Comscore Tracker

6 Fakta Kim Jong Un, Pemimpin Korea Utara yang Misterius

Kim Jong Un ternyata fans berat Michael Jordan!

Korea Utara merupakan salah satu negara paling tertutup di dunia. Mereka tidak menjalin hubungan diplomatik dengan banyak negara, mereka cenderung sulit untuk diakses, bahkan jika turis bisa berkunjung ke sana, negara ini masih memberikan setumpuk aturan ketat yang tidak boleh dilanggar.

Namun kadang semakin tertutup suatu tempat, akan semakin banyak orang yang justru penasaran. Begitu juga dengan Korea Utara. Segala sesuatu tentang negara ini mengundang rasa ingin tahu banyak orang, termasuk soal pemimpin tertinggi Korea Utara saat ini, Kim Jong Un.

Terkenal dengan obsesinya pada senjata nuklir, Kim Jong Un cenderung tertutup. Informasi seputar pemimpin negara ini juga sangat sedikit. Buat kamu yang penasaran, berikut deretan fakta miterius Kim Jong Un, pemimpin Korea Utara yang serba rahasia!

1. Tidak ada yang tahu pasti kapan Kim Jong Un lahir

6 Fakta Kim Jong Un, Pemimpin Korea Utara yang MisteriusKim Jong Un bersama mendiang ayahnya Kim Jong Il. (theatlantic.com)

Normalnya, informasi seputar hari ulang tahun seorang pemimpin negara paling mudah ditemukan. Namun hal yang berbeda justru berlaku bagi Kim Jong Un. Terlahir sebagai putra kedua Kim Jong Il, informasi seputar hari ulang tahun Kim Jong Un hingga sekarang masih simpang siur.

Dilansir Bright Side, beberapa informasi menyebutkan bahwa Kim Jong Un lahir pada 8 Januari 1982, yang lain menyebutkan bahwa pemimpin Korea Utara ini lahir pada tahun 6 Juli 1982. Namun hal itu dibantah oleh intelejen Korea Selatan yang justru menyebutkan bahwa sebenarnya Kim Jong Un lahir pada tahun 1984.

Pemimpin muda ini sengaja mengubah tahun kelahirannya karena ingin terlihat lebih tua dan dewasa dari usia yang sebenarnya.

2. Kim Jong Un memiliki masa kecil yang misterius 

6 Fakta Kim Jong Un, Pemimpin Korea Utara yang MisteriusPemimpin Korea Utara Kim Jong Un saat masih kecil. (thedailybeast.com)

Selain tanggal lahir, kehidupan masa kecil Kim Jong Un juga sangatlah misterius. Pemerintah Korea Utara tidak pernah membicarakan perjalanan hidup, apalagi dengan sengaja menyebar foto-foto masa kecil pemimpinnya sendiri.

Pada tahun 2014, pemerintah Korea Utara akhirnya berbaik hati. Mereka menunjukkan beberapa foto masa kecil pemimpin mereka, tanpa sedikit pun menyinggung kisah masa kecilnya.

3. Dia melakukan penyamaran selama masa sekolahnya 

6 Fakta Kim Jong Un, Pemimpin Korea Utara yang MisteriusSekolah Liebefeld-Steinhölzli Schule di Swiss. (m.newspim.com)

Layaknya anak dari kalangan atas, Kim Jong Un mendapatkan pendidikan terbaik. Sejak usia muda, ayahnya mengirim Kim Jong Un untuk bersekolah ke luar negeri. Dilansir US News, Kim Jong Un muda bersekolah di Liebefeld-Steinhölzli Schule, Swiss pada tahun 1998.

Namun entah karena takut identitas aslinya ketahuan atau apa, dia justru mendaftar dengan nama samaran Pak Un dan mengaku sebagai putra seorang diplomat asal Korea Utara. Sayangnya, Kim Jong Un tidak pernah menyelesaikan pendidikannya. Pada tanggal 2000, Kim Jong Un keluar dari sekolah tersebut dan kembali ke Korea Utara.

Baca Juga: 10 Hal yang Dilarang dan Tidak Ada di Korea Utara, Kok Bisa?

4. Memiliki dua gelar pendidikan sekaligus 

6 Fakta Kim Jong Un, Pemimpin Korea Utara yang MisteriusGedung kampus Kim Il Sung University di Pyongyang. (north-korea-travel.com)

Pulang dari Swiss, Kim Jong Un melanjutkan pendidikannya di Korea Utara. Dilansir History Hit, antara tahun 2002 hingga 2007, Kim Jong Un melanjutkan pendidikannya di Kim Il Sung University dan mengambil jurusan fisika.

Tidak hanya itu, pemimpin berusia 38 tahun ini juga melanjutkan studinya dengan menimba ilmu di Kim Il-sung National War College di Pyongyang, di mana dia mendapatkan gelar sebagai perwira angkatan darat.

5. Kim Jong Un menikahi teman masa kecilnya 

6 Fakta Kim Jong Un, Pemimpin Korea Utara yang MisteriusKim Jong Un bersama istrinya Ri Sol Ju. (thetimes.co.uk)

Bagi mayoritas orang luar, Kim Jong Un adalah sosok pemimpin yang kejam. Namun siapa sangka jika pemimpin Korea Utara ini ternyata merupakan tipe orang yang cukup romantis.

Dilansir India Times, Pemimpin Korea Utara ini menikahi seorang perempuan bernama Ri Sol Ju yang juga merupakan teman masa kecilnya pada tahun 2009 lalu. Selain berasal dari keluarga elit, Ri Sol Ju juga lulusan Kim Il Ju University dan pernah menjadi bagian dari pemandu sorak Korea Utara pada acara Kejuaraan Atletik Asia yang diadakan di Korea Selatan.

6. Siapa sangka jika Kim Jong Un adalah penggemar berat Michael Jordan 

6 Fakta Kim Jong Un, Pemimpin Korea Utara yang MisteriusPertemuan Kim Jong Un dengan mantan pemain NBA Dennis Rodman. (vice.com)

Tidak banyak yang tahu jika leader Korea Utara ini merupakan penggemar berat olahraga basket. Uniknya, meski membenci Amerika Serikat, Kim Jong Un nyatanya adalah fans berat mantan pemain basket profesional asal Amerika Serikat, Michael Jordan.

Tidak hanya itu, Kim Jong Un juga berteman baik dengan Dennis Rodman, bahkan mengundang mantan pemain basket NBA itu untuk berkunjung ke Korea Utara pada tahun 2013 lalu.

Kim Jong Un memang cukup misterius, begitu juga dengan negaranya. Meski tertutup dari dunia luar, negara ini setidaknya masih mau menerima turis asing yang tertarik untuk berlibur ke sana. Jadi, apa kamu tertarik berkunjung ke Korea Utara?

Baca Juga: 10 KDrama yang Angkat Hubungan Pelik Korea Selatan dan Korea Utara

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

Find me on 📷 : instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya