Comscore Tracker

Nyaris Abadi, 6 Hewan Ini Memiliki Usia Terpanjang di Dunia

#ANGPOIN Ada yang umurnya sampai 500 tahun lho!

Berapa lama seorang manusia bisa hidup? Usia terpanjang yang bisa dicapai manusia adalah 100 tahun, sedangkan rata-rata dari kita hanya bertahan selama 60 sampai 70 tahun saja. 

Tapi berbeda dengan manusia, para hewan ternyata bisa mencapai usia yang sangat panjang. Bukan hanya sepuluh atau dua puluh tahun, hewan tertentu bahkan bisa mencapai usia hingga ratusan tahun. Dan seperti yang dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 6 hewan yang memiliki usia terpanjang!

1. Bulu babi merah

Nyaris Abadi, 6 Hewan Ini Memiliki Usia Terpanjang di Duniaolympiccoast.noaa.gov

Bulu babi bukan hewan yang asing terutama kalau kamu suka berlibur ke pantai. Biasanya bulu babi berwarna hitam, tapi di samudra Pasifik, ada bulu babi berwarna merah.

Strongylocentrotus franciscanus atau yang dikenal dengan nama bulu babi merah merupakan hewan laut yang tinggal di perairan dangkal, Amerika Utara. Meski kebanyakan bulu babi memiliki ukuran kecil, nyatanya hewan ini memiliki usia yang panjang yaitu 200 tahun.

2. Kura-kura raksasa Galapagos

Nyaris Abadi, 6 Hewan Ini Memiliki Usia Terpanjang di Duniaindependent.co.uk

Bukan rahasia lagi, jika kura-kura adalah salah satu hewan yang bisa hidup selama ratusan tahun. Kura-kura tertua yang pernah ditemukan adalah kura-kura Aldabra yang memiliki usia rata-rata 150 tahun.

Sedangkan kura-kura Aldabra tertua yang pernah ditemukan hidup dinamakan Adwaita, yang merupakan kura-kura milik seorang jenderal kolonial Inggris yang hidup hingga usia 250 tahun. Kura-kura Galapagos lain hidup hingga usia 175 tahun sebelum akhirnya mengalami gagal jantung dan mati di sebuah kebun binatang Australia.

Baca Juga: 8 Hewan Ini Mengembangkan Kecerdasan Layaknya Manusia

3. Kerang Quahog

Nyaris Abadi, 6 Hewan Ini Memiliki Usia Terpanjang di Duniaawesomeocean.com

Hewan laut seperti kemang juga ternyata bisa hidup dalam waktu yang sangat lama. Kerang Quahog contohnya. Kerang yang hidup di Samudera Atlantik ini bisa mencapai ukuran raksasa.

Rata-rata kerang Quahog berusia 400 tahun, dan pada tahun 2006 lalu seorang nelayan bahkan menemukan kerang besar dengan jenis serupa. Setelah diteliti, kerang ini memiliki usia 507 tahun dan kemudian diberi nama Ming karena sudah hidup sejak zaman dinasti Ming.

4. Paus Bowhead

Nyaris Abadi, 6 Hewan Ini Memiliki Usia Terpanjang di Duniawildlifearchives.com

Paus Bowhead adalah hewan mamalia terbesar kelima yang pernah hidup di bumi. Bukan hanya jadi salah satu mamalia terbesar, paus ini juga masuk dalam kategori mamalia tertua. Rata-rata paus Bowhead memiliki usia hingga 200 tahun, sedangkan paus Bowhead tertua yang pernah ditemukan berusia 211 tahun dan ditemukan pada tahun 1800. 

5. Ikan koi

Nyaris Abadi, 6 Hewan Ini Memiliki Usia Terpanjang di Duniaanimals.howstuffworks.com

Biasanya seekor Koi hanya bisa hidup di 25 sampai 30 tahun. Tapi tidak berarti mereka tidak bisa hidup dalam jangka waktu lama. Hanako adalah salah satu contoh bahwa Koi bisa panjang umur. Hanako adalah seekor Koi yang berasal dari Jepang. Hanako sendiri mati pada tahun 1977 dalam usia 226 tahun.

6. Ubur-ubur Turritopsis

Nyaris Abadi, 6 Hewan Ini Memiliki Usia Terpanjang di Duniascienceabc.com

Ubur-ubur Turritopsis mungkin menjadi satu-satunya hewan yang awet muda di dunia. Ini karena, ketika ubur-ubur Turritopsis terluka atau kelaparan, ubur-ubur ini tidak akan mati.

Alih-alih mati, ubur-ubur satu ini hanya akan kembali ke ukuran yang sama saat ia masih muda. Karena kemampuannya yang super langka, ubur-ubur Turritopsis bisa mencapai usia yang sangat panjang bahkan hidup abadi jika tidak ada ikan lain yang memangsanya.

Itulah hewan-hewan yang berusia lebih panjang daripada manusia. Alam semesta kita ini memang sungguh ajaib, ya!

Baca Juga: 8 Sistem Reproduksi Hewan Paling Unik yang Bikin Kamu Terheran-heran

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You