Ternyata memiliki air juga lho!

Seperti yang kita ketahui, hampir semua planet di Tata Surya memiliki satelit yang mengelilinginya. Bumi sendiri memiliki satu satelit yaitu bulan. Jika dilihat dari Bumi, bulan terlihat cukup besar karena jaraknya yang relatif dekat dengan planet kita. Tapi selain itu, bulan memang besar setidaknya jika dibandingkan dengan dua satelit Mars yaitu, Phobos dan Deimos.

Tapi bulan kita bukanlah satelit terbesar di Tata Surya. Menurut solarsystem.nasa.gov, rekor satelit terbesar di Tata Surya dimiliki oleh Ganymede. Jadi milik planet manakah Ganymede ini? Yuk cari tahu sama-sama!

1. Ganymede ditemukan oleh Galileo

6 Fakta Menakjubkan Ganymede, Bulan Terbesar di Tata Suryabrainpickings.org

Ganymede adalah "bulan" terbesar milik planet Jupiter. Dan sama seperti Jupiter, Ganymede juga ditemukan oleh Galileo Galilei. Galileo pertama kali menemukan Ganymede tanggal 7 januari 1610 bersama dengan tiga satelit Jupiter lainnya yaitu Europa, Lo, Callisto.

Awalnya Galileo beranggapan bahwa empat objek ini adalah bintang sebelum akhirnya menyadari bahwa itu adalah satelit Jupiter. Penemuan empat satelit ini jugalah yang akhirnya memberikan pemahaman bahwa Bumi bukanlah pusat dari Tata Surya.

2. Namanya terinspirasi dari seorang pangeran

6 Fakta Menakjubkan Ganymede, Bulan Terbesar di Tata Suryasententiaeantiquae.com

Awalnya Galileo menamai satelit ini sebagai Jupiter III. Tapi namanya berubah menjadi Ganymede atas saran seorang astronom Jerman bernama Johannes Kepler. Nama Ganymede sendiri berasal dari nama pangeran dalam mitologi Yunani. Dalam mitologi tersebut, Ganymede dibawa oleh Zeus ke Jupiter dan menjadi juru minum para dewa.

3. Tanpa Jupiter, Ganymede mungkin akan jadi planet sendiri

6 Fakta Menakjubkan Ganymede, Bulan Terbesar di Tata Suryateoti.com

Layaknya satelit lain, Ganymede juga mengelilingi Jupiter dalam jarak 1,070 juta kilometer. Untuk menyelesaikan satu putaran, Ganymade membutuhkan waktu 7 hari waktu Bumi. Tapi seandainya Jupiter tidak ada, maka Ganymede akan jadi sebuah planet. Ganymede memiliki radius rata-rata 2.631,2 km dan luas permukaannya 87 juta km.

Dengan ukuran sebesar ini, Ganymede jelas lebih besar dibandingkan dengan Merkurius dan hanya sedikit lebih kecil dari Mars. Alasan lainnya mengapa Ganymede pantas menjadi sebuah planet karena satelit satu ini memiliki medan magnetnya sendiri. Sesuatu yang jelas tidak dimiliki oleh bulan kita.